jackalride

ride through the night

Menilik kembali makna kemerdekaan dalam berkendara

Leave a comment

Kemerdekaan ialah hak segala bangsa. Segala kawula dan usia. Segala identitas dan kepercayaan.

motor2.jpg

Sudahkah kita merdeka secara berkendara?

Kemerdekaan yang makna operasionalnya adalah bebas dari tekanan, tentunya tidak seutuhnya meleluasakan. Masih banyak hak hak orang lain yang harus tetap dipatuhi.

Tapi saya tidak membicarakan tentang pelanggaran. Sudah sering terjadi; saya, anda, kita, mereka, semua, semuanya pelakunya.

Saya disini mencoba menyampaikan ide kebebasan. Bagi saya, merdeka ketika berkendara roda dua, adalah berkendara atas pilihan.

Selama ini kita sudah lelah bercengkerama berkendara hanya sekedar atas tidak ada dan terpaksa. Kita lelah berkomuter berjam-jam menembus kemacetan, dengan kawan berkerangka besi, yang juga diterjang panas dan hujan. Tentunya kita memilih berkendara atas azas kemudahan dan efisiensi. Anda begitu, mereka yang ikut bermacet dengan anda juga begitu.

Tidak ada, atau belum termanfaatkannya moda transportasi umum yang memudahkan keseharian, adalah asal muasal mengapa roda dua tidak dinikmati sebagai pemenuhan hasrat berkendara yang membawa kita menjelajah dunia, namun sekedar sebagai sarana yang ada. Roda dua dianggap sebagai asosiasi dari keseharian hiruk pikuk kita yang tiada lelah hingga terbawa mimpi. Tidak ada yang salah; di situasi yang sama, semua akan berlaku serupa. Saya pun tak luput pula.

Jangan salahkan tulisan ini yang hanya makna namun tanpa usaha. Terkadang refleksi memang sekedar kata.

Sudah bosan nampaknya kita berkaca pada dunia sana, dimana orang-orang bangga naik umum karena sarananya ada. Kereta, bus, dan bahkan trotoar pun ramah. Bagi semua orang, semua penghasilan. Semua aman dan bersih. Sedangkan roda dua?

Roda dua menjadi sarana berkendara yang berbiaya. Parkir berbiaya, asuransi wajib, dan masih ada biaya bensin. Tidak semua menikmatinya, namun disitu seninya.

Rasa riding menjadi suatu hal yang nikmat secara personal. Tidak hanya sekedar mencapai titik yang ditentukan, namun ada nuansa di perjalanan yang menjadi pemenuhan gairah batin. Tidak sederhana memang, dan tidak selalu bisa berkata.

Usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas transportasi dari tahun ke tahun terlihat dan terasa. Kendaraan pun semakin tahun terlihat makin dibatasi, walaupun jalan masih padat merayap layaknya paragraf yang selalu kita simak berdua. Saya turut mengaminkan bila tujuan kita sama.

Semoga kualitas transportasi Indonesia semakin maju, kawan
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s