jackalride.com

ride through the night

Alasan mengapa saya terkadang lebih suka motor karbu

| 0 comments

Hola folks. Yang namanya motor karbu itu yahh… lawas. Gen sekarang, keknya udah hampir gak ada pabrikan jepang di Indonesia yang masih mau mengeluarkan motor dengan pengapian karburator. Bagi konsumen ya wajar, namanya karburator itu lebih boros, feel nya gak smooth, dan sebagainya.

karbu_1 King

http://freecharz.blogspot.co.id/2013/12/memasang-karburator-rx-king-di-new.html


Tapi bagi jackalride yang tertarik beberapa motor lawas.. Karbu itu ada plus nya juga lho, yang akan saya paparkan dibawah ini.

1. Perawatan
Yang namanya karburator, seharusnya bengkel amatiran pinggir jalan pun bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan biaya dan waktu yang lebih singkat dibandingkan injeksi. Permasalahan pengapian kalau sampai kejadian, apalagi pas touring, wah bisa maut dan bikin lelah pikiran serta hati. Untung, sepengalaman saya, motor karbu ga terlalu rewel..
2. Rasa
Kalau bicara spek, semua orang bisa. Cuman tinggal tunjukin data, yang pakai riset dan angka, dan semua pasti bakal mudah menerima, misal motor ini torsi lebih tinggi, karakter tarikan atas, dll dst.
Tapi kalau udah bicara rasa, susah banget deh folks. Percaya, kadang orang itu nyari rasa kok, bukan performa, hehe.
3. Karakter gas spontan dan performa
Menurut saya, karakter gas pada karbu itu lebih spontan dan responsif. Beda dengan injeksi, yang sudah ditengarai komponen elektronik yang terprogram, yang jadinya gas agak kayak jeda gitu di awal. Koreksi saya ya kalau salah, tapi memang gitu yang jackalride rasakan. Cek aja, banyak kok yang menjadikan Vixion dan CB150R menjadi karbu sekedar untuk ngejar karakter dan performa, hehe.
4. Reliabel
Performa mesin injeksi sendiri banyak topangannya, ya namanya barang elektronik kan ya. Nah barang elektronik itu, ibarat kena satu, semuanya terpengaruh. Makannya ada istilah “kelistrikannya udah kena, kudu ganti semua”. Sedangkan yang namanya karbu, namanya barang purba hehe lebih simpel dan gak banyak komponen, apalagi ga ada pengaturan secara komputerisasi di dalamnya, jadi performa lebih reliabel, ga terpengaruh ini itu dari komputernya… Cuman ngandalin ridernya bener enggak 😀
Last but not least, itu opini masjack lho ya. Mau ga setuju juga oke kok.
So, rekan sekalian lebih suka karbu atau injeksi nih?
Semoga bermanfaat, dan keep riderhood!

Leave a Reply

Required fields are marked *.