jackalride.com

ride through the night

Graphics Card 1GB vs 2GB: Apa Bedanya?

| 14 Comments

Hola folks

GTX960_GAMING4_GGraphic Card (GPU) alias yang biasa disebut VGA oleh orang sini, memiliki berbagai spesifikasi yang berbeda-beda. Salah satunya adalah beda memory atau VRAM, walaupun produknya sama. Misalkan: GT 730 versi GDDR5 1GB dan 2GB. Nah, sebetulnya beda ukuran VRAM itu ngaruh gak sih?

Jawabannya adalah: tergantung.

Tergantung apaan emangnya masjack? Tergantung resolusi layarmu, tergantung berapa jumlah layarmu, tergantung apa gamenya, dan tergantung settingannya. Kenapa demikian?

Bro, logikanya begini: Komputer masbro punya RAM 2 GB dan diinstall windows 7. Processornya sih i7. Lalu komputernya dipakai untuk menjalankan coreldraw, nyetel music, browsing, dan buka dokumen sekaligus: dijamin langsung keder itu komputer, ngelag-ngelag. Lain halnya bila komputer sampeyan punya RAM 4GB atau bahkan 8GB, pasti ada peningkatan performa kan?

Logikanya sama kayak perbedaan VRAM pada GPU. Semakin tinggi VRAM, maka GPU tersebut dapat memproses data grafis yang makin besar dan makin banyak. 1 GB VRAM gak akan kerasa bedanya di layar 1366×768. Beda dengan di layar 1920×1080, perbedaan antara 1 GB dan 2GB pasti kerasa. Kenapa?

GTA V full settings? Tentu aja butuh VRAM gede.

GTA V full settings? Tentu aja butuh VRAM gede.

Contohnya nih:

R7 260X bisa menjalankan GTA V di setting High dengan 60 fps pada resolusi 1366×768. Lalu, apakah GTA V bisa dijalankan di resolusi 1920x1080p dengan setting High juga? Saya nggak yakin. Paling mentok cuma dapat Medium (dengan kombinasi setting High + Low, dan mendisable beberapa fitur semacam softshadows).

Hal tersebut terjadi karena sekeping R7 260X yang tadinya memiliki tugas untuk merender 1.049.088 pixel (1366×768), kini disuruh untuk merender 2.073.600 pixel (1920×1080), dan itu dua kali lipat yang sebelumnya. VRAM yang makin besar jelas menjadi kebutuhan, dan pasti akan menyumbang performa.

Lalu, dimana peran VRAM yang besar? Semakin besar resolusi dan setting, maka akan semakin berat beban yang akan ditimpakan pada VRAM. Walhasil, akan sampai suatu keadaan dimana 1GB VRAM akan keteteran, dengan gejala microstutter atau bahkan lag, karena melayani arus data grafis besar yang dibebankan padanya, dan VRAM yang lebih besar, dapat membantu meminimalisir keteteran itu. Gitu lho penjelasan singkatnya.

ASUS R9 390X STRIX 8GB. and yeah, 8 GB. Lebih gede dari GTX 980 Ti.

ASUS R9 390X STRIX 8GB. and yeah, 8 GB. Lebih gede dari GTX 980 Ti.

Alasan singkat mengapa AMD sekarang berlomba-lomba menyematkan VRAM ukuran besar ke GPUnya, dan memberi label 4K ready! ke produk-produknya. Because the bigger VRAM, fits harder requirements.

Lalu, kapan kita harus mengambil varian yang VRAMnya lebih besar?

1. Berencana memainkan game dengan menyalakan fitur-fitur ekstra di dalamnya (FXAA, AA, Bloom, Blur, TressFX, PhysX, dll)

2. Ketika akan menjalankan game/software di resolusi besar (2K or more)

3. Ketika masbro berencana menggunakan multi-monitor

4. Ketika masbro  berencana akan memainkan game-game yang poorly optimized (yang PC gaming sekalipun bakal ngelag ketika memainkannya, it’s just plain SUCKS).

dan harganya gak jauh beda!

dan harganya gak jauh beda!

But most of the time, memilih GPU yang VRAMnya lebih besar adalah pilihan yang lebih bijaksana. Toh untuk GPU kelas menengah-bawah, perbedaan harganya tak terlalu jauh kan. Saat ini, untuk layar resolusi 1366×768 kebawah, 1GB sudah cukup, walaupun memilih 2GB lebih bijaksana. VRAM 2GB juga cukup hingga layar Full HD (1920×1080).

VRAM yang lebih besar misalnya 3GB atau 4GB sebaiknya mulai digunakan jika ingin menggunakan layar 2K atau diatasnya. Untuk 4K gaming, lebih baik menggunakan minimal 6GB.

Semoga membantu
Keep technohood!

14 Comments

          Leave a Reply

          Required fields are marked *.