jackalride

ride through the night

Kematangan identitas desain produk

4 Comments

Hola folks

Tampang sebuah produk bisa dikatakan sebagai validitas rupa, atau kecocokan rupa fisik sebuah benda. Di zaman ini, semua hal harus menarik secara fisik.. Dari smartphone, motor, part pc, bahkan sampai sampul buku matematika SD pun harus menarik atau yang bahasa bisnisnya: “eye catching”.

Pada dasarnya, proses impresi fisik ini adalah hal yang melibatkan aspek afeksi manusia (perasaan) mengenai penilaian rupa bentuk.. Jadi bukan hal yang mudah dideskripsikan secara logika.

Desain pun tak selamanya harus diterima semua orang.. Selalu ada pro dan kontra, yang penting bagaimana membawanya ke arah yang lebih positif.

Terkadang, yang penting dari sebuah desain produk bukanlah hebohnya produk itu saat dirilis, namun yang penting adalah konsumen tahu bahwa itu adalah produk anda..

Konsep tersebut bisa diterapkan dalam menganalisis Vario Techno 150 dan Soul GT 125 sebentar lagi akan rilis. Ketika sebuah unit yang akan dirilis terkuak ke publik.. Otomatis, yang pertama kali kita simak adalah: bagaimana bentuknya?
Nah, kedua motor ini menurut JCR sudah mengukuhkan identitas desain dari kedua pabrikan.. Yakni desain kalem dan elegan dari Honda.. Plus desain agresif dan kompleks dari Yamaha. Keduanya memiliki sisi plus minus masing-masing.. Beda orang beda pendapat kan ya.

Kenapa kedua produk ini dinyatakan sebagai simbol kematangan, lhawong honda sama yamaha dari dulu memang gitu desainnya?

Nah.. Menurut perspektif Jackalride/JCR.. Sejauh ini kedua pabrikan baru mulai konsisten memiliki “style” tertentu untuk menjadi pakem desain produknya nanti seperti apa.

Kedua produk ini juga adalah peak design saat ini dari kedua pabrikan. Dengan kata lain, pada lini matic, dengan desain yang mengikuti identitas masing-masing.. Desain kedua produk ini adalah yang terbagus bagi masing-masing produsen. Saat ini lho.

Sekian opini saya.. Semoga bermanfaat
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

4 thoughts on “Kematangan identitas desain produk

  1. Menurut selera saya, yg bagus bntuknya itu piaggio zip 100. Karna kayaknya bisa dimuatin 1 galonan air. Percuma kan motor belasan juta kalo buat galonan air aja gak muat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s