jackalride

ride through the night

Rumor: AMD Zen + Excavator on socket FM3

5 Comments

Hola folks

s_82a5198691194742a9b1700dfa996973Dapet rumor lagi, kali ini dari web China. Mungkin para AMD-erz sudah gatal menunggu bangkitnya AMD ditengah adikuasanya produk-produk Intel. Kali ini, ternyata processor penerus gen FX series akan muncul di socket baru yang bukan seri AM, namun FM yang merupakan socket APU. Lebih hebohnya lagi, di socket tersebut, juga kompatibel APU seri baru penerus socket FM2+..

Check this out!

10953866_937824909574803_194388171124648087_nOkey, bisa dilihat disini bahwa chip baru dari AMD ini akan meluncur pada kuartal ketiga tahun 2016, masih cukup lama bukan. Selama itu fans AMD harus merasa cukup dengan Vishera series dan.. Oh! ternyata di socket FM2+ nanti ada update APU series baru yakni seri 8xxx yang berkode “Godavari”.. Dan tentunya, APU baru ini akan muncul di tahun 2015 ini..! Mungkin APU inilah yang ditunggu2, bukan APU Carrizo.

Dua chip baru, yakni Summit Ridge (Penerus FX Vishera) dan Bristol Ridge (Penerus FM2+ APU) akan berada di satu socket yang sama, wah ini super sekali, satu socket untuk dua arsitektur, yakni x86 Zen yang sudah menggunakan litografi 14 nm (untuk mengekor Intel Skylake yang sudah menggunakan arsitektur 10 nm nanti), dan x86 Excavator yang menggunakan litografi 28 nm, sama dengan APU Kaveri saat ini. Hmmm, mengapa masih menggunakan 28 nm? Alasan paling rasional adalah karena AMD harus mencocokkan ukuran die processor dengan die graphics dari graphic card Radeon R series saat ini yang masih menganut 28 nm (termasuk nanti Radeon R 300 series juga pake 28 nm).

Zen memiliki core maksimum 8 core, dan Excavator maksimum 4 core. Oh iya, keduanya sudah support RAM DDR4. Bersiaplah merogoh kocek lebih dalam.

Semoga bermanfaat. Untuk info selengkapnya bisa mencari sendiri di mydrivers.net atau kunjungi grup AMD-ERZ di facebook.

Keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

5 thoughts on “Rumor: AMD Zen + Excavator on socket FM3

  1. berarti udah fix kalau socket AM bakal punah diganti FM ya…

    bro jackal berarti ga salah beli mobo tu, tinggal upgrade procie aja berarti… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s