jackalride.com

ride through the night

Review Oli Shell AX5 15W-40 untuk TVS Apache 180 RTR

| 2 Comments

Holafolks! Sebagai salah satu pelanggan Shell yang cukup lawas, kali ini saya melakukan salah satu ujicoba ke Apache 180 RTR sayah.

Well yes, saya kali ini menggunakan oli lain yang viskositas atau kekentalannya dibawah standar yang biasa saya pakai. Bagaimana rasanya?

Kesan pertama yang saya rasakan setelah ngacir membawa Apache dari bengkel, adalah tarikannya yang menjadi lebih enteng. FYI, oli yang biasa saya gunakan adalah oli-oli dengan kekentalan 20W-50, bisa Shell AX3 atau oli bawaan TVS Tru4. Dengan menggunakan oli encer seperti ini, tentunya mesin menjadi lebih responsif dan saya puas banget buat aksel menghentaknya.

Lalu, apakah semakin encer maka tarikan akan makin oke? Belum tentu.

Seperti yang sudah saya post disini, masjack pun pernah menjajal AX7 yg kekentalannya 10W-40 buat si Apache. Hasilnya? Well, seperti memaksakan motor heavy duty all-rounder ini menjadi motor kencang pengail rpm tinggi. Power kadang loss terutama kalau jalanan macet. Dengan kata lain, gak enak.

Next, buat saya, hal enak lainnya tentu adalah masalah suhu. Buat saya, saya mendapat performa yang lebih enak dengan peningkatan suhu mesin yang masih reasonable.

Soal klik ganti gear juga tergolong ences. Tentu ences dibandingkan dengan oli Tru4 bawaan TVS yang kalau sudah kilometer tinggi, ganti gearnya suka ampun-ampunan.

So, apakah ini oli baru yang jackalride bakal suka? Well marilah menanti sekitar 300 kilometer lagi untuk melihatnya, seperti biasa penyakit olinya Shell adalah suka nggak enak duluan sebelum waktunya ganti. Tapi buat saya, buat oli harga 45 ribuan, ini cukup memuaskan (sementara ini).

Thanks all, semoga bermanfaat. Keep riderhood!

2 Comments

  1. salam dari mantan rider RTR160.
    btw cobain oli Rimula R5E deh

Leave a Reply

Required fields are marked *.