jackalride

ride through the night

Unboxing and Review Deepcool GAMMAXX 400 (1)

2 Comments

Hola folks

cpu-cooler-deepcool-GAMMAXX-400-box-1200p900Kali ini kita akan mengulas sedikit, mengenai unboxing dan pemasangan HSF (Heat Sink Fan) Deepcool GAMMAXX 400.
Check this out!

GAMMAXX 400 ini Jackalride tebus dengan harga 280.000 atau sekitar itu. Harga yang cukup “worth it” buat saya. Awalnya, saya justru berencana mengambil Enermax ETS-T40 TB, NZXT Respire T20, Thermalright True Spirit 120, atau bahkan malah Cooler Master Hyper 212 Evo. Sayangnya, yang tersedia saat itu hanyalah  GAMMAXX 400 ini, S40, Aegir yang harganya dah konyol banget (overpriced begitu masuk indo!) Gabriel, dan Lucifer (Gabriel dan Lucifer itu nama kipas processor lho 😆 )

Pertimbangan saya memilih gammaxx400 adalah karena harga yang terjangkau dan performa yang cukup recommended, bahkan menurut jagatreview, hsf satu ini berhasil membawa gelar best price/performance untuk HSF ekonomis yang ada di pasaran. Satu pertimbangan lagi, adalah bahwa saya menggunakan case murah Dazumba DE-808, yang ternyata setelah saya ukur-ukur, tidak mampu menampung HSF yang menggunakan fan diatas 12cm.. Kecuali casingnya dijebol, dan saya nggak mau melakukannya tentunya 😀

Okelah, ga lama, kita langsung ke unboxing aja ya

wpid-img-20150207-wa0002Packaging dari cooler ini terlihat cukup menarik, walaupun terpampang jelas di belakang kardusnya bahwa produk ini “MADE IN CHINA”. Informasi yang diberikan sangat mumpuni sekali, komplit, dan dituliskan langsung di belakang box nya (jadi kita tidak akan mendapat buku petunjuk penggunaan di dalamnya). Tapi packagingnya cukup bagus dan kita tidak akan merasa berat hati bahwa ini produk negeri Tiongkok.

Penutup box saya buka, dan isinya cukup rapih ya.. dan HSF nya tidak seringan yang saya kira 😆

Selain HSF, kita akan dibekali 2 bungkus plastik: satu plastik berisi thermal paste berikut beberapa baut kecil, dan satu plastik lagi berisikan 3 jenis retention clip yang akan digunakan untuk menahan cooler besar ini di motherboard. 3 jenis retention clip tersebut men-support 3 socket berikut:

1. LGA 2011
2. LGA 775/1150/1155/1156/1366
3. FM1/FM2/FM2+/K8/AM2/AM2+/AM3/AM3+

Basically, cooler ini mampu dipasang pada hampir semua socket motherboard yang ada di pasaran saat ini. Sebuah pilihan cooler yang versatile buat saya. Bahkan, deepcool menyertakan holder untuk fan tambahan secara cuma-cuma, lumayan lah.

Okey, step by step saya cantumkan berikut ini ya

1. Buka casing samping PC anda. Saran saya, lepaskan motherboardnya dari casing, agar memudahkan proses penggantian HSF.

wpid-img-20150207-wa0015.jpeg2. Lepaskan HSF yang ada di motherboard anda. HSF yang kebetulan menempel di motherboard saya adalah HSF bawaan dari AMD Athlon X4 860K, yang sorry to say, performanya cukup jelek. Copot fan dengan melepaskan dua retention clip di sisi kanan dan kiri processor.

wpid-img-20150207-wa0017.jpeg3. Setelah itu, bersihkan processor anda dengan media pembersih. Saya secara personal menggunakan tissue yang dicampur dengan alkohol, dan hasilnya cukup bersih. Usahakan bersihkan sebersih mungkin, karena kita akan menggunakan thermal paste baru… dan dikhawatirkan bila anda kurang berhati-hati membersihkannya, thermal paste lama dan baru akan bercampur dan mengakibatkan pendinginan yang tidak optimal.

wpid-img-20150207-wa0019.jpeg

bersihkan dulu…

wpid-img-20150207-wa0021.jpeg

kinclong deh… (y)

4. Berikan thermal paste secukupnya pada processor. Kira2 berikan sebesar dua ujung pensil.

yak, mari kita siapkan balsem otot... eh maksudnya thermal pastenya. Awas jangan ketuker sama bumbu indomi.

yak, mari kita siapkan balsem otot… eh maksudnya thermal pastenya. Awas jangan ketuker sama bumbu indomi.

kebanyakan ya kayak gini hahaha

kebanyakan ya kayak gini hahaha

kemudian ratakan ke seluruh permukaan processor

kemudian ratakan ke seluruh permukaan processor

5. Beralih ke HSFnya, karena saya akan menggunakan socket FM2+, maka saya akan menggunakan retention clip AMD universal.03

pasangkan retention clip dengan memposisikan 4 lubang yang ada di clip agar pas dengan yang ada di HSF

pasangkan retention clip dengan memposisikan 4 lubang yang ada di clip agar pas dengan yang ada di HSF

wpid-img-20150207-wa0011.jpeg

wujud jadi. Kepala clipnya menghadap ke bawah ya.

lepaskan stiker penutup bagian bawah HSF, karena bagian ini nantinya yang akan menempel di processor.

lepaskan stiker penutup bagian bawah HSF, karena bagian ini nantinya yang akan menempel di processor.

6. Pasangkan HSF ke motherboard anda, caranya sama persis dengan cara anda memasangkan HSF bawaan processor anda.

dan akhirnya pendingin siap beraksi!

dan akhirnya pendingin siap beraksi!

Untuk review performa saya akan perlihatkan di artikel part 2. Stay tune!

Semoga bermanfaat
Keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

2 thoughts on “Unboxing and Review Deepcool GAMMAXX 400 (1)

  1. itu hfsnya mepet ram ga gan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s