jackalride.com

ride through the night

What makes them so good?? :Honda C Series!

| 0 comments

Hola Folks!!, hampir dari kita semua pasti tau tentang motor jenis ini dimasa kecil,muda, atau tuanya. Yup, itulah Honda C-Series yang terkenal akan kepraktisannya, keiritannya, maupun ketangguhan motor ini diberbagai rintangan.

Related image

Entah itu dari Honda C, Astrea, hingga Supra. Lantas bagaimana cikal bakal motor yang menyumbangkan salah satu keuntungan finannsial terbesar bagi Honda??

Sejarah

Pada tahun 1956 Soichiro Honda dan Managing Directornya Takeo Fujisawa pergi ke Eropa untuk meneliti motor apa yang akan diproduksi nantinya. Sesampainya di Eropa, mereka menemukan mayoritas motor yang populer disana adalah seperti yang bisa rekan sekalian duga: yakni moped atau skuter.

Dari situlah Sochiro Honda dan Takeo Fujisawa mencetuskan untuk membuat motor moped dengan ciri khas jepang, yang ditujukan juga untuk pengguna dijepang itu sendiri. Dan tidak lupa, karena orang ini adalah Soichiro Honda, moped yang akan dia bangun harus bermesin 4 tak.

Honda Super Cub C100

Pada 1957, Honda mulai mengembangkan motor yang bermesin 4 tak dengan kapasitas 50 cc berteknologi OHV yang bertenaga 4,5 HP di generasi pertama Super Cub. Dan motor ini pun lahir dengan mengusung nama C100 yang dimana merupakan Honda Super Cub pertama yang diproduksi Honda untuk pasar Jepang dan Amerika, yang dimana sangat motor ini sangat booming di Amerika, dimana motor ini berganti nama menjadi Honda 50, Passport C70 , dan C90.

Masuknya Super Cub di Indonesia

Super Cub yang masuk pertama kali ke Indonesia pada 1961 melalui model C100 dan C 102 yang memiliki model jok lebih panjang. Kedua model ini disebut sebagai Honda Unyil dan terus dipasarkan hingga 1965. Generasi pertama ini pun mengalami beberapa berubahan yakni posisi headlamp yang telah berada di setang yang sebelumnya menyatu pada bagian leher. Dan pada saat itupun Honda merilis beberapa model antara lain C50, C70, serta C90. Dan dari 3 model tersebut C70 dan C50 menjadi yang paling populer di Indonesia.

Generasi Terakhir Di Indonesia

Image result for c70 1980

Honda Super Cub generasi ketiga muncul pada 1973 dengan penyegaran model-model yang ada. Seperti model jok yang dibuat menyatu serta perubahan bentuk pada tangki. Generasi ketiga ini terus diproduksi hingga 1980. Dan sayangnya model ini menjadi model terakhir Super Cub dipasarkan di Indonesia, dan mulai digantikan oleh adiknya yang beda body tetapi tetap mengadopsi mesin C Series itu sendiri yaitu Astrea Series yang dimulai pada Tahun 1983 dengan meluncurkan model pertamanya yaitu Astrea Prima, dan berlanjut hingga pada model saat ini seperti Supra dan lain sebagainya.

Semoga bisa menjadi referensi Folks!!

Keep Riderhood!

Leave a Reply

Required fields are marked *.