jackalride

ride through the night

Impresi Fisik dan Performa Honda Beat FI ESP: Enteng dan Smooth!

Leave a comment

Holafolks, lama tidak bersua, ngerti2 udah taun baru aja.. Ah well.
new-honda-beat-2016-4

Pernah dulu masjack dapat kesempatan untuk jajal si Beat ESP motor khusus kimcil anak muda, yakni di acara launching resmi Honda Jogja yang diadakan di Hartono Mall.. But yeah tracknya cuma muter2 parkiran tok, dan saya udah bete duluan.

And then! Saya dapet kesempatan jajal lagi baru-baru ini, anggaplah milik seorang kru KARSTV. So, gimana impresinya? Intip yuk.

Impresi Fisik

Dilihat sekilas, motor ini sedikit lebih kurus dibanding Beat FI sebelumnya, or at least punya kesan lebih ramping. Desain lampu berubah lumayan banyak dan malah mirip Honda Sonic namun versi gedenya.

Selain itu, bagian dek kini sedikit diperlebar, jadi rider yang badannya tinggi (170cm keatas), bisa ngerasa lebih nyaman tanpa merasakan lutut kepentok dek. Dua kompartmen kecil tetap disediakan, cuman bingung juga mau diisi apaan, kecil bro, palingan botol aqua atau sarung tangan. Hanger tetep hadir buat pemirsa yang butuh centelan untuk nyantolin belanjaan.
new-honda-beat-2016-2

Lekuk badan berkesan runcing-runcing sekarang, entah ya apakah terinspirasi gen Vario 125 & 150 yang sekarang menganut desain kaku runcing semua? Anyway, desain runcing kaku tersebut sepengamatan masjack, menambah kesan sporty nya sih. Alur body kaku tersebut juga diteruskan ke perombakan stoplamp, yang cukup berubah banyak, namun masih tetep enak dipandang.
new-honda-beat-2016-3

Next, speedonya. Speedonya dirombak total menjadi analog plus digital, dengan bagian analog diperuntukkan untuk pemantauan speed, dan digital untuk memantau odometer serta fuel. Speedo ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu indikator seperti lampu jauh, sein, oil, ISS, dan juga satu lagi: indikator ECO. Indikator ini akan mendeteksi apakah motor berjalan dalam kecepatan optimal yang nantinya akan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Bagian jok terasa, yah relatif tipis sih walau empuk, khas2 matic ahaem. Dibawah jok, terdapat bagasi 11 liter yang oke buat nyimpen berbagai keperluan, terutama jas hujan.
Motor ini sebetulnya lebih tinggi dibanding Beat FI lawas, dan diklaim oleh Engineering AHM, akan lebih terasa nyaman bagi rider.. Wah, nanti kudu dicoba nih. Velg yang digunakan pada Beat FI baru ini juga terlihat baru, entah mirip velg apa gitu ya.


Impresi Performa

review new honda beat 2016
Ketika masjack muter-muter parkiran Hartono pakai motor ini, masjack pertamanya sih niatnya mau bawa kasar.

Coba-coba geber dikit, eh gak ngikutin.. Bukan tipe mesin galak rupanya. Yasudah, dibawa santai saza. Cukup responsif ternyata. Di parkiran tersebut, masjack bisa mencapai 60kpj secara ecess… Namun kalau digenjot lagi agak butuh waktu..

Radius putar stang juga bikin motor halus ini cukup responsif, lumayan lah. Ketika masjack mencoba lepas tangan, ehh motornya malah goyang-goyang..
review Honda BeAT 2016

Jackalride merasa cukup nyaman dengan motor ini, namun memang rasanya ada yang kurang gimanaaa gitu kalo ga di sirkuit panjang.

Next, soal braking atau pengereman. As usual, secara casual ala daily riding mah oke banget. Mungkin baru sedikit kewalahan kalau stop n go ala begajulan, menurut masjack.
Soal dimensi motor ketika dibawa riding, ini motor mah enteng banget  yak. Pemusatan massa juga merata, makannya motor ini relatif kayak mau terbang misalnya dibawa kenceng.

Next, yakni waktu masjack membawa motor ini dari kru KARS TV, yakni yudakusuma. Perlu diketahui bahwa boncenger saya ini tingginya lebih dari 170cm dan badannya seperti beruang cukup besar.

Walhasil, anehnya dia merasa cukup nyaman saja tanpa ada komplain. Sayapun juga merasa pembagian seat tidak terampok, which means, lumayan nyaman untuk boncengan.

Soal tarikan, ketika berboncengan, gak ada yang namanya mesin jadi ngempos, tetep bertenaga bosku! Tarikan halusnya tidak mengindikasikan tenaga yang letoy ternyata, smooth namun tetep bertenaga.
review new honda beat terbaru

Anehnya, saya merasa lebih pede untuk mengendarai motor ini ketika berboncengan. Lebih enak tekak-tekuk, dan manuver. Hmm mungkin perlu dicoba next time, tapi tidak sama cowok.

Soal braking, ya seperti tadi yang disebutkan. Cukup.

Soal lampu. Lampu LED dari Beat ESP ini kok gelap bener ya. Entah nih, saya kudu manjer lampu jauh terus ketika melewati daerah jalan raya yang minim penerangan. Seriusan.

Oiya, indikator ECO nya masbro. Ketika saya di parkiran, indikator ECO ini nyala terus, dengan terang. Ini berarti saya lagi melaju dengan hemat. Nah, pas saya riding begajulan bareng beruang, indikator ini nyala mati terus, walaupun lebih sering nyalanya. Hmm.. Perlu dicek ulang ini konsumsi bensinnya, sepertinya sih hemat pake banget.

Kesimpulannya?

The Funs:
+ Tarikan smooth, enak banget lah.
+ Indikator ECO, yang membantu memantau efisiensi riding.
+ Lini desain yang lebih sporty
+ Speedometer yang enak dipantau
+ Kenyamanan manuver yang baik, terutama ketika dibawa boncengan

The Nufs:
– Lampu LED yang beneran kurang terang.
– Jok tipis.

Oke, sekian review dari masjack. Semoga bermanfaat dan keep riderhood!

Dokumentasi: Ardiantoyugo.com
Thanks!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s