jackalride

ride through the night

“MasJack, Graphic Card Ini Kuatnya Pakai PSU berapa Watt?” Simak Dulu Guide GPU-PSU Super Komplit Ini

15 Comments

Hola folks

jackalride recommended psu guide

Sudah banyak pertanyaan soal build komputer, yang bunyinya seputaran: “pasang ini, pasang itu, PSU nya kuat yang berapa watt yah?”. Bacalah dulu guide ini, dan rekan-rekan pun gak akan perlu susah-susah bertanya lagi.

Okey, dalam satu build, yang memakan paling banyak daya adalah GPU alias Graphics Processing Unit alias Graphic Card, atau istilah umumnya VGA (walaupun VGA sebenarnya cuma nama colokannya). Ibaratnya, ketika processor FX 9590 yang paling boros listrik sekalipun (220 Watt bro! Gile aje), dihadapkan dengan GPU top tier macam R9 390X (TDP 250 Watt, bahkan lebih gede lagi!), maka akan tetap lebih boros GPU nya.

Nah, makanya dalam membangun sebuah komputer, GPU jadi perhitungan paling besar dalam menentukan PSU. As i said before, GPU lah penyedot power terbesar, apalagi kalau dual GPU, triple, atau quad (itu listrik rumah sampeyan kuat gak?). So, sudah saya rangkum di bawah ini. Silahkan disimak baik-baik ya…

GPU PSU GUIDEYak, bisa dilihat bahwa ada beberapa informasi yang perlu saya jelaskan, yaitu:

1. TDP alias Thermal Design Power adalah kebutuhan listrik dari GPU yang tertera pada web resminya. Sedangkan PSU adalah Kebutuhan MINIMAL PSU yang saya sarankan, dengan asumsi bahwa selain GPU, Spesifikasi part-part lain juga disesuaikan dengan GPU yang ada.

Coba deh, gak mungkin kan masbro memasangkan GTX 980 pada komputer yang processornya Celeron? Asumsi yang tepat adalah PC tersebut menggunakan minimal i5 sebagai processor, beserta pelengkap-pelengkap lainnya yang juga memakan daya lebih.

Jika masbro nekat menurunkan minimal PSUnya, silahkan saja, tapi resiko ditanggung sendiri..

2. Mengapa AMD konsumsi dayanya lebih besar? Namanya juga AMD, menjual produk lawas dengan harga murah, namun konsumsi dayanya monster.. Khusus R9 380/285, iya bener itu saya gak salah ketik, TDP nya lebih hemat dari R9 280. Itu satu2nya produk AMD yang betul-betul baru dan juga baru rilis tahun kemarin. Sangat worthed untuk performa 1080p.
3. Masih terdapat beberapa produk yang spesifikasinya tidak diketahui. Well, untuk saat ini biarkan saja begitu, karena AMD belum merilis R9 Fury, dan R9 Nano.

4. PSU yang disarankan adalah PSU berkualitas yang memiliki sertifikasi 80+. JANGAN MENGGUNAKAN GUIDE INI UNTUK PANDUAN PSU BAWAAN CASING! (sori ya capslock, tapi ini penting!). PSU bawaan tidak sekuat PSU berkualitas, dan bukan hal aneh kalau nanti graphic-card nya stutter, throttling, asapnya ngepul, atau bahkan terbakar.

Apa itu angka 80+? Akan saya bahas di artikel lain. Stay tune.

5. PSU ANY artinya bisa menggunakan PSU apapun, karena TDPnya rendah. Tapi perlu saya sarankan untuk tidak membeli GT210 ataupun HD 5450, karena performanya luar biasa jelek. Dengan beda budget sebesar 300 ribu, anda bisa mendapat R7 240 atau GT 730 yang performanya 2x lipatnya. HD 5450/R5 230 setara dengan GPU integrated pada A4/A6 series lhoo… Makannya, mending beli APU nya kan… Harga sama, dapet processor juga…

6. Panduan ini diperuntukkan bagi mereka yang memasang 1 GPU saja, jadi kalau masbro mau pasang 2/3/4, silahkan tanya lebih lanjut.

Semoga bermanfaat
Keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

15 thoughts on ““MasJack, Graphic Card Ini Kuatnya Pakai PSU berapa Watt?” Simak Dulu Guide GPU-PSU Super Komplit Ini

  1. bro ane masang 780Ti
    tapi banyak game yang seharusnya enteng kerasa berat malah kliatan dia belepotan itu knp?
    psu ane RM 650 gold
    i7-4790
    1 ssd 1 hdd
    16gb ram

    • Secara PSU sih gak ada masalah, lhawong minimum PSU nya 550/600 W. Saya rasa masalahnya bukan di PSU, Mngkin bisa dirunut begini: PSU -> Motherboard -> Kabel -> Driver -> Software
      Coba bro cek menurut urutan itu. Kalo asumsi saya saat ini sih, drivernya yang kena. Kalau masalah serupa masih timbul setelah mengecek menurut urutan tadi, coba baca2 forum 780 ti owner di forum2..

      Kalo masih ada trouble juga? Kemungkinan.. produknya yang memang defect alias kesalahan produksi.. Semoga enggak ya bro.

  2. vga ane xfx hd 7770 tapi psu ane fsp hexa 400w sudah 3th aman2 aja om

  3. nanya lg omjack mengenai grafik card
    saya lg bingung tentang kapasitas vga
    apakah vga 1gb udah cukup ?
    perbandingan kapasitas ngarus banyak d perform kah ?
    bedanya 1gb sama 2gb di tipe yang sama itu apanya ya?
    trims

  4. Gtx 960 apa r9 380 mas jack??

  5. om jack performa gtc 970m sama 980m beda tipis apa ngak ?

  6. *ralat gtx

  7. bro, buat r9 390x bisa pake PSU 650W pure?

  8. om jack kalo saya beli vga GIGABYTE Radeon R7 250X dengan i3 6100k ngakat gak ya ?

  9. bang vga gue r7 250 2gb ddr5, power supply gue 380 watt ap bisa ?
    sedangkan spesifikasi VGA itu harus 400 watt bisa saya pake di 380 watt om ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s