jackalride

ride through the night

Gathering AMD-erz Yogyakarta: Nambah ilmu, nambah teman, nambah bocoran

2 Comments

Hola folks

wpid-dsc_0313.jpgKemarin lusa, masjack diberi kesempatan untuk menghadiri gathering AMD-erz, yakni salah satu komunitas AMD di facebook, dan acara tersebut kebetulan dilaksanakan di Yogyakarta Hadiningrat.. Waktu itu, kabarnya tempat terbatas. Wow, segera saja masjack registrasi dan ikut gabung di acara tersebut.

So, ada hal menarik apa? Banyak tentunya. Check this out!

Oke, jadi ketika Jackalride tiba di lokasi, acara sudah memasuki pembukaan. Saat itu jam menunjukkan pukul 18:45, ngaret 45 menit dari jadwal semula akibat hujan deras menerpa Yogya kala itu. Acara pembukaan ini diisi oleh perwakilan dari AMD dan Corsair. Hubungan “mesra” antara AMD dan Corsair nampaknya sudah berlangsung cukup lama dan langgeng.. Well, skip this eh.

Setelah pembukaan selesai, kami lanjut ke screening slideshow. Cukup banyak hal yang dijelaskan oleh AMD dari slide ini, walau kebanyakan sudah saya liat di internet juga sih.. misalnya nih: Kaveri itu apa, GCN itu apa, Mantle itu apa, dll dst dsb. Begitu masuk ke tengah-tengah, pembahasan jadi lumayan seru. Berikut jackalride paparkan per poin:

1. DX12 akan cukup menguntungkan AMD

directx-12Kalo rekan jackalride suka mengamati jagat informasi komputer di dunia maya, maka rekan sekalian akan tahu bahwa microsoft akan mengimplementasikan DirectX 12 pada windows 10 mereka nantinya.. dan DX12 ternyata cukup mengejutkan. Cukup mengejutkan dan menguntungkan untuk AMD. Waduh, gimana tuh? Akan saya jelaskan di artikel terpisah. Stay tune.

2. Terdapat 3 pilar processor AMD saat ini: Vishera, Kaveri, dan Kabini

AM1? Apa itu?

Terdapat 3 pilar AMD saat ini, yakni Vishera (AM3+/FX) sebagai Powerhouse alias pure performer, Kaveri (FM2+) untuk best price/performance balance, dan Kabini (AM1) sebagai low-voltage solution dan compact PC.
Untuk Vishera dan Kaveri sudah sering saya bahas ya. Mungkin yang masih asing di telinga rekan Jakcalride adalah Kabini atau AM1. Akan saya bahas di artikel lain, panjang soalnya. Simak terus ya.

3. Athlon 5350 Kabini dan Athlon X4 860K Kaveri menjadi bintang tamu khusus malam itu

Pada malam itu, Athlon 5350 (AM1) dan Athlon X4 860K (FM2+) menjadi bintang tamu khusus yang diperkenalkan ke audiens. 5350 diperkenalkan sebagai low voltage & compact PC solution, sedangkan X4 860K menjadi solusi untuk overclocker murah meriah. Oh iya, kedua processor ini sudah 4 core. 5350 bisa ditebus dengan harga 600-an ribu, dan 860K bisa ditebus dengan 1 jutaan.

4. Solusi compact PC: Kabini.

wpid-dsc_0324.jpgNah, ini cukup unik. Waktu itu kami ditunjukkan sebuah PC micro ITX yang memiliki tinggi sebesar botol air mineral. PC ini menggunakan Athlon 5350 Kabini dan hanya mengkonsumsi daya sebesar 25-30 watt. Kecil sih, walau Celeron Baytrail (Celeron J) juga mengkonsumsi daya serupa bahkan lebih rendah.

wpid-dsc_0322.jpgNah, pada presentasinya, PC ini digunakan untuk bermain D.M.C. (Devil May Cry) dan bisa berjalan cukup normal pada setting Low. But, seriously, it’s just D.M.C. Netbook pun bisa jalanin game itu bro. Melihat speknya sih, saya rasa memang iya peruntukan PC kecil ini bukan buat game2 berat, namun lebih ke daily usage yang performa grafisnya lebih hebat dibanding kompetitor.

buat main ini…?

But it’s not necessarily gaming, bukan harus dipanjer main game berat hanya karena grafiknya bagus sih sebenrnya. Haha. Still good though.

5. Beberapa sesepuh enthusiast overclocking hadir dan mempraktekkan overclocking dengan Athlon X4 860K

wpid-dsc_0326.jpgAMD malam itu menghadirkan salah satu sesepuh Overclock processor AMD.. duh saya lupa namanya 😆
Anyway, beliau adalah seorang overclocker yang telah berhasil menggenjot Athlon X4 860K ke 8.0 Ghz dengan CoreVoltage 1.75. Pada ujicoba yang kemarin diperagakan di hadapan kami, kira-kira seperti inilah kelengkapannya.

wpid-dsc_0327.jpgPada ujicoba tersebut, processor tersebut dipasangkan pada ASUS A88X-Gamer, dengan Digital Alliance R9 290 sebagai performer grafis, dua keping memory Radeon dan SSD Radeon, serta PSU Corsair TX-950. Dengan hardware tersebut, 860K digenjot hingga 4.2 Ghz dengan RAM dinaikkan frekuensinya ke 2400Mhz dari awalnya yang 1600Mhz, dengan Latecy 10. Cukup edukasional.

=========================================================================

Dan yang paling penting, makan-makan brooo

nasi brongkos, tongseng sapi, njangan lodeh, sate ayam, es dawet.. maknjosss!

nasi brongkos, tongseng sapi, njangan lodeh, sate ayam, es dawet.. maknjosss!

Semoga bermanfaat. Tunggu artikel selanjutnya yaa
Keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

2 thoughts on “Gathering AMD-erz Yogyakarta: Nambah ilmu, nambah teman, nambah bocoran

  1. btw bagusan mana sih intel sama amd??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s