jackalride

ride through the night

Menerawang Honda K56 A alias Sonic 150, Overall Bakal Kayak Apa Motornya?

Leave a comment

Hola folks

K56ASonic 150 sang motor ayam jago diperkirakan akan meluncur setelah kita menyantap ketupat dan opor. Berbagai penuturan narasumber dan spyshoot pun telah dikerahkan dan disebarkan via media-media otomotif ternama. Beberapa penonton mungkin berminat bahkan mulai menyisihkan cicilan untuk menebus ayago Honda yang telah lama ditunggu ini! Well, mungkin rekan jackalride masih bingung sama ini motor: “Kira-kira bagus gak ya? Cocok gak ya sama gua?”

Guys, kali ini masjack coba melakukan terawangan, seperti apa sih karakteristik si ayago ini nantinya? Check this out.

1. Dipepetkan pricenya dengan MX King dan Satria FU

Ketika Honda Sonic 150 FI ini nanti dirilis, pastinya akan dibanding-bandingkan dengan produk saingannya yang saat ini sudah bermain di pasaran, yakni Suzuki Satria FU dan Yamaha MX King. Saat ini FU sudah menyentuh price point 20 juta, sementara MX King masih anteng bermain di 19 juta. Kira-kira, Sonic 150 nanti akan ada dimana?

Menurut masjack, Honda akan bermain di price point 19.5 jutaan (yang kemungkinan mepet 20 juta), dengan sebuah varian tambahan (mungkin spoke wheel) yang akan mangkring di harga hampir 19 juta. Mengapa demikian? Karena Honda punya kebiasaan pricing yang lumayan rapih. Saat ini, di varian sport (yang mungkin nanti si Sonic 150 ini akan diposisikan di segmen ini) Honda sendiri, terdapat gap yang cukup lumayan antara Honda Verza (18.5 juta untuk varian Cast Wheel) dan Honda NMP FI (21.2 juta). Kemungkinan besar, memang pricing si Sonic 150 akan di sekitaran gap itu.

2. Wujud fisik yang serba lancip dan dual tone layaknya CB150R facelift

Sudah banyak kan, bocoran fisik mengenai si Sonic ini? Naah, kayaknya si Sonic 150 ini bakal menganut garis desain yang mirip dengan CB150R facelift nanti, sebab mengeluarkan dua produk yang punya similarity secara bersamaan, lebih menarik secara marketing.

Sama halnya kayak bagaimana Verza dulu dikenalkan tak jauh beda setelah CB150R launching. Fisik Sonic akan lancip layaknya CB150R, namun dibuat cocok dengan bentuk ayago agar bisa head-to-head dengan Satria FU. Pewarnaannya pun kemungkinan bakal dual tone layaknya Vario 150 dan CB150R.
3. Karakter mesin yang friendly

AHM sengaja meracik mesin baru untuk si Sonic 150 ini, yang berbeda karakter dengan CB150R maupun CBR150R, yakni jenis mesin Square DOHC. Karakter mesin Square ini adalah, performanya berada diantara mesin overstroke dan overbore, alias yang paling friendly untuk digunakan. Jika performa aktualnya sudah keluar, kemungkinan besar karakternya akan berbeda jauh dengan CB150R yang tarikannya powerful dibawah (akselnya hebat), namun top speednya kurang.

Sisi mesin yang ditonjolkan ini agaknya didasarkan karena kompetitor mereka juga mengerahkan mesin yang tidak main-main untuk kelas bebek sportnya, yakni MX King dengan mesin berbasis Vixion, dan FU yang berbasis FXR. Estimasi masjack, karakter Sonic 150 ini akan friendly namun powerful. Seperti apa aktualnya, kita tunggu aja test ridenya, ocee?
4. Riding position yang mirip FU tapi sedikit berbeda

Selain fisik dan mesin, kemungkinan besar segitiga mengemudi alias riding positionnya juga akan berubah dari basic Sonic lawas, dan juga berbeda dengan saingannya, yakni FU. Masalah riding position pasti juga masuk materi kajian AHM selama ini. Satria FU tergolong ramping, posisi duduknya racy, dan cocok untuk postur tubuh khas orang Indonesia yang mungil dan imut-imut. Lalu, kira-kira si Sonic in bakal kayak apa dong?

Ada kemungkinan, basis kenyamanan mirip-mirip sama FU walaupun cuman beda dikit. Yang berubah hanya di posisi kemudi dan footstep saja, selebihnya sama (kemungkinan). Ya maklum lah, mereka kan juga ngejar bobot ringan agar bisa bersaing performa sama FU.
5. Profil ban mirip FU

Satu lagi yang mirip FU, adalah profil ban. Sekali lagi saya katakan, mereka akan mengejar semirip mungkin karakter fisik FU agar performanya tidak begitu jauh di lapangan, ketika dua motor tersebut ditandingkan. Velg pun dibuat keren dan racy agar tak kalah dengan FU. Agaknya memang patut diakui bahwa dalam lini desain, AHM kelihatan lebih takut terhadap Satria FU dibandingkan… You know who lah.. MX King.

6. Soal Fitur?

Soal fitur sekiranya si Sonic bakal mirip dengan dua pesaingnya: dilengkapi monoshock yang bisa disetel, analog + digital speedometer, kapasitas tangki layaknya bebek (2-3 liter), dan tentunya belum mengaplikasikan pass beam. Layaknya sport Honda, motor ini hampir pasti gak punya engine kill switch. Lha, yang jadi senjata Honda pas launching motor ini kan teknologi injeksinya lagi nanti? Kayak gatau AHM ajah.. Hehe.

“Honda Sonic 150 FI, performa tinggi dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI yang terkini!! Gak kayak kompetitor yang masih belum injeksi dan yang baru belajar injeksi!”

Palingan gitu nanti….
6. Mudah dikorek performanya

Terakhir, si Sonic ini haruslah mudah dikorek performanya, sebab MX King (mesin Jupiter MX dan Vixion) dan FU, terkenal akan potensinya untuk ditingkatkan performanya melebihi kondisi standar pabrikan. Toh, nanti di jalanan maupun di sirkuit, si Sonic ini akan bejaban dengan MX dan FU. Di ajang-ajang balap seperti IRS nanti, akhirnya Honda memiliki jagoan true ayago baru yang bisa bertanding fair sama kelas dengan kedua saingannya nanti.

So, bagaimana? Kira-kira dapet bayangannya gak, si Sonic nanti bakal kayak apa? Semoga bisa memberikan masukan ya bagi para rekan jackalride.

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s