jackalride

ride through the night

Impresi Total Test Ride TVS Apache 180 RTR: How to tame your inner beast! [Part 2: Test ride]

1 Comment

Hola folks 😀

IMG-20141225-WA0020

Kita lanjut yuk. Untuk impresi performa, jackalride menggunakan rute Balaraja-Tangerang sebagai jalur test. Seperti apakah hasilnya? Check this out.

Impresi Performa

Mesin pun saya nyalakan, engine kill switch saya sambungkan. Electric starter saya tekan dan engine mulai meraung. Kesan pertama saya, mesinnya masih relatif kasar jika dibanding motor jepang.

Tarikan awal setelah saya melepas kopling, kok terasa kurang enak ya.. Ternyata bannya gembos 😆

IMG-20141225-WA0018

Yasudah, saya jalan sedikit hingga menemukan pom bensin dan akhirnya isi angin (gratis) disana. Pas saya parkir dan mencoba menetralkan gear, ternyata si RTR ini netralin giginya susah juga ya, perlu pembiasaan. Butuh sedikit effort, dan akhirnya si gear pun tunduk ke lampu ijo.. Saya pun meneruskan test ride, setelah mengisi si RTR dengan bahan bakar pertamax sebanyak 50 ribu rupiah (wuih, tutup tangkinya rata…).

(Setelah bannya diisi angin), RTR ini ternyata tarikan aslinya cukup agresif. Mengingatkan saya pada tarikan Old Vixion yang galak pada RPM bawah.. Plus karakter throttle yang entah gimana caranya lumayan smooth, saya rasa ada pengaruh karakter New Megapro juga disini. Throttle pun mudah dibejek dalam-dalam. Walaupun ketika anda membejek throttle, dari rpm 4000-5500 atau sekitar itu, getaran mesin yang sampai ke tangan akan menyapa anda.. Tapi kalo dibawa jalan, rpm 6000-8000 itu gak kerasa getar kok.

Karakter gear 1-2-3 cukup bersahabat dan nafasnya cukup panjang. Pada gear 1 saya mendapatkan 40 kmpj sebagai topspeed tanpa maksa, gear 2 dapat 60 kmpj, gear 3 sekitar 85 kmpj dan akhirnya menyentuh 100 pada gear 4. Itupun sebetulnya saya agak males karena pada rpm 8000 keatas, getaran tidak hanya menyapa tangan anda, namun juga kaki anda.. Dan itu rasanya geli-geli gimanaaa gitu. Saya menyerah setelah mencapai 100 kmpj, its alright i guess.

Silahkan tes sendiri karakter gear 5 nya, tapi saya rasa ga jauh beda sama gear 4. Kekuatan motor ini ada di 3 gear awal menurut pengamatan saya… Karakter touring yang akselnya njambak, plus torsi yang besaaar.. A nice combination.

Rute Balaraja-Tangerang pagi itu dipenuhi sekelompok angkutan umum yang nyetir sakpenake udele dhewe (seenaknya sendiri), dan juga beberapa truk dan bis-bis besar. Saya berusaha untuk nyetir dengan aware dan safety. Rem depan cukup pakem, dan rem belakang mampu menambah kepakeman walau harus diinjak cukup dalam. Good job.

IMG-20141225-WA0016

Nah, selanjutnya.. Bagian yang cukup jackalride apresiasi sekali adalah bagian suspensi. Suspensinya enak bro! Mengingatkan saya pada suspensi Tiger.. Namun RTR ini suspensinya bantingannya lebih empuk, plus tetap bisa menjaga biar nggak ambles.. Jalanan yang kayak bumbu pecel diulek pun dilibas dengan eces, dan tetap nyaman. Suspensinya “iku iku kimochi” banget dah.. :mrgreen:

Ban dengan karakter profil 90/90 untuk depan dan 110/80 untuk belakang, cukup stabil di jalanan.. Walaupun bila bertemu jalanan yang karakternya basah atau banyak pasir, dia akan potensial ndlosooorrrr..

Terakhir, si RTR ini kayaknya tidak selincah motor sport pure, karena memang karakternya lebih ke touring. Sudut putar stang tidak sejauh motor sport semacam vixion tentunya. Di jalan pun, butuh sedikit effort tambahan untuk main tekak-tekuk dan zigzag (dan untuk menaklukan beratnya).

Kesimpulan?

Dengan harga 18 juta, motor ini tergolong worthed untuk dijadikan sahabat touring jarak jauh anda. Kenyamanan tergolong mumpuni dengan suspensi dan kestabilan, serta handle yang baik, plus jok yang tebal. Karakter mesin pun memiliki tarikan yang mantap dan responsif. Bobot motor pun ternyata menyumbang kestabilan, dan berkemudi jarak jauh menjadi makin menyenangkan.

Jangan remehkan kualitas Indianya, karena walaupun masih membutuhkan beberapa perbaikan di sektor kenyamanan (misalnya masalah getaran), performance-wise atau dari sisi performa tidak kalah dengan motor-motor jepang. Andai saja sisi kenyamanan diperbaiki (masalah getar, ban yang masih rada licin, dan bunyi mesin), saya bahkan berani merekomendasikan motor ini diatas New Megapro dan Byson (dan Thunder 125 :mrgreen:).

The Fun (+)
# Karakter sport touring yang bersahabat
# Nyaman untuk jarak jauh, dan torsinya pun galak, cocok di segala medan
# Ditunjang oleh suspensi yang mumpuni banget
# Menyenangkan untuk dikendarai.. Cukup nagih. Motor yang bersahabat.
# Stabil ketika dikemudikan (mungkin faktor berat menyumbang kestabilan ini).
# Speedo yang mudah dipantau

# Tarikan ala karbu yang responsif

The nuF (-)
# Beratnya lek.. (Abot tenaaan)
# Masalah getar-getar yang hadir pada rpm bawah dan rpm tinggi (rpm tengah enggak)
# Material plastik bagian tail alias buritan masih bisa diperbagus
# Tidak untuk yang suka banyak manuver di jalan.
# Tidak semua orang klop sama bentuk fisiknya.. India bangets brohsis
# Ketersediaan dealer dan service resmi, serta suku cadang.

# Masih karbu

================================================
Semoga bermanfaat
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

One thought on “Impresi Total Test Ride TVS Apache 180 RTR: How to tame your inner beast! [Part 2: Test ride]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s