jackalride

ride through the night

Impresi Fisik & Performa Honda Vario Techno 150: A Powerful Sexy Curvy Girl

5 Comments

Hola folks

11030342_10206120574958014_478350171_o

…plat nomernya kok kayak nama processor…?

kali ini Jackalride mendapatkan kesempatan untuk me-review Honda Vario Techno 150. Alhamdulillah, unit yang berhasil masuk ke pengujian Jackalride kali ini adalah varian exclussive white, yang menurut saya sangat bohay, seksi abis, dan elegan.

Bagaimana test ridenya? Check this out wae lah rasah suwe2 brosis 😆

Impresi Fisik
Berbekal lini desain body yang merupakan kombinasi desain antara Vario Techno 110 karbu dan Vario Techno 125 FI, sang skutik berbadan besar ini tampil sebagai primadona baru jajaran matic 150cc di Indonesia. Sebagai salah satu trend-setter, tentunya motor ini harus mempromosikan hal-hal baru dari trend varian di bawahnya.

varian-exclusive-pearl-whiteFirst impression secara fisik, adalah memang si Vario 150cc ini badannya gede, dan memang akan terlihat gede dari manapun rekan jackalride melihatnya. Mengusung bentuk desain body yang semi-agresif, Vario Techno 150 ini masih mempertahankan style Honda di matic. Menariknya, walaupun Vario Techno 150 versi Exclussive White ini hadir tanpa balutan stiker, aksen putih polos dan adanya emblem membuat jackalride menyimpulkan bahwa inilah varian Vario yang paling elegan dan joss secara desain saat ini..! two thumbs up

Beralih ke detail.

11002313_10206120575158019_898261641_oLampu depan, yang amat mengingatkan pada Vario Techno 110 lawas, namun dengan versi yang disesuaikan dengan tubuh Vario 150 yang besar dan menonjol. Ketika menyala, 4 lampu led menyorotkan cahaya putih yang dijamin bakal menambah kegantengan si badan gede ini. Stoplamp atau lampu belakang, walau senada dengan lampu depan dan desainnya bagus, menurut saya kurang besar.. Tapi itu preferensi pribadi juga sih.

Speedometer, menggunakan kombinasi warna hitam sebagai base dan biru tua untuk aksesoris. Font angka yang digunakan cukup firm dan modern. Kesan yang ingin ditonjolkan adalah futuristik, lalu fungsionalitasnya? Kita bahas di performa, oke?

Handle gas, tuas rem, dan jalu stang masih menggunakan common part dari Vario 125. As usual, memang cukup nyaman untuk digenggam dan memudahkan manuver.

11009702_10206120574718008_1815279362_oJok tempat duduk yang cukup lebar benar-benar memanjakan pengendara plus boncengersnya. Jok ini lebih lebar dibandingkan dengan Vario 125, tentunya. Space untuk mengistirahatkan kaki juga cukup luas dan nyaman, untuk kisaran rata-rata tinggi orang dewasa normal (165-175cm, selebihnya mungkin akan dijumpai beberapa posisi yang kurang nyaman).  Kombinasi tersebut, sayangnya diramaikan dengan shockbreaker belakang yang cenderung lebih keras dibandingkan dengan Vario 125. Saya nggak tau ya pendapat rekan jackalride gimana, tapi beberapa rekan-rekan KOBOYS merasa bermasalah dengan hal tersebut. Sebaliknya, saya malah merasa bahwa shock keras ini menjadi faktor plus lainnya, yang nantinya akan menunjang kenyamanan dan keamanan ketika mengemudikan Vartech 150 ini.

11028440_10206120574518003_1317007299_oBagian kaki-kaki Vario 150 pun cukup keren untuk desain Velg.. AHM mengaplikasikan velg Enkei 14 inch yang berbentuk mirip dengan moge CBR600R Tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Ban tubeless merk Federal FT235 pun diaplikasikan untuk menemani velg Enkei, dengan ukuran 80/90-14 untuk ban depan, dan 90/90-14 untuk ban belakang.

Sorry to say, Vario ini masih menganut build quality AHM yang as-usual-begitu-adanya. Material plastik terlihat kurang mumpuni untuk produk seharga 20 juta walau secara desain pastinya rasa gregetan di hati akan terobati. Jika anda merasa bahwa material plastik di beberapa tempat “harusnya bisa lebih tebal”, maka anda sependapat dengan saya.

Impresi Performa

Setelah diserahkan kunci Vario Techno 150, saya pun mulai menyalakan si gambot seksi ini. Rute test ride yang saya ambil adalah Yogya-Wates dengan estimasi jarak 40km. Bahan bakar yang digunakan adalah pertamax.
Menyalakan Vario Techno 150 memiliki unsur surprise tersendiri, dimana si sexy ini tidak mengeluarkan suara ketika di starter, mirip dengan adik-adiknya yakni Beat dan Vario 125. Pengaplikasian ACG starter adalah pilihan yang tepat.
Hebatnya, mesin pun tetap silent alias senyap ketika motor sudah berjalan. I like it! Kira2 Vario ini hanya mengeluarkan kebisingan 20-30db, alias setara dengan bunyi orang yang bercakap-cakap.. Ketika dipacu di 80km/jam pun mesin tetap silent alias senyap.

10923496_10203686717621639_1539491183097336438_nJika saja motor ini memproduksi getaran apapun ketika dipacu kencang, anda tidak akan sadar bahwa mesinnya menyala.
Mengenai tenaga, saya sendiri gak apal horsepower maupun torsinya, wkwkwk. Namun saya bisa bilang bahwa Vario Techno 150 ini tenaganya padat bangeets, geberannya walau silent, mampu mengangkat 3 penumpang sekaligus dengan total bobot 200kg, melalui jalan berbukit, tanpa mengalami kesulitan apapun.

Test ride yang jackalride lakukan pun membuktikan bahwa Vario Techno 150 ini mampu mencapai 90 kmpj dengan ecess.. Nggak butuh extra effort untuk mencapai speed segitu. Walau begitu saya tetep gak menyarankan dipake emak-emak ke pasar.. Terlalu powerful boss 😆 Kalo buat touring boleh laaah.

Top speed Vario Techno 150 ini ada di kisaran 110 kmpj.. Bukan topspeed yang tinggi, tapi sepertinya menjadi penjelasan mengapa tarikan si sexy ini begitu mengisi.

Di jalan, ISS alias Idling Stop System, akan mematikan mesin sementara apabila setelah 5 detik motor mengalami idle alias tidak di gas. Ketika selap selip.. Ealah kok malah mati motore :lol:, lama2 sebel saya.. Saya matiin aja ISS nya hahaha

Pengaplikasian riding style yang merupakan turunan dari Vario 125 pun pilihan bagus, sebab dari kenyamanan akan tetap terjaga walaupun memacu si sexy ini pada kecepatan tinggi. Handle grip yang familiar dari common part dengan si 125 pun memberikan nuansa kenyamanan yang, as usual, baik sekali. Sisi pengereman, tidak kalah asiknya, karena sudah mengaplikasikan CBS atau Combi-Brake System. Rem cukup pakem, and that’s it. Walaupun, si sexy ini kurang lincah bila dibandingkan adek-adeknya, mungkin karena mengaplikasikan body yang lebih panjang.

wpid-img-20150221-wa0010Performa kaki-kaki, saya rasa bahkan lebih dari cukup. Ketika ngebut, selap-selip, melewati jalanan pedesaan, dan juga melewati lumpur pasar, mantep deh pokoknya. Tidak ada gejala geal-geol kayak mbak duo serigala, handling selalu mantep, dan motor pun tidak oleng ketika menghajar bolongan jalan sedalam 10cm. Ini yang saya suka dari shock keras.
Motor pun tiba di waduk Sermo, Wates, untuk syuting KARS-TV bersama sedulur KOBOYS. Si sexy pun saya standar sampingkan (dengan fitur SSS – Side Stand Switch, ketika distandar samping, motor langsung mati), dan PBL (Parking Brake Lock) saya pasang. Sejauh ini, kedua fitur itu berguna banget untuk parkir fleksibel di segala medan.

tidak ada geal geol seperti mbak dua ini.. ups

So, bagaimana kesimpulannya?

Kesimpulan
Vario Techno 150 adalah motor yang bagus, it’s so frickin sexy, it packs a lot of punch, and it fulfills your need (seksi, bertenaga, dan cocok untuk anda).
====================================================
The Fun (+)
– A silent engine, anda tidak akan sadar bahwa mesin motor ini menyala, atau bahkan meraung di rpm tinggi.. Sebuah ketenangan ketika mengemudi

– Kenyamanan, baik dari segitiga mengemudi, footrest, karakter mesin.. Motor ini sangatlah nyaman.. Seriusan!

– Solid performance, tarikan ngisi dari atas sampai bawah, bukan tipe motor yang akan keteteran menghadapi bobot berat, kuat di segala medan, dan tentunya topspeednya mudah dikail.

– Potensial dikorek, cukup modifikasi ECU anda dan motor ini akan mulai terbang.

– So sexy, desain body yang elegan dan saya suka banget.

– Kaya fitur, yakinlah fiturnya tidak akan membuat anda kecewa.

The Nuf (-)
– Material plastik yang kurang mumpuni, sayangnya. Too many unnecessary weak plastics on several parts. Padahal, jika masalah material ini tidak ada, saya berani merekomendasikan Vario 150 sebagai best price/performance matic saat ini juga ke pembaca sekalian. It’s just an inch away from total victory…!

– Pricing. Harganya masih sedikit mahal untuk mata saya.

=============================================================================

Semoga bermanfaat

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

5 thoughts on “Impresi Fisik & Performa Honda Vario Techno 150: A Powerful Sexy Curvy Girl

  1. Ini bkn diperkosa lg tapi dithreesome… hrehe….

  2. masukin helm fullface ke boxnya masuk ga? Jendolan dilantai boxnya mecurigakan soalnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s