jackalride

ride through the night

Complete Guide Radeon R2 hingga R7 integrated graphics pada laptop. Buat yang mau beli laptop!

1 Comment

Hola folks

Jackalride Radeon R integrated guide

Buat para pecinta gaming yang punya jam terbang tinggi alias suka kemana-mana, pastinya butuh untuk mempunyai perangkat gaming canggih yang namanya laptop. Yah secara budget orang berbeda-beda, tidak semua orang bisa punya perangkat canggih, katakanlah selevel ASUS ROG atau Alienware. Tapi keinginan untuk gaming, tetep harus dipenuhi kan?

Nah, sekarang banyak produsen laptop yang membundle laptop AMD dengan menggunakan integrated graphics Radeon R-series, dengan harga miring. Namanya juga banyak banget, mulai dari R2,R3,R4, seterusnya hingga R7.
Btw, seberapa worthed sih mereka ini? Check this out.

1. Segmen Office: R2, R3, R4, dan R5 (Beema/Mullins)

RLow

Yap, segmen ini adalah segmen terbawah dari Radeon Integrated Graphics saat ini. Dengan 2 compute unit dan 128 shaders saja, perbedaan hanya terletak pada perbedaan setting clock engine saja.

Memory yang digunakan APU R2 ini tentunya mengambil dari RAM yang ada.. karena integrated graphic. So, kecepatan dan performa APU ini memang dipengaruhi oleh kualitas ram itu sendiri.

APU R2-R5 ini performanya cukup bervariasi, mulai dari yang terlemah hanya setara Intel HD 2000, dan yang terkuat setara Radeon HD 8330M. Tapi ya tetep aja, gak terlalu bisa dipakai untuk ngegame.

Memang selemah apa performanya? Untuk game2 mainstream jelas kurang recommended lah ya.. untuk online games macam Dota2, mungkin setting 1366×768 low masih playable pada 25-30 fps.. Selebihnya no 😀 (berdasar pengalaman).

Segmen ini memang lebih diperuntukkan untuk menikmati konten multimedia dengan setting HD dan daily use saja ya nampaknya.. Bagi dirimu yang benar-benar kepepet budget dan masih ingin main yah… minimal ambil A8-6410 karena performanya paling lumayan untuk segmen low.

2. Segmen Mid-Low: R4, R5, R6, R6 Carrizo, dan R7 Kaveri

RLowmed

Segmen Mid-Low ini diisi oleh radeon integrated graphic yang berbasiskan Kaveri/Carrizo alias sudah ada peningkatan dibanding Beema/Mullins. R4-R7 yang ada pada segmen ini memiliki 3 hingga 6 compute unit, disusul 192 hingga 384 stream processor. Engine clock nya pun bervariasi, dengan nilai maksimal 800 mhz.

Tentunya, semuanya masih bergantung pada performa RAM.

Untuk keperluan gaming, segmen ini tidak terlalu mengecewakan karena masih bisa memainkan mainstream games pada resolusi HD walaupun harus menggunakan setting low.. Paling tidak sudah nyaman di sekitaran 30 fps. GTA V dan game mainstream lain sudah mulai nyaman dilahap dengan graphic processor R4, R5, R6 ataupun R7 dari segmen ini.

Untungnya, biasanya laptop yang memiliki processor segmen mid-low ini (contoh A10-7200P) juga dibekali dengan discrete graphic (vga eksternal) yang bisa di crossfire dengan vga internalnya.. Sehingga lumayan bisa menolong performa gamingnya.

3. Segmen Mid: R7 Kaveri/Carrizo

RMed

Segmen mid ini adalah segmen tertinggi dari integrated graphic yang dimiliki oleh APU AMD seri notebook. Performanya adalah performa teratas dari semua graphic card integrated pada mobile APU.

Dari segmen sebelumnya, peningkatan performanya cukup ada walaupun tidak terlalu banyak. Semua online games bisa dilahap dengan mudah termasuk Dota2 dan LOL. Games AAA alias mainstream juga tak sulit dijalankan dengan setting medium dan resolusi HD.

Tentunya, pada segmen ini hampir tidak ada laptop dengan APU grafis R7 yang tidak dibekali graphic external tambahan. Graphic tambahan tersebut bervariasi, mulai dari R5 M230 yang performanya tidak terlalu powerful hingga R9 M280X yang sangat powerful. Anyway, crossfire masih tetap menjadi nilai menarik bagi R7 di segmen ini.

Berikutnya, kita akan bahas discrete graphic alias vga eksternal radeon pada laptop.

Semoga bermanfaat!
Keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

One thought on “Complete Guide Radeon R2 hingga R7 integrated graphics pada laptop. Buat yang mau beli laptop!

  1. kalau untuk R2 game online yang cukup bisa di mainkan gimana ya ? dibawah dota 2 ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s