jackalride.com

ride through the night

Buyer's Guide Bebek Super 150cc. Supra GTR 150 vs MX-King 150: Pilih mana?

| 0 comments

Holaa folks.
Di segmen motor bebek super, ada dua kontestan yang sampai saat ini masih banyak yang memperdebatkan. Yes, tentu saja siapa lagi kalau bukan Supra GTR dan MX-King. Dengan price range yang mirip-mirip, tentu saja mereka yang minat beli bebek super, akan menimbang bibit dan bobotnya sebelum memilih yang mana pinangan mereka.

So, disini masjack akan membantu dengan memberikan plus minusnya masing-masing. Ready?

Komparasi Spesifikasi

Harga Yamaha MX-King 150 per 2019: 22.900.000
Harga Honda Supra GTR 150 per 2019: 22.300.000 (Exclusive edition)
Semua OTR JAKARTA.

Dari spesifikasi, terlihat bahwa kedua mesin ini memiliki plus dan minusnya masing-masing. Supra GTR unggul di power, sementara MX unggul di torsi. Kompresi MX King yang lebih rendah menyebabkan motor ini lebih ramah BBM Rakyat (baca:Premium) dan juga lebih rendah panasnya. Walau begitu, bisa kita lihat bahwa kedua pabrikan berbaik hati memberi kedua bebek super ini sistem pendinginan water-cooled lho!

Secara dimensi, kedua motor ini kelihatan cukup berbeda. Supra GTR yang terlihat lebih ceking dan compact, ternyata lebih besar daripada MX-King lho. Supra GTR juga lebih berat secara bobot, namun salah satunya dikarenakan penggunaan ban depan yang lebih gambot dibandingkan MX-King. Secara rangka, keduanya juga menganut aliran berbeda. Twin-Tube steel milik GTR lebih lincah dalam manuver, sementara sasis Backbone milik MX-King memberi kesan antep dan steady dalam berkendara.

Pertimbangan memilih Supra GTR 150

Supra GTR ini sebetulnya adalah produk ajaib. Di luar sana dikenal dengan Honda RS150, dan yess dari kodenya saja sudah diketahui bahwa motor ini digunakan untuk keperluan balap. Tapi entah apa yang dipikirkan petinggi AHM saat memberi titel motor ini sebagai motor adventure…. Yasudahlah.

Supra GTR ini adalah motor yang menggunakan mesin CBR150R. Yes, anda tidak salah baca. CBR150R sendiri adalah motor sport fairing 150cc terlaris di seantero Indonesia. Mesin ini dikenal karakternya racy banget dan sangat nonjok putaran bawahnya. Secara karakter, saya menyarankan Supra GTR untuk anda yang memang senang kencang di jalanan. Karakter ini juga membuat anda suka memelintir gas dikarenakan akselerasinya responsif. Oh, sudah saya sebutkan belum bahwa motor ini benar-benar gila hematnya? Bahkan wak haji TMC saja sampai mendapatkan konsumsi bensin sebesar 1:70 untuk Supra GTR. Impresif!

Kelebihan lain dari Supra GTR ini adalah tampangnya. Yes, menurut saya tampang motor ini memang cukup mempesona. Terlebih lagi Honda menyediakan paket penjualan khusus yang membekali Supra GTR ini dengan paket yang siap touring. Semakin menarik!

Kekurangannya? Well tanpa harus terkesan menjelekkan, ada dua kekurangan signfikan di motor ini, sisanya beres.

Pertama: Kenyamanan. Jok rata yang ditambah vibrasi membahana dan panas mesin yang berlebih bukanlah hal yang nyaman di jalan. Vibrasi di motor ini cukup signifikan sampai-sampai beberapa orang menggelari motor ini sebagai Supra GETAR. Hal itu gak salah kok, rasakan sendiri ketika test ride motor ini.

Kedua: Build Quality. Menurut masjack, build quality motor ini di beberapa part cukup buruk, misalkan plastik badannya, plus plastik kulit jeruk (yang saya dendam kesumat banget sama plastik ini) yang luar biasa jelek untuk warna merah dan memberi kesan murahan, membuat motor ini ternodai oleh garis-garis halus. Belum lagi beberapa body tidak cukup rapat sehingga meningkatkan vibrasi motor ini.

Selebihnya? Beres.

Pertimbangan memilih MX-King 150

MX-King sendiri adalah bebek super dengan serapan market terbaik, dibanding Supra GTR. Hal ini tidak terlepas dari reliabilitas mesin New Vixion yang diturunkan ke motor ini, plus nama besar Yamaha dan MX itu sendiri. MX-King sendiri memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Supra GTR dengan varian termahal sekalipun. Well, mari kita lihat apa yang ditawarkan oleh Yamaha.

Secara mesin, motor ini lebih superior di torsinya dibanding Supra GTR. Mesin ini juga familiar bagi kebanyakan orang, mengingat bahwa ini adalah mesin dari Yamaha New Vixion. Beberapa yang orang suka dari Mx-King ini adalah mesinnya yang responsif dan halus, bahkan mesin motor ini jauh lebih halus dibandingkan New Vixion sendiri lho! Feel motor ini juga smooth, berbeda dengan Supra GTR yang cenderung meledak-ledak dan agresif.
Soal top speed? Jangan salah! Walau torsi motor ini lebih rendah, motor ini mampu bejaban dengan 150cc lainnya, bahkan dengan New Vixion R sendiri! Konsumsi bensinnya juga hemat, walaupun belum segila Supra GTR. Kelebihan lainnya, adalah kualitas build quality dari MX-King ini sendiri, yang menggunakan plastik yang cukup baik plus cat yang tidak gampang kumal. Instrumen di speedometer pun terjaja rapih dan memanjakan mata, diatas Supra GTR.

Soal touring, motor ini juga tidak kalah lho. Walau tidak diberikan embel-embel adventure ataupun touring, motor ini cukup handal ketika dijadikan motor touring! Tidak percaya? Silahkan cari hasil modifan Yamaha Exciter 150 untuk touring di Thailand sana. Niscaya anda makin yakin!

Bagaimana dengan kekurangan motor ini? Menurut masjack, tidak banyak yang bisa dicacati dari motor ini, karena impresinya sudah cukup positif. Tapi kalau harus menunjuk, masjack sendiri masih tidak nyaman dengan kualitas rantai bawaan, yang sebetulnya penyakit ini ada di New Vixion juga. Rantai ini sangat berisik dan gampang kendor. Permasalahan lain, adalah karakter ban yang terlihat aneh, karena ban depan terlihat kecil dan dibarengi dengan ban belakang yang gambot. Selebihnya? OKE!

Kesimpulan

So, apabila harus menyimpulkan, manakah yang harus pemirsa pilih untuk perang bebek super 150cc ini? Menurut masjack, bila disegmentasi, jatuhnya akan seperti ini:

Sporty, agresif, racy, speed tourer ===> Supra GTR 150
Durable, smooth, long-tourer ===> MX-King 150

So? Pilihan kembali ke anda! Semoga bermanfaat ya.

Keep riderhood!


Leave a Reply

Required fields are marked *.