jackalride.com

ride through the night

Raihan Market Share Honda udah 80% untuk wilayah D.I. Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas. Bisakah pabrikan lain melawan?

| 0 comments

Hola folks. Jadi ceritanya, waktu menyambangi sebuah event Honda di Yogya, saya mendapat info yang cukup menarik mengenai dominasi AHM di pangsa pasar sepeda motor untuk wilayah Yogya, Kedu, dan Banyumas.
Perakitan-motor-di-pabrik-PT-Astra-Honda-Motor-AHM-di-kawasan-Karawang-Jawa-Barat.-Nurul-Hidayat_JIBI_Bisnis.jpg
Yes, angka dominasi tersebut gede banget gaes.. Pabrikan lain kemana aja ya?

Bahkan, dikabarkan dari ucapan salah satu petinggi Astra Honda Jogja, bahwa market share Honda sendiri saat ini udah hampir merata… Bebek juara.. Matic jelas.. dan sekarang market Sport lagi dirangsek naik.
Simply saying, bahwa dominasi ini enggak main-main.. Bayangin aja gaes, 20 ribu motor per harinya didistribusikan ke dealer-dealer di 3 daerah tersebut..
Bisakah pabrikan lain melawan?
Well, Yamaha saat ini lagi mencoba melawan dengan metode yang sedikit berbeda.. Mereka mencoba untuk melawan dari market yang mereka sendiri sudah amat menguasai. Sebut saja market Bigscoot Matic 150cc yang lagi dikuasai habis sama NMAX 155, yang mereka coba tambahi lagi dengan Aerox 155. Lalu tidak lupa dengan market sport yang dikuasai Yamaha Vixion dan R15 (yang keduanya bakal dapet update facelift taun depan), dan juga di bebek masih kuat dengan Yamaha MX-King 150..
Kalau Suzuki, well.. Not much to say, masih mengandalkan Adress 115, dan Satria FI 150. Kita lihat aja animo masyarakat mengenai GSX-S 150 dan GSX-R 150.. Kalau di Jogja ini sayang kurang santer gaungnya..
Kawasaki? Ga perlu dibahas kayaknya.. Mereka gak penting punya market share banyak..
Kalau saya rasa sih, dominasi segede gtu hanya bikin persaingan gak sehat… Harus ada perlawanan nih baik dari pabrikan lain, dan juga dari pembaca media dunia maya..
Semoga bermanfaat ya..
Keep riderhood!

Leave a Reply

Required fields are marked *.