jackalride.com

ride through the night

Review Berbagai Oli untuk TVS Apache RTR (160/180): Baca sebelum membeli!!

| 0 comments

Hola folks! Bagi pemilik motor spesies langka macam Apache RTR 160/180 ini, tentunya mencari oli yang pas adalah pekerjaan yang tidak mudah. Mayoritas rider sendiri tentu punya motor Apache 180/160 series yang sudah rada uzur atau berumur.

Berhubung masjack sendiri punya Apache RTR 180 bernama Babichan, kali ini akan saya share oli-oli yang mantep buat si Apache. Yuk ah!

Apache 160 dan 180 RTR sendiri memiliki basis mesin yang sebetulnya persis sama folks. Kedua mesin ini sepertinya berbasis mirip dengan Suzuki Thunder 125, yes motor sport laki yang cc mini tersebut, tapi dibore up menjadi kubikasi 160/180 jadi mesin Apache ini.

Mesin Apache sendiri memiliki spek oli standar 20w50, dari oli bawaannya yakni TVS Oil Tru4. Oli 20W50 itu kentel lho, dan beda brand apalagi beda kekentalan itu pengaruh sama performa. Perlu diperhatikan bahwa riding style saya adalah kurang suka mengail top speed habis habisan, saya lebih suka tarikan torsi yang instan dan tenaga untuk nanjak.. Jadi bagi topspeed freak, siap siap kecewa hehe

So, oli apa saja yang sudah pernah masjack cobakan ke Babichan alias TVS Apache 180 RTR Xventure ini?

  1. TVS Tru4 20W50 Full Synthetics

Tentunya oli yang paling pertama ada di list ini, adalah oli asli bawaan TVS. Jangan salah, ada kok oli bawaan pabrikan yang enak! Dan Tru4 ini buat saya… biasa saja, hehe :mrgreen:

Hal yang pertama sekali saya rasakan ketika berganti oli kembali ke Tru4 setelah diganti oli macem-macem jenis, adalah Tru4 ini relatif minim getaran dan untuk 2 minggu awal, suaranya relatif halus. Suhu mesin relatif lebih adem sedikit.. Gear Shifting tergolong empuk, namun tarikan spontan mesin agak berkurang kekuatannya. Tru4 ini menurut masjack cocok untuk mereka yang relatif anteng dalam mengemudi dan gak fokus ke kemampuan stop and go. Setelah 3 minggu, oli ini mulai menunjukkan gejala kurang prima dan akibatnya mesin kudu dipanasi agak lama dulu sebelum keluar karakter enaknya.

2. Shell Advance AX5 15W40 /AX7 10W-40 Full Synthetic

Next, ada duo oli andalan saya yakni AX5 15W40 dan AX7 10W40. AX& sendiri adalah andalan untuk motor lawas saya CB150R Streetfire (review oli CB150R Streetfire bisa dilihat disini). Shell Advance series adalah langganan saya soal oli performance, dengan harga yang cukup rasional di dompet.

Untuk AX7, hal yang pertama saya rasakan adalah suara mesin yang lebih meraung dan bergetar, namun untuk tarik-tarikan karakternya sedikit lebih agresif. Soal panas mesin, cukup terasa karena kadang di siang bolong, hawa panas mesin terasa ke betis. AX7 juga agak cepet menguap diatas 500 km.

Untuk yang AX5, soal panas mesin dan getaran sedikit lebih baik dibandingkan AX7, hanya saja untuk tarik-tarikan rasanya mirip-mirip oli 20W-50 nya TVS. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan deh.

3. Shell HX3 20W-50 Full Synthetic

Shell HX3 adalah oli yang paling sering saya pakai di Babichan / Apache saya. Shell HX3 sendiri adalah Helix series, yang gradenya berada diatas Advance series.

Langsung saja ke review, menurut masjack, HX3 ini oli yang pancen oye untuk kebutuhan harian masjack. HX3 punya karakter yang mirip bgt sama TVS Tru4, hanya saja dari semua aspek, lebih baik dibanding Tru4. Soal panas, getaran, dan suara mesin cenderung anteng, tapi tidak mengorbankan kemampuan tarik-tarikan dari si mesin. Walhasil, saya pede banget kejar-kejaran dengan bis AKAP pas naik Apache.

4. Pertamina Enduro

Pertamina Enduro 10W40 ini adalah oli yang saya jajal dulu pas masi sesat-sesatnya seneng oli 10W40 di Apache. Nah, buat masjack sendiri, karakter Enduro ini agak sulit dideskripsikan. Secara umum, soalnya saya merasa ada oli lain yang karakteristiknya sama namun lebih enak dari Enduro. Tidak lain dan tidak bukan adalah AX7.

Untuk kelebihan Enduro sendiri, dari testimoni teman yang memang suka pakai oli ini, adalah oli ini tidak cepat menguap kayak AX7, dan juga gak terlalu meraung bunyinya. Bisa dikatakan Enduro ini adalah oli 10W40 yang gak menyisakan kesan baik, tapi gak bermasalah juga, dengan kata lain = biasa aja.

So, tadi adalah review singkat dari Masjack mengenai pengalaman menggunakan berbagai oli di Apache RTR 180 bernama Babichan. Semoga bermanfaat, dan keep riderhood!

Leave a Reply

Required fields are marked *.