jackalride.com

ride through the night

Bosozoku: Modifikasi motor ala "anak jalanan"-nya Jepang..

| 11 Comments

Holafolks..! Di tiap negara, pasti ada aja generasi muda “anak jalanan” yang nakal kayak di negara ini… dan kali ini kita akan mbahas anak jalanan-nya versi jepang, yakni bosozoku.
720a88dd9a65fcf5f724a39b24130c2e.jpg
Pernah liat motor yang dimodif beginian? Inilah modif ala bosozoku.

Konon, para bosozoku ini adalah generasi muda nakal yang muncul pada tahun 1950-an di jepang sana, ketika industri otomobil lagi berkembang pesat. Biasanya, anak-anak ini adalah sekumpulan remaja yang anti pemerintah dan punya jiwa “memberontak”. Pokoknya kalo ketemu anak muda yang cukurannya berjambul super maju, pake jaket kulit hitam, dan gak lupa ada kacamata item (apalagi mereka bawa pedang kayu), yakin aja kalo mereka itu bosozoku.
Mercenary Garage Design Dublin Ireland Custom Motorcycle  Workshop Sukeban Boss Girl Bosozoku Rockers Japan
Bosozoku ini muncul sebagai kelompok-kelompok modif kecil awalnya. Dari situlah, mereka mulai membuat modifikasi-modifikasi “nyeleneh” yang gak taat aturan dan juga mengganggu. Contoh nih, kayak begini.
02c9436d5611902082052283bdb7983f
Ciri khas dari modifikasi ala bosozoku ini adalah:
– Fairing depan super ngangkat (bahasa jawanya super ndangak) dan lampunya nyorot depan, mungkin biar nyamain jambulnya yang naik
– Knalpot super bising yang kadang mufflernya digergaji biar suaranya menggelegaarrrr
– Jok yang dimodif ala kursi (mungkin biar pewe duduknya)
– Stang tinggi (kadang malah ape hanger), mungkin biar makin pewe lagi
– Biasanya pada gak pake helm (mungkin takut jambulnya turun), kalopun ada helmnya, asumsikan bentuknya pun modifan
– Fans garis keras lampu bundar
– Kadang motif grafis motornya itu bertemakan api
68b7e41df818f7cdc53d0eca60dabdb8
Brutalnya mereka, melanggar lalin dan bikin banyak masalah di jalan udah jadi kebiasaan dan makanan sehari-hari lah buat mereka. Belum lagi tingkah mereka yang tergolong violent. Akibatnya, mereka seringkali bermasalah sama polisi (dan ujung2nya polisinya yang kewalahan).
Well, jaman sekarang ini, walaupun para bosozoku ini masih ada, tapi paling enggak perilaku mereka udah nggak sebrutal sebelumnya lah (yang mukulin orang di jalan), tapi modif motor khas mereka ini nggak luntur style-nya..

Mercenary Garage Honda CBX 550 Dragon Bike Girl

CB400F model anak jalananwati jepun


Ada yang tertarik modif ala bosozoku? Ati2 lewat cirebon ya folks, hehe
Keep riderhood!
artikel ini terinspirasi dari http://www.japanrealm.com/palma-san-defines-bosozoku/

11 Comments

  1. walah di gawe artikel 😀 hahahahaha … kui cewe e modern lah . jal sek lawas . rok sepanjang panjang nya . biasanya bleyer bleyer nya mana . ngakak liat tangan yang muter selongsong gas .

  2. bosozoku basic motornya UJM (4 silinder 400cc) kayak CB400 Super Four. Fairing depan super ngangkat inspirasinya dari motor gp jaman dulu, Stang tinggi sama Jok yang dimodif ala kursi inspirasinya dari cruiser kayak harley (orang sana nyebutnya amerika), kalo motif grafis tergantung yang punya… kadang itansha juga ada
    kalo mobil biasanya mark ii, cresta, cressida, kenmeri, gloria dkk (sedan kotak gede) pake bodykit ala silhouette racing car yang didramatisir 😆

Leave a Reply

Required fields are marked *.