jackalride

ride through the night

Yamaha MT-15, kenapa sih harus ada?

Leave a comment

Hola folks

yamaha-mt-15-biru-silver

taken from macantua.com

Lama kelamaan kuda besi baru yang bernama MT-15 ini menjadi sesuatu yang menarik buat masjack. Yak. motor sport yang satu ini memang lagi hits di jagat dunia maya. Dengan konfigurasi satu silinder 150cc, motor ini sekilas memang keliatan mepet sama New Vixion Advance. Lalu, kenapa motor ini harus ada?

Kan, udah ada New Vixion Advanced (dan Byson, apalagi ada R15 juga) untuk sport 150cc satu silinder, kenapa sih kudu ada MT-15?
Oke, coba kita berpikir dari sisi lain terlebih dahulu.

Yamaha New Vixion Advanced kalah dalam semua pengetesan dari All New CB150R Streetfire, walaupun relatif tipis. Tapi kalo diliat harganya, yaa wajar juga lhawong NVA nangkring di price point 24 juta, sementara All New CB150R sangat sangat mepet dengan price 26 juta. Selain itu, dari sepengamatan saya, NVA masih memiliki kelebihan karena beberapa teman saya relatif lebih suka dengan tampang NVA dibanding CB150R… Yah namanya juga selera.

Tapi yang namanya orang jualan mah, masak mau mengandalkan jualan produk dengan sesuatu hal yang “relatif”?

Maybe itulah mengapa Yamaha bereaksi cepat dengan menggodok MT-15..

MT-15, yang merupakan adik jabang bayi dari MT series (kalo di indo paling deket sama yamaha MT-25 sih) adalah motor yang mungkin di-plot menjadi motor 150cc naked lain selain NVA Byson yang akan mengalahkan All New CB150R Streetfire

Tentunya fitur premium dari MT-15 inilah yang akan jadi senjata ampuh melawan CBSF.

Sedari awal muncul, orang2 udah pada ngiler dengan sok depan MT15 yang sudah mengadopsi USD alias upside down… Fitur yang diterawang sebagai keyless starter pun cukup menarik dan mulai jadi perbincangan. Ditambah lagi, rupa fisik yang cukup keren dan tidak terlihat kopong, apalagi dengan headlamp ala Kawasaki Z1000 pun membuat orang tambah melirik motor ini.
Kemungkinan besar ini motor bakal ditaruh diatas price point CBSF saat ini, dengan harga yang mepet dengan R15.

So, kalo menurut saya sih alasan MT-15 ada adalah sebagai berikut:

1. Mengalahkan CBSF tanpa harus menurunkan nama besar Vixion
2. Membuat sport 1 silinder 150cc yang kelasnya premium, disaat pabrikan lain belum melakukannya
3. Mengisi gap price antara NVL dan R-15 yang saat ini terpaut cukup lumayan (apalagi setelah Scorpio Z berhenti produksi). Kemungkinan bisa ditaruh di price 27 jutaan ini MT-15. Atau bahkan di 26.5 biar gebuk2an sama CBSF.
4. Mengukuhkan nama MT series di Indonesia, disaat AHM baru mau melakukannya dengan CB series.. Jadi nanti mapnya nanti adalah MT series vs CB series, dan R series vs CBR series
5. Nambahin income dari pasar export… Biasa..

Semoga bermanfaat sih ya
Keep riderhood

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s