jackalride

ride through the night

Keberadaan Vario 150, jika tidak segera ditalangi, akan memangsa pangsa pasar Bebek dan Sport..

1 Comment

Hola folks

Tergelitik menulis, kali ini JCR akan sedikit mengomentari positioning Vario 150 ESP sebagai skubek atau skutik lokal yang cc nya paling gede (150cc) dan juga harganya paling mahal. Naasnya, Pricing dan positioning produk skutik AHM secara general, nampaknya berpotensi memangsa produk bebek dan sport AHM..

Lho, kenapa memangnya, kok bisa?

Pertama-tama.. Seperti yang saya ramalkan tahun lalu.. Kira-kira tahun 2014 lalu, persepsi orang-orang mengenai hierarki prioritas pembelian produk motor itu kan seperti ini:

1. Motor Sport + Hyper Underbone
2. Motor Matic
3. Motor Bebek

Nahh, saya rasa, 2015 ini nanti berubah seperti ini.. karena saya ramalkan bahwa tahun ini adalah tahun dimana matic berpotensi meng-overtake tahta sport sebagai prioritas tahta motor.. Jadinya seperti ini nanti:

1. Motor Skutik + Skutik Premium
2. Motor Sport
3. Hyper Underbone
4. Motor Bebek

Lho kok bisa, motor matic meng-overtake sport dan memangsa pasar bebek?

Bukan mustahil. Vario 150 mencoba membuktikan bahwa matic bisa menyentuh price point 20 juta, sebuah threshold alias ambang batas harga motor.. Coba dipikirkan.. Ada matic yang harganya bukan “belasan juta”, namun harganya 20 juta. Ngalahin Verza dan harganya bejaban sama New Megapro. Mungkin ada yang harganya masih di 19 an juta, ah tapi dealer mana sih yang gak naikin harga 😆

Dengan harga 20 juta, bahkan Vario 150 lebih bergengsi daripada beberapa sport, dan tentunya lebih kaya fitur, apalagi lebih nyaman untuk dibawa bersama keluarga. Bentuk lebih keren dan asik dibanding bebek, apalagi berani adu jarak jauh. Makin kesini, orang nggak akan terlalu mikir gengsi karena pada dasarnya fungsionalitas akan makin dipertimbangkan. Oleh karena itu, seperti yang saya bilang, bukan tidak mungkin, matic akan overtake sport dan akan menenggelamkan bebek jika tidak dihandle dengan benar.

Salah satu fakta yang cukup mengkhawatirkan.. Adalah price point batas bawah dan batas atas matic AHM yang kini meng-cover seluruh price point bebeknya dan bahkan mengcover sportnya. Harga Honda Revo FI 13 jutaan, dan cuma beda 200 ribu lebih murah dibanding Beat FI ACG, dan pastinya kebanyakan orang pilih Beat. Vario 125 harganya setara SupraX dan bahkan beda tipis dengan Verza, nah di price point 16 jutaan ini masih bisa saling bersaing lah (lupakan saja Blade). Pada price point 20 juta, nah ini bakal parah, soalnya Vario 150 yang sama2 150cc bakal pukul-pukulan sama Megapro, Byson, dan tentunya Verza.. (Thunder 125 gimana??)

Walhasil, saya rasa munculnya Vario 150 ini seperti pedang bermata dua, double edged sword.. Di sisi lain memakan market sendiri, dan di sisi lain, bisa dipakai untuk memakan market kompetitor..
Semoga bermanfaat
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

One thought on “Keberadaan Vario 150, jika tidak segera ditalangi, akan memangsa pangsa pasar Bebek dan Sport..

  1. tulisan menarik, apalgi soal sindiran ke thunder. hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s