jackalride

ride through the night

Test Ride Singkat TVS MAX 125 Semi Trail: 125cc yang Mantap!

Leave a comment

Yo Folks! Ketika pertama intip-intip ini motor di masa rilisnya, jujur aja masjack ga terlalu tertarik. Pikir saya sih, “apaan motor laki 125cc, semacam thunder lagi inimah, calon kaga laku.” Eh lama kelamaan, pas lagi ubek-ubek internet, nahh dari situlah rasa penasaran saya sama motor ini terbangun.

img_20170125_135537

Model, sebut saja namanya Anggara.

Apalagi kebetulan nih, saya malah ditawari test ride si semi trail murah meriah ini! Ya lanjut!

Impresi Fisik
Ini motor, kalau diliat sekilas aja, memang mirip Honda Verza. Tapi kalau dilihat dari depan, wah langsung keliatan banget Indianya, lha headlampnya aja lebarrr ala India Sport macam Apache, Pulsar, dan kawan-kawannya. 😆

Dimensinya mirip motor laki kebanyakan, dan saya rasa sedikit lebih besar dari Verza di bagian belakang. Berat kosongnya sendiri sayang gak dicantumkan di web, tapi kalau masjack sendiri merasa ini motor ya beratnya kali ada sekitar 120-an kalau posisi kosong.

img_20170125_135203

Bentuk headlamp kayak verza, tapi kalo dari depan, lebarrrrr. Pake ban pacul folks!

Next, soal build quality, ajiib banget dah memang produk India kalau soal material plastik. Plastik yang diusung sama si Max ini, adalah plastik yang menurut masjack keras, namun dicampur dengan material yang bikin dia elastis (duh gimana caranya ga mudeng juga saya haha), walhasil kalo motornya kenapa2, part tersebut gak mudah pecah.. Asli, jauh banget bandingannya kalo sama motor jepang, yang notabene plastiknya rada fragile atau ringkih..

img_20170125_135014

Buntut kayak Verza ya…

Soal kapasitas tangki, motor ini bejaban sama Thunder (15 L) yang dikenal sebagai motor pengecer bensin, yakni 14.5 liter! Wedeh memang bekal tuh buat riding jauh.. Satu lagi, material tangki ini full besi, walau kokoh banget, ati2 ya kalo panas-panasan di jalan..
Ngintip dek kemudinya, terdapat speedometer yang dibagi menjadi pemantau kecepatan di kiri, dan lampu indikator plus bensin di sebelah kanan… Kalo diliat-liat memang rada kecil folks. Pemantauan sedikit terganggu, apalagi buat ngeliat indikator gear netral, udah kecil, lampunya redup pula.. Haduh!

img_20170125_135151

Ada pass beam.

Selanjutnya soal saklar di handle kiri dan kanan. Switch yang ada di saklar relatif gede-gede dan mudah dinavigasi. Feeling ketika menekan tombol-tombolnya pun terasa enak, walaupun material plastiknya kerasa kayak murahan sih (ya maklum motor pahe). Tapi pahe-pahe gitu, motor ini udah dilengkapi dengan pass beam dan juga engine kill switch lho. Lirik deh tuh pabrikan ahaem yang sport 150cc nya pada gak punya dua fitur itu.

Next, dibawa ngacir ajalah!


Impresi Performa
Kesan pertama saya pas nyalain mesin: Knalpotnya bunyinya gahar bro! Ngebass tapi ga bikin berisik.. Mantap punya lah, dan memang feel mbetot gasnya kerasa banget. So, paling nggak kesan machonya dapet lah dari suara.

img_20170125_135040

Jok lebar, nyamannn

Masukin gear 1, dan mulai nancap gas. Waduh, tarikannya torsi banget nih karakternya. Bener-bener gede power awalannya, pantes aja namanya semi trail. Handle gasnya juga relatif enteng dan enak dibejek walau masih menggunakan sistem satu kabel (bukan push pull).

Oiya, TVS membekali si MAX ini dengan perpindahan gigi ala motor bebek yang mengikuti irama N-1-2-3-4, jadi jangan sampai salah, ketika netral malah injek gigi! Whaaa ya natap dong masbro. Untung perpindahan gigi terasa mulus dan nggak keras sama sekali.

Untuk gear 2, karakternya jalan raya banget, yakni asik dibawa sampai sekitar 40 kpj.. Nah, begitu masuk gear 3, masjack merasa nyaman sampai sekitar 60-70 kpj.. Untuk gear 4, masjack masih belum ngerasain nih. Tapi dari beberapa testimoni, si Max ini bisa sampai ke 100 kpj tergantung skill.

Mekanisme buka tutup tangki TVS Max 125

Konsumsi bensin si TVS Max 125 ini diklaim sekitar 1:58 km. Beberapa hasil malah ada yang sampai 1:60 kpj atau di India sono ada yang sampai 1:65. Bener-bener hemat, asli deh.

Next, soal riding position, asli deh jempolan. Posisinya tegak banget dan ala-ala touring kayak Megapro gitu. Jadi kalau perjalanan jauh, ga akan pegal.

img_20170125_135216

Dual Series Spring, shock belakang merupakan kombinasi keras-halus. Mantap!

Hal tersebut juga didukung sama suspensi yang mantep, dengan sistem dual series-spring. Sistem tersebut menggunakan dua jenis suspensi belakang yang ditumpuk jadi satu, dengan suspensi keras di bagian atas, dan suspensi lembut di bagian bawah. Hasilnya? Lubang berjalan di jalanan pun takluk folks. Baik yang kecil maupun dalem. Jalanan ancur? Libas!

Soal kekurangan… Menurut masjack terletak pada vibrasi mesin yang memang sedikit terasa di rpm tinggi. Getaran tersebut gak parah-parah amat, dan hanya terasa di sekitaran footstep saja.

img_20170125_134955

Speedonyaaaa kecilllll :v

Kekurangan lainnya adalah profil ban yang menurut jackalride cukup cungkring.. ban depan padahal ukuran 70 dan belakang 90.. Mungkin karena body nya si Max ini yang cukup gambot, jadinya ban terlihat kebanting..

Suspensi series spring ternyata punya kelemahan lain juga.. Karena bantingannya empuk.. Ketika dipake cornering kecepatan tinggi, motornya bakal geal-geol 😆
Ati2 aja pokoknya, hehe


So, gimana kesimpulannya?

img_20170125_140637

Gak ambles btw.

TVS Max 125 ini adalah motor yang cocok untuk harian dan touring bagi yang nyari motor nyaman, tidak pegal, dan juga hemat bueneerrr, tapi tidak terlalu suka kebut-kebutan. Torsinya sangat njambak dan cocok untuk melibas jalanan aspal ataupun jalanan rusak. Adapun, jika untuk perkotaan, masjack lebih menyarankan versi sportnya.

(+) The Plus
+ Torsinya mabok
+ Kenyamanan ++
+ Build Quality yang jauh, sekali lagi jauh diatas pabrikan jepang
+ Series spring yang menunjang kenyamanan pada jalanan rusak
+ Konsumsi bensin yang sangat sangat hemat, ditunjang dengan tangki yang sangat besar.. Bisa sambil lalu jadi pengecer bensin anda.
+ Harganya yang sangat murah dan sangat worth it.

(-) The Minus
– Speedometer nya itu ya ampun, tolonglaaahhh…
– Series Spring yang suka dangdutan saat cornering
– Ban terlihat cungkring
– Tampangnya India banget
– Merknya bukan merk jepang

Semoga bermanfaat dan keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s