jackalride

ride through the night

Adakah blogger yang murni objektif?

1 Comment

Atau cuma mitos para konsumen? Cuma ngayal? Cuman ngarep2 pengen punya panutan media yang kredibel aja? Cuman asumsi bahwa karena dia besar lalu dia objektif?
Basically, apakah media yang objektif itu beneran ada?

https://i0.wp.com/www.searchquotes.com/sof/images/picture_quotes/33314_20130725_065634_430405_321529824575169_228697947191691_903467_2132371652_n.jpg

from searchquotes.com

Long story short, huru-hara media yang diklaim “gak objektif” alias bayaran juga bukan cerita baru, hanya sekedar lagu lama yang diulang-ulang. Hanya saja, para konsumen aktivis media di ranah industri otomotif memang orangnya cenderung “seru”, jadinya terlihat panas dan menarik perhatian.

Dunia industri transportasi saat ini memang mainly dikuasai oleh orang-orang yang merupakan “civil journalist” alias orang-orang biasa yang terlibat dalam lingkungan jurnalisme, yang dalam hal ini adalah transportasi roda dua-roda empat.

One man, one show.

Ibaratnya, dari setiap orang ini, para otak blog ini, merekalah yang berperan menentukan arah jalan dari masing-masing blognya. Mau seperti apa nantinya, itu sesuka mereka. Sebagaimana jackalride sendiri mengarahkan blog ini menurut kehendak sendiri.

Basically, manusia itu pada dasarnya adalah makhluk yang tidak objektif. Itu saya pelajari sendiri (otodidak, bukan murni hasil kuliah psikologi lho ya).

Salah satunya aja, ada teori dari Gary Becker yang berjudul Theory of Rational Choice, yang mengungkap bahwa manusia adalah makhluk yang bertindak berdasarkan pilihan rasional. Teori punya banyak aplikasi, mulai dari kriminologi hingga kapitalisme modern.

Darimana sebuah pilihan rasional ditentukan? Tentu saja dari pilihan mana yang menurut individu tersebut paling menguntungkan (beneficial). Soal keuntungan mana yang individu peroleh, biasanya memang berbeda dan unik bagi masing-masing orang. Toh memang manusia tidak ada yang sama.

Selain itu, ada lagi teori yang agak bertentangan, namun masih bisa menjelaskan mengapa objektivitas manusia adalah sesuatu yang kabur.

Saya sudah cukup lupa nama teorinya (kalau ada yang tau mohon disebutkan ya)yang menyebutkan bahwa manusia bukanlah makhluk yang semata bertindak atas pemikiran logis (kognitif), namun mayoritas keputusannya berdasarkan aspek afektif alias perasaan.
Intinya, manusia lebih sering memutuskan berdasarkan perihal suka dan tidak suka, dibandingkan pemikiran taktis, logis, mendalam, dan objektif.

Para “kepala media” ini tentunya juga bertindak atas prinsip demikian. Lebih didorong oleh perihal suka dan tidak suka, termasuk saya. Ada yang suka dalam membuat bacaan yang lebih adem agar diterima semua orang. Ada yang suka dalam membuat bacaan heboh agar menarik pembaca. Ada yang lebih suka menjadi kontra opini agar mencapai kepuasan personal.

Semua itu.. kalo dipikir-pikir kurang logis juga yah. Haha.

So, jika memang mereka2 ini tidak mungkin sempurna objektifnya, patutkah mereka dibaca? Semua itu kembali kepada kredibilitas masing2. Jika ditanya apakah blog mereka objektif, pastinya mereka akan menjawab iya.

Apakah jawaban tersebut salah? Tidak. Mereka memahami blog mereka objektif, berdasarkan pemahaman mereka terhadap apa arti “objektif” tersebut.

Tapi pembaca kan bisa menangkap secara berbeda… dan pembaca itu jumlahnya buanyak. Gabisa juga mereka memuaskan seluruh orang lain ini sekaligus.

Objektif tidaknya, biarkan pembaca yang menilai.. toh udah pada pinter sekarang ini. Biarkan para pembaca menikmati berbagai wacana dan bahan.. Lalu memutuskan sendiri dari berbagai wacana tersebut, mana opini yang murni otentik hasil buah pikir mereka.

Itu sih menurut masjack selaku pemilik blog jackalride ini. Jackalride pun merasa, terkadang lebih condong pada merek tertentu, sikap tertentu, dan gaya tertentu… Biarkan rekan sekalian yang memilih.

Tunggu, tapi kalau kalian masih betah berlama-lama di warung ini, berarti kalian setuju sama gaya saya kan?

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

One thought on “Adakah blogger yang murni objektif?

  1. duwur ki…
    kalau tanah yang ku pijak ini tidak nyata, lewat jalan mana aku harus menemuimu…?? karakter seseorang itu aneh, tapi mengapa dianggap lazim…??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s