jackalride

ride through the night

AM1? Yeah, it’s that 25 watt APU.

Leave a comment

Hola folks

AMD_Kabini_boxedAM1 adalah socket untuk processor terbaru AMD saat ini, yakni Kabini APU series. Kabini series ini berbeda dengan APU lainnya karena hanya menggunakan listrik sebesar 25 watt! Saya akan coba bahas mengenai Kabini ini sedikit dimari, untuk menambah pengetahuan kita bersama.

Check this out!

AM1 Kabini adalah APU generasi terbaru AMD yang menggunakan socket yang berbeda dengan APU lainnya (FM2+), karena Kabini menggunakan socket AM1. Kabini berbeda jauh dengan Kaveri, karena Kabini fokus untuk menciptakan voltage consumption yang sehemat mungkin, alhasil Kabini hanya menghasilkan konsumsi listrik sebesar 25-30 watt untuk satu sistem! Walau sayangnya, Kabini masih menggunakan fabrikasi arsitektur 28nm, belum ada perkembangan dari Kaveri. Sama seperti APU pada umumnya, Kabini dilengkapi dengan integrated graphics yang bernama RADEON R3 Graphics.

it's the mighty PS4, but not quite.

it’s the mighty PS4, but not quite.

Mungkin bagi beberapa rekan jackalride, AM1 Kabini ini lebih dikenal dalam dunia game konsol, karena APU Kabini ini adalah APU yang digunakan dalam konsol PS4 dan XBOX One! Hanya saja, pada PS4, chipset AM1 yang berkode “Jaguar” dikombinasikan dengan HD 7870 melalui serangkaian sistem khusus, yang akhirnya membuat sekeping chip tersebut bisa menghasilkan performa tinggi walau dengan konsumsi daya rendah, dan tentunya tanpa bottleneck.

Terdapat empat seri Kabini yang beredar di pasaran saat ini, yakni: Athlon 5350, Athlon 5150, Sempron 3850, dan Sempron 2650.

am1-apus-100260181-origDari 4 seri Kabini tersebut terdapat variasi antara 4 core dan 2 core. Tentunya, 4 APU ini mempunyai clock yang kecil-kecil, tidak seperti kebiasaan AMD pada umumnya, yang menanamkan clock besar untuk chip-chip yang mereka produksi.

am1Soal performa, dinilai dari performa sintetis, AM1 Kabini ini sudah mampu untuk menggulingkan performa Intel Core2 Duo, tentunya dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah (65 watt VS 25 watt). AM1 Kabini ini pada hakikatnya dipasarkan AMD untuk melawan Intel Celeron J-series atau Baytrail.

AM1Bedanya, ketika Intel Baytrail menawarkan processor yang langsung disolder ke motherboard alias tidak bisa diupgrade, AM1 Kabini menawarkan processor yang bisa diupgrade alias tidak disolder ke motherboard. Satu lagi, Intel Celeron J tidak membekali processornya dengan HSF bawaan, sedangkan AMD Kabini membekali processornya dengan HSF secara cuma-cuma.

161e686ac43c1c05464337ca8023ec2bPada demonya ketika event gathering AMD-ERZ, Kabini 5350 ini ditest untuk menjalankan D.M.C: Devil May Cry pada setting Low dan resolusi HD, dengan framerate yang cukup baik.. namun perlu diperhatikan bahwa Kabini 5350 ini memiliki grafis bawaan yang cukup lemah, bahkan menurut saya. Jika rekan jackalride adalah pemain game kasual atau suka memainkan game-game yang berasal dari tahun 2011 kebawah, atau bahkan hanya membutuhkan PC dengan performa mumpuni yang bisa memainkan film-film HD/BluRay dengan harga yang murah, saya baru bisa menyarankan Kabini ini.

Radeon R3 (HD 8400) yang terdapat pada Athlon 5350 adalah setara HD 6450. Untuk varian Sempron? Tentu saja dibawahnya.

Radeon R3 (HD 8400) yang terdapat pada Athlon 5350 adalah setara HD 6450. Untuk varian Sempron? Tentu saja dibawahnya.

Pada dasarnya, beberapa motherboard socket AM1 menawarkan keleluasaan bagi anda untuk membenamkan Graphic Card PCI Express 2.0 ke dalamnya, namun hanya terbatas bagi graphic card entry level semacam GT 730, GT 630, GT 210, R7 240, atau R7 250. Kesimpulannya, ya memang bukan untuk enthusiast gaming.

R7 240, salah satu solusi GPU untuk Kabini.

Kekurangan Kabini adalah bahwa APU ini tidak support memory dual-channel. Ketika beban intens membebani processor, kekurangan ini baru akan terasa. Selain itu, Kabini juga sebetulnya sedikit nanggung, karena marketnya antara berada di PC atau Mobile. Sebagai processor dalam market PC, performanya cukup kurang mumpuni kecuali bagi penggemar HTPC, dan sebagai processor dalam market Mobile, konsumsi daya nya terlalu besar (Intel Baytrail hanya memakan daya 10 watt lho!).

Kabini sangat cocok untuk HTPC semacam ini.

Kabini sangat cocok untuk HTPC semacam ini.

So, apabila anda adalah penggemar HTPC dan membutuhkan solusi ekonomis untuk melakukan pekerjaan sehari-hari misalnya office work, multimedia, memainkan film HD/Blu-Ray, dan memainkan beberapa game ringan saja, Kabini ini adalah solusi yang tepat bagi anda.

“Produk terbaik adalah pilihan paling rasional yang anda berikan menurut situasi dan keperluan anda.”

Semoga bermanfaat, keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s