jackalride

ride through the night

Memilih Motherboard part 1: Pilih yang ukuran besar… atau kecil?

2 Comments

Hola folks

MOBO GUIDE1Salah satu komponen yang wajib dibeli ketika kita ngerakit PC adalah mobo alias motherboard/mainboard. Yang namanya orang beli, pas pertama kali kita liat mobo, pasti akan penasaran dengan berbagai ukuran yang ditawarkan oleh produsen mobonya.

So, sebaiknya pilih mobo yang kayak apa nih ukurannya?


Mungkin pas pertama kita ngeliat, mobo yang ukuran gede-gede pasti bikin ngiler lantaran tampangnya yang keren dan layoutnya yang kompleks (siapa tau dia ngeliat ASUS ROG series, wkwkwk). Ada juga yang kesengsem sama mobo super cilik yang padat fitur dan tetep keren (MITX mobo). Makin keren bentuknya, biasanya kita makin bingung mau pilih yang mana.

MOBO SIZE COMPARISONWajar aja, soalnya namanya mobo itu ada sampai 4 jenis ukuran, masbro. Ada M-ATX (Micro ATX), ATX (standar), E-ATX (Extended ATX) dan M-ITX (Mini ITX). Masing-masing ukuran ada plus minusnya lho, masbro & mbaksis rekan jackalride.

1. ATX adalah ukuran standar motherboard.

2. M-ATX adalah motherboard yang berukuran lebih kecil dari M-ATX, dan banyak ditemui di kelas low-mid.

3. M-ITX adalah motherboard untuk pc rakitan yang ukurannya paling kecil diantara yang lain. Biasanya diperuntukkan untuk HTPC. Namun kini terdapat mobo M-ITX seri gaming yang performanya gak bisa dilihat sebelah mata lho.

4. E-ATX adalah motherboard yang merupakan versi lebih besarnya dari ATX. Biasanya, dilengkapi dengan slot ram hingga 8 slot. Selain itu, E-ATX biasanya menyertakan extension port lebih banyak lagi, untuk menunjang setting gpu SLI atau Crossfire.

==========================================================
Nah, lalu masjack, dari 4 ukuran mobo tersebut, mana yang harus saya pilih? Berikut saya kasih pertimbangannya nih.

1. Pemilihan mobo tidak akan berpengaruh banyak terhadap performa harian, terutama gaming. Pemilihan mobo hanya akan berpengaruh bila socketnya salah.

2. Semakin besar sebuah board, maka akan mempengaruhi pilihan casing yang masbro beli. Semakin besar mobonya, casingnya harus makin besar juga.. Karena tidak semua casing mampu memuat motherboard yang sampeyan inginkan, contohnya nih masbro beli MSI X99 M-Power (ukuran E-ATX), terus beli casingnya CM Elite 130 (Mini ITX), yaa nggak masuk lha broo..

3. Lalu, semakin besar mobo, maka ia akan membutuhkan colokan 4-pin atau 8-pin yang lebih banyak lagi dari PSU. Tidak semua PSU menyertakan colokan tambahan ini, terutama jika kapasitas PSU nya kecil, jadi harap diperhatikan.

MOBO BENEFIT
4. Semakin besar ukuran mobonya, maka fiturnya akan semakin banyak dan ruang untuk menambahkan hardware lain (misalnya hardisk atau ram) akan semakin tersedia. Contoh, untuk mobo MITX masbro hanya bisa memasangkan maksimal 2 keping ram, namun kalau di ATX, bisa hingga 4 keping ram, lumayan kan?

5. Semakin kecil ukuran mobo, maka solusi coolingnya akan makin terbatas. Pasalnya, pendingin untuk mobo MITX tidak terlalu banyak, dan pilihan terbaik hanyalah memasangkan watercooling yang harganya mencapai 1 juta rupiah. Kalau mobonya besar, hampir semua cooler pasti masuk.

6. Chipset yang masbro inginkan, juga akan mempengaruhi ukuran mobo yang akan masbro beli. Jarang ketemu kan, mobo Z97 premium yang support overclocking, dengan ukuran M-ATX kan? Memang benar, karena biasanya mereka membuatnya di ukuran E-ATX ataupun ATX. Beda dengan H81 yang biasanya diisi mobo-mobo M-ATX.
Anyway, soal chipset ini akan saya bahas di part 2, so stay tune!

7. Seiring bertambahnya ukuran, pasti harganya makin mahal lho, karena fiturnya makin banyak. Lucunya, mobo MITX juga relatif lebih mahal dibanding ukuran MATX dan ATX, mungkin karena cukup sulit menyematkan fitur-fitur di papan kecil ini ya? Anyway, kalo ngejar murah, lebih baik masbro menjatuhkan pilihan ke mobo MATX atau ATX (y)

====================================================
So, manakah motherboard yang cocok dengan keinginan sampeyan? Silahkan dipertimbangkan dahulu matang-matang. Semoga bermanfaat.

Keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

2 thoughts on “Memilih Motherboard part 1: Pilih yang ukuran besar… atau kecil?

  1. kecil kecil kaya mini itx itu banyak tantangan mas jack, kaya saya pake CM 13 itu, harus geser sana geser sini. kalo cari GPU itu yang pertama di liat adalah ukuranya, jadi gaboleh lebih dari 8 inci. seruu sempit sempitan. tp harus sering di bersihin (soalnya rumah saya panas dan berdebu).

    • betull banget! Pake Elite 130 ya masbro?

      Iyap, GPU juga jadi pertimbangan. Masalahnya GPU ukuran compact itu biasanya vendornya mahal (ASUS or Gigabyte),

      syukur dulu pernah liat HIS R9 270 Mini yang ukuran kecil dan bersahabat ama kantong (ukuran MITX lho)

      Harap maklum masbro, sempit emang seru hehe. Kalo konteksnya komputer lho ya :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s