jackalride

ride through the night

Sejejak perjalanan solo touring Yogyakarta-Surabaya bersama CB150R

Leave a comment

Semenjak dulu, memang saya bukan tipe sosial yang kudu jalan kemana-mana beramai-ramai. Ada kalanya sebuah perjalanan hanya dapat dinikmati dengan cara yang sederhana; yakni hanya berdua bersama sang kuda besi. Touring singkat ini saya lakukan dikala liburan semester lalu, sebagai pelepas penat dari keseharian di kampus.
Kendaraan yang saya gunakan? Tentu saja si Kobato, alias CB150R Streetfire saya yang sudah terkenal bandel (karena mogok terus).
route

Perjalanan ini sendiri berjarak 335 kilometer, dan saya pisah jadi dua kali perjalanan.

Perjalanan pertama, adalah dari Yogyakarta ke kediaman simbah saya di Karanganyar, Solo. Perjalanan tersebut yang menurut saya cukup memakan waktu padahal jaraknya saja cuma 80-an kilometer.. Makan waktu 2 jam folks. At least saya bisa istirahat dan bersantap gratis disana karena badan juga lagi flu berat, dan paginya pun saya kembali meneruskan perjalanan.

Perjalanan awal saya, dari karanganyar tersebut adalah berjibaku dengan padatnya traffic anak-anak yang berangkat ke sekolahan, plus bapak ibunya yang habis itu ngantor. Jam menunjukkan pukul 07:00, saya berangkat jam segitu agar tidak terlalu sore ketika sampai Surabaya. Selain itu, saya juga menunggu matahari naik dulu, maklum deh ini flu lagi ganas-ganasnya menyerang tubuh saya, sampai-sampai demam ini.. Berharap kalau kena terik jadi mendingan lah sakitnya, haha.

15894276_10208147096220317_3527380591315772786_n

CB150R form 6, alias upgrade terakhir sebelum jackalride jual tuh motor.

Awalnya, saya harus menerobos ke arah Ngawi melewati Sragen terlebih dahulu.. Ya lumayanlah buat warming up, surprisingly seperti apa yang teman dari jackalride sudah bilang: “Ati2 jalannya jelek!”.

Lah bener, shock si Cebe natap lobang. Ya ampun deh.

Ketika masuk hutan di daerah Ngawi, yang jalannya banyak lubang cilukba dan juga paman rompi ijo, saya udah memperingatkan diri sendiri biar gak kencang-kencang. Nyatanya tembus juga 110 kpj pakai CB150R dengan topbox dan sidebag.. Kacauu

Setelah beberapa saat, saya ketemu jembatan yang rada lowong di daerah Ngawi. Saya pun memantau jam, keliatan jam 9 pagi dari layar hape saya.. Sambil istirahat minum air putih + tolak angin sebentar, saya pun memantau maps.. Oke, masih on track.. Lanjut
Ternyata si Cebe minta diisi BBM nya, yasudah deh kita mampir Pom dulu. Ketika melihat motor saya berplat B (plat jakarta, berarti dari luar daerah), sontak petugas pom nya menyambut dengan antusias.

“Mau kemana mas?”
“Oh, saya mau ke Surabaya.”
“Dari Jakarta ke Surabaya, hebat lah mas.”

Gatau aja kali si mas ini kalo saya berangkat dari jogja, hehe. Ah lanjut. Si mas ini mengisikan pertamax 55 ribu rupiah hingga tangki ini kerasa hampir tumpah-tumpah. Well.. damn lol. Saya ke toilet dulu sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

Perjalanan dilanjutkan dengan menelusuri arah Mejayan… So far so good. Begitupun ketika sudah melewati Wilangan dan Nganjuk. Next, karena saya nggak bisa masuk tol, saya jadi lewat bypass mojokerto. Jalannya lumayan lurus tok, alus, dan asyik, akhirnya si cebe kembali ngebut.

Tak, terasa, sudah lewat Balungbendo dan deket2 Surabaya. Jackalride sendiri gak tahu persis lagi dimana, tapi kayaknya ini lewat jalur industri deh… Jalannya luwarbiasah macet!! Banyak truk tronton dan tanker gede, wah brutal asli lah ini jalan, hampir ketabrak truk pula gegara sopirnya main asal belok aja….

Untung selamat sampai ke Surabaya.. dan dari situlah bencana terjadi folks. Di deket Taman Bungkul, si Cebe akhirnya MATI TOTAL.

Mati. Gak mau dinyalain. Why the hell!

Saya coba diamkan sebentar. Sambil beli minum dan jajan di pinggir jalan. Saya coba nyalakan lagi. Mau nyala sih, tapi bencananya adalah dia mulai suka mati sendiri.
Berbekal modal sabar sedikit, dan mlipir sepanjang jalan, akhirnya saya sampai ke rumah saudara saya dalam kondisi super capek, super kesel, dan super emosional karena pake acara mati segala. Total waktu yang saya torehkan adalah 8 jam. Well!

Lalu jackalride pun beristirahat, menandakan berakhirnya perjalanan hari itu. Besok2 deh, si CB dibawa ke bengkel..

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s