jackalride.com

ride through the night

Review Jujur Honda Genio: Andalan Harian Banget!

| 0 comments

This image has an empty alt attribute; its file name is img_20190928_141510_489-1.jpg

Hola folks, kali ini kita bakal sharing sedikit hasil review Honda Genio lewat acara “BLOGGER AND VLOGGER #GEN_EKSIS FUN TOURING” yang diselenggarakan di AHM Jombor, Yogyakarta. Kebetulan disini masjack diwakilkan oleh admin satu lagi dari blog ini, yakni admin Tsugumi. Lain kali dibikin artikel kenalan nya ya hehehe.

Untuk unit test ini, saya menggunakan unit Honda Genio CBS-ISS Fabulous Matte Black… So Langsung saja hasil – hasil review motor ini !

IMPRESI FISIK

This image has an empty alt attribute; its file name is dsc06998.jpg

First of all, build quality! Kalau ngobrolin build quality.. motor ini sebenarnya tidak ada yang begitu spesial sih. Buat motor matic low entry yang mayoritas body nya plastik, body motor ini sudah bisa dibilang solid tanpa rongga – rongga. Compact!

Cumaaa…. kualitas catnya sendiri, untuk unit yang menggunakan warna Glossy (apalagi yang warna merah), kualitas finishingnya bukan yang paling oke… sehingga memberikan kesan cheapie atau murahan pada motor ini, jadi kita prefer untuk memilih warna – warna Matte karna kualitas finishingnya lebih bagus daripada yang glossy  (disini saya menggunakan unit varian Fabulous Matte Black)

IMPRESI PERFORMA

Sebelum pindah ke sektor performa, untuk spesifikasi mesin bisa dilihat dibawah ini ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is image.png

Mesin ini diklaim dari Honda merupakan mesin baru yang didevelop tanpa menggunakan basic – basic mesin dari motor matic honda lainnya seperti BeAT, Scoopy, ataupun Vario, dengan kata lain, dibuat dari nol.. Sehingga bisa melihat develop mesin Honda Genio ini terbilang “sedikit” unik yang dimana mesin ini menggunakan mesin 4 tak SOHC berpendingin udara, dan sudah menggunakan Suplai BBM injeksi (PGM – FI).

Untuk daleman mesin, mesin ini menggunakan piston dengan  diameter bore 47,0 mm, sedangkan stroke yang digunakan sepanjang 63,1mm.

YES, panjangya 63,1 mm.. yang dimana panjang stroke ini lebih panjang daripada panjang stroke kepunyaan honda tiger sekalipun yang panjangnya cuma 62,2 mm! Dan saya sangat yakin jika folks ingin mendongkrak performa motor ini dengan bore up, maka output power yang akan dihasilkan akan besar, mengingat ukuran stroke motor ini yang terbilang sangat panjang untuk kelasnya, bahkan dibanding motorsport 150cc. Jadi feedback perfoma yang saya rasakan saat memakai ini adalah tarikan motor ini terbilang sangat smooth untuk tarikan bawahnya walau kadang terlalu smooth sehingga agak susah untuk mengejar power putaran bawah seperti saat menanjak.

Nah, sebaliknya.. untuk tarikan atasnya, motor ini terbilang cukup NAMPOL karena saat saya menggunakan motor ini saat kecepatan lebih dari 80 km/jam tarikan motor ini menjadi sangat ringan karena ukuran stroke yang begitu panjang.

Untuk sektor kenyamanan, motor ini saya rasa sudah cukup nyaman jika dibandingkan dengan honda BeAT. Jok motor lebih empuk dari BeAT (walau engga seempuk Scoopy yang jelas) sehingga cukup memanjakan saya saat duduk.. Lanjut ke bagian stang motor, yang entah mengapa stang motor ini lebih sedikit lebih lebar dari scoopy, tetapi sedikit lebih rendah dari scoopy, sehingga lutut saya terkadang menyentuh bagian ujung stang. Untuk bagian stepfloor motor ini terbilang cukup luas sehingga kaki saya masih nyaman berada dalam area stepfloor motor ini.

This image has an empty alt attribute; its file name is 1.png

Suspensi motor ini sendiri masih menggunakan suspensi biasa yaitu Teleskopik pada bagian depan dan single shock pada bagian belakangnya.. namun feedback yang saya rasakan saat menggunakan motor ini untuk melibas lubang atau speedbump cenderung lembut. Lembut yang saya maksud disini adalah rebound yang pas (bukan empuk) saat melibas lubang atau speedbump, yang dimana suspensi ini saat rebound tidak terlalu tinggi sehingga membuat suspensi nyaman ketika saya gunakan.

Honda Genio

Motor ini menggunakan sasis baru yang menyebabkan bobot motor ini super enteng, yaitu hanya seberat 89 kg untuk versi CBS dan 90 kg untuk versi CBS – ISS.. Sehingga motor ini sangat mudah untuk dipakai bermanuever di jalan – jalan kecil ataupun dalam kemacetan.

Image result for honda genio

Untuk bagian speedometer, sudah menggunakan full digital.. Yang mirip dengan bentuk speedometer milik honda rebel yang berbentuk bulat dan memberikan kesan minimalis untuk bagian dashboard motor.

This image has an empty alt attribute; its file name is 2.png

Untuk bagian lampu, Honda Genio sudah dilengkapi headlamp LED Sehingga sudah bisa memberikan penerangan yang baik. Ukuran bagasi juga sudah cukup besar dengan kapasitas 14 liter, dan sudah dilengkapi dengan power charger sehingga memudahkan folks untuk ngecas baterai gadget.

Image result for jok honda genio

Suara mesin honda Genio ini agak mirip dengan suara Honda Vario old karbu yang dimana suara yang dihasilkan dari motor ini garing bergerincing.

Poin minus yang mungkin saya rasa agak mengganggu adalah spion motor ini, yang dimana spion ini posisinya sudah tinggi namun kurang melebar keluar, sehingga kaca spion cuma memantulkan lengan saya saja..

So, kesimpulannya.. Buat motor matic yang didevelop secara fresh oleh honda untuk pasar konsumen muda (umur 17 hingga 20an) dengan karakter desain fresh, ringan, dan mudah diajak bermanuever.. Motor ini cukup okelah.

Motor ini dibanderol AHM dengan harga Rp. 17.200.000,00 untuk versi Genio CBS dan Rp. 17.700.000,00 untuk versi CBS-ISS.

Apakah motor ini layak untuk dipinang?? Jawabannya IYA! Karena motor ini dalam benak saya motor ini sangat potensial untuk digunakan sehari – hari dalam lingkup perkotaan yang dimana membutuhkan motor dengan body slim dan ringan, serta power yang lembut.

Sekian Folks semoga artikel ini berguna bagi folks

Keep Safety and Riderhood!!!

Leave a Reply

Required fields are marked *.