jackalride

ride through the night

Complete Guide! Discrete GPU AMD Radeon untuk Laptop & Console. Baca sebelum membeli laptop :D

Leave a comment

Hola folks

disc1Ketemu lagi dengan masjack. Nah, kali ini kita akan bahas mengenai Radeon Graphics untuk laptop/mobile, tapi kali ini yang discrete graphics alias GPU/VGA terpisah, beda sama artikel ini yang bahas VGA internalnya APU laptop (dan konsol).

Oke, nah tak perlu lama, yuk langsung cus ke artikel!

Entry Gaming : R5 Mobility Graphics
————————————————
disc2Pada segmen entry gaming R5 Mobility Graphics ini, kesemuanya masih menggunakan memory DDR3 dan hampir semuanya berbasiskan VGA Radeon R7 240, yang isinya sama plek persis speknya, hanya berbeda engine clock saja (dan memory clock buat R7 M335). Performanya? Yaaa hampir kesemuanya Low-End, tapi karena sudah menggunakan discrete memory, performanya cenderung lebih stabil.

Mid Gaming : R7 Mobility Graphics
————————————————
disc3Segmen inilah yang sebenarnya banyak di pasaran, dan basisnya kebanyakan adalah R7 250 DDR3.. Dan sekali lagi yang membedakan hanya clocknya saja sih. Ada satu varian disini yakni R7 M260X / M370, yang berbasiskan R7 250 desktop tapi yang versi GDDR5, sehingga performanya cukup berbeda dengan R7 Mobile lainnya. Semua game bisa dijalankan oleh R7 segmen ini, hanya saja setting Low-Med (kecuali untuk R7 M260X/M370, bisa mendapat setting yang jauh lebih tinggi).

High Gaming : R9 Mobility Graphics
————————————————
disc4R9 Mobility series ini adalah kasta tertinggi graphic card radeon di laptop dan.. tentunya performanya sangat-sangat tinggi untuk platform sekelas laptop ya… GPU terlemahnya saja, yakni R9 M265X sudah mampu menjalankan Battlefield 4 setting Ultra di resolusi HD laptop.. Hmm. Mungkin sudah bisa memberi gambaran mengenai performanya di game-game lainnya yang lebih terkenal.

disc5Kebanyakan dari gpu kelas bawah pada segmen ini adalah rebranding dari R7 250X alias HD 7770, yang dibuat menjadi versi mobile dengan penambahan kapasitas memory GDDR5 hingga mencapai maksimal 4GB. Sedangkan R9 M280/M385X adalah rebrand dari R7 260X, dan ATI Neptune R9 M290X dari R9 270. Kasta tertinggi, diraih oleh R9 M295X/M390X/M395 yang kini dikenal dengan versi desktopnya yang bernama R9 380X.

Performa ini akan sangat berimbang pada laptop2 yang sudah menganut layar resolusi besar hingga 2K sekalipun. Tentunya harganya pun tidak cukup bersahabat, karena R9 M265X sekalipun ditanamkan pada laptop2 berharga 12 jutaan.. Waow.

 

Macbook Radeon : R7 M370X
————————————————
disc6Seri radeon yang disematkan oleh Apple ke dalam Macbook mereka, satu-satunya adalah R7 M370X, yang berbasiskan R7 250X desktop atau setara HD 7770. Apple terkenal lebih suka menggunakan graphic bawaan Intel mulai dari Intel HD hingga Iris Pro. Bisa dibilang, R7 M370X ini adalah satu-satunya Radeon Mobile yang ada di seri Macbook… Karena radeon terbilang baik dalam menampilkan warna, tentunya cocok dengan Macbook series yang memang ditargetkan untuk pasar multimedia user.

 

Console Radeon Custom Chip
————————————————
disc7Oke, pertama-tama, saya yakin rekan jackalride sudah pada tahu bahwa ketiga konsol ini menggunakan radeon di dalamnya. PS4 dan XBOXONE menggunakan basis processor Jaguar (AM1) yang dikombinasikan dengan HD 7850 yang dicustom, dan untuk Wii U, kemungkinan berbasiskan R7 240/250.

Secara spesifikasi, yaa memang terlihat bahwa ketiganya punya performa yang cukup terbilang jauh bedanya. Dimana secara spek, PS4 paling kuat, disusul XBOX One, lalu Wii U.

So, radeon manakah yang akan rekan pilih? Semoga bermanfaat.
Keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s