jackalride.com

ride through the night

Revitalisasi Laptop Lawas menjadi Super Emulator Machine (PSX, PS2, Android, PUBG Lite, NDS): PART 1

| 0 comments

Hola folks. Saya kebetulan bulan lalu mendapat tugas reparasi laptop lawas yakni Dell 5447 series. Laptop ini adalah milik seorang kawan yang menyerahkan kepada saya untuk dimaksimalkan sebagai mesin kerja sekaligus mesin gaming! Ahsiyap

So, bagaimana saya mengubah laptop usia 5 tahun ini menjadi mesin gaming? Simak artikel berikut.

So, basically, Dell 5547 ini adalah laptop dengan spek standar berikut:
Intel i3-5005u (2 core 4 threads)
NVidia GT 920M (setara GT 730M, VRAM 2 GB DDR3)
RAM 4 GB
HDD 500 GB 5400 rpm
Windows 10 Ultimate non ORI

Sudah? Nah sekarang kita ke masalahnya laptop ini apaan hehe 😆

Masalah laptop ini ada beberapa kok… Tapi menyebalkan..

  1. RAM bebas di windows 10 yang dibegal jadi sedikit doang

Salah satu hal paling menyebalkan dari Windows 10 adalah kemampuannya yang bisa menjalankan program macam2 di belakang layar, sehingga mau jalanin apapun juga rasanya beraaat banget. Seketika saya monitor CPU, RAM 4 GB sekeping saya cuma bebas 1.5 GB! What the HELL! Akibatnya laptop ini payah banget soal multitasking, jalanin program satu gak bisa dibareng yang lain.

2. Driver!

ilustrasi saja….

Ketika masjack menjalankan beberapa aplikasi yang membutuhkan kemampuan grafis, misalkan main games, yang pertama di detect adalah grafis Intel HD, namun tidak ada sama sekali opsi untuk switch ke GT 920M! Lebih parah lagi, saya cek di device manager, GT 920M nya tidak ke detect dengan driver yang bener! Okay, PR kedua ini!

3. Virusnya bejibun aduhduhduh

Ini laptop telah menjadi sarang virus bagi si empunya. Aplikasi apapun berjalan lambaaaaaaaat pol.

4. Emulasi yang bermasalah di Win 10

Sang empunya, adalah tipikal orang yang suka bermain game-game lawas macam Age of Empire I-II-III berjam-jam dan game lain yang masih satu jaman dengan itu. Ia juga gemar bermain game PSX lawas lewat emulasi. Jangan salah, orang-orang seperti ini tuh ada lho hehe. Nah kebetulan, kompatibilitas Win 10 buat game game lawas memang rada kurang oke. Bagi yang suka baca-baca di forum Steam pasti mudeng.

Ownernya sendiri menitipkan ke masjack dengan beberapa target, yakni supaya laptopnya lancar melakukan tugas office sederhana dan menjalankan SPSS + program Akuntansi, sekaligus menjalankan dengan lancar semua emulator NDS sampai PS2.

Apakah itu permintaan yang sulit? Tidak terlalu. Banyak? Iya :mrgreen:

So, step by step yang akan saya lakukan untuk mengubah laptop menyebalkan ini menjadi super emulator machine adalah sebagai berikut:

  1. downgrade ke win 7 x64 ultimate
    Step pertama yang bakal masjack lakukan adalah downgrade windowsnya ke Windows 7, untuk alasan yang lebih jelas. RAM 4 GB ga pas untuk Windows 10 dan performanya bakal lebih mantap di Windows 7. Sulit, tapi benefitnya banyak.
  2. install driver
    Driver secara keseluruhan saya install nantinya hanya dengan satu software.
  3. install modded/hacked driver (gt 920m)
    Nah ini nih penting. GT 920M ini sendiri sudah lama tidak diproduksi lagi, sehingga driver resminya gak dirilis lagi sama NVidia -_- saya yakin performanya bakal jauh ketinggalan dibanding sama yang masih diurusin drivernya sama NVidia. Tapi itu bisa diakalin dengan emnggunakan modded driver. Caranya gimana? Simak nanti 🙂
  4. install games
    Seperti yang tertulis di atas
  5. install office sama myob+spss

So… untuk prosesnya.. Nanti part 2 ya 😀

Keep technohood!

Leave a Reply

Required fields are marked *.