jackalride

ride through the night

RAM Dual Channel dan Quad Channel, apa itu?

6 Comments

Ketika memilih RAM (Random Access Memory), kadangkala kita menemukan adanya RAM yang berjenis dual-channel atau bahkan quad-channel. Bagi yang belum benar-benar memahami, apalagi kalau abang penjualnya juga gak ngerti, memilih RAM bisa jadi memakan waktu lebih.

KMvE4Wax5i0f.878x0.Z-Z96KYq

Memang bedanya apaan sih antara ram dual channel/quad channel sama ram yang biasa?

Bila kita perhatikan, isi dari kemasan RAM dual channel itu adalah… ya dua keping RAM! Dua keping RAM yang frekuensinya sama persis, 4 angka latency-nya sama, daya-nya sama, dan juga bentuknya sama!

RAM dual channel ini performanya lebih baik dibandingkan sekeping ram yang speknya persis sama.. katakanlah misalnya RAM dual channel 2x4GB, performanya akan lebih baik dibanding sekeping RAM 1×8 GB.

MY058PA_51604_800x800

sebungkus dapet dua keping. (via overclockers.uk)

Mengapa demikian? Karena RAM dual channel memanfaatkan dua data channel sekaligus (dibandingkan sekeping RAM), sehingga secara teoritis, PC tersebut memiliki dua kali lipat bandwith memory, yang pastinya membantu dalam mengolah aplikasi yang banyak makan RAM (contoh: merender desain arsitektur, render film, mengolah objek 3D, dll).
Dual-Channel RAM dipasang di motherboard dengan mengikuti isyarat warna yang ada di slot RAM nya. Kalau slotnya cuma dua, ya berarti tinggal pasang aja keduanya di dua slot tersebut. Kalau slotnya ada empat, biasanya keempat slot tersebut memiliki 2 warna yang berbeda.. nah, pasanglah RAM tersebut pada dua slot yang warnanya SAMA. Sebab kalau memasangnya pada dua slot yang warnanya berbeda, biasanya di BIOS tidak akan ter-detect sebagai dual-channel RAM.

asrock_05

Contoh dua kode warna slot RAM-nya: Biru muda dan hitam pada ASRock Z97 Extreme4. (via goldfries.com)

Lalu, bagaimana dengan Dual-Channel RAM yang cuma kepasang sebelahnya saja? Katakanlah, sekeping lagi tiba-tiba rusak, apakah masih bisa dijalankan hanya dengan sekeping sisanya saja?

Tentu saja PC nya bisa berjalan, namun performanya tidak akan sebaik sebelumnya yang memanfaatkan dual-channel RAM.

Terakhir, mengenai Quad-Channel RAM, apa itu?

HyperX-savage-ddr4-kit-of-4

Kalo yang ini, 4 keping!

Quad-Channel terbilang akan cukup jarang kita temui kecuali kita sudah masuk kelas prosumer (pro consumer), kalau keperluan PC kita masih sekelas main game sama ngetik aja sih belum terlalu butuh.

Quad-Channel menawarkan dua kali memory bandwith dibandingkan dual-channel, yang berarti 4x bandwith secara teoritis jika dibandingkan sekeping RAM. RAM jenis ini biasanya digunakan pada platform Intel Xeon atau processor-processor Intel-E (Ivy-E, Haswell-E) yang jelas akan membutuhkan kinerja lebih karena beban kerja yang diperuntukkan bagi processor-processor ini adalah kinerja kelas server.

So, begitulah singkatnya. Semoga bermanfaat.
Keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

6 thoughts on “RAM Dual Channel dan Quad Channel, apa itu?

  1. dirimu nganggo 4 channel nggo main solitaire yok?

  2. hmm…
    apa yang terjadi klo ram dual channel 4gb digabung sama ram dual channel 8gb?

    • gak stabil. Lebih baik memasangkan dua set dual channel yang barang nya persis sama plek, daripada kombinasi dua set dual channel yang benar2 beda satu sama lainnya.

  3. mantab…nambah pengetahuan nubi

  4. Gan, mau tanya. Mobonya ada 4 slot support dual channel, tiap slotnya dipasang 8Gb dual channel (ada 4 keping). Apa bisa bekerja optimal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s