jackalride

ride through the night

Confirmed! Intel menggunakan socket 1150 untuk Broadwell dan 1151 untuk Skylake, sedangkan AMD tetap menggunakan socket FM2+ untuk Carrizo..!

5 Comments

Hola folks

Perbedaan AMD dan IntelBilangnya sih ga update dulu.. Tapi apa daya pengen update info satu ini.. mungkin ada yang butuh, hehe.
Pada tahun 2015 nanti, pertempuran produsen CPU akan makin seru. Berikut infonya.

CPU_Roadmap_Dezember_2014_2-pcgh

dikutip dari pcameshardware.de

Intel, akan mengeluarkan Broadwell pada akhir tahun 2014 hingga Q1 2015 (Quartal 1 tahun 2015) untuk platform mobile, dan disusul Broadwell-S pada Q2 2015 dan Broadwell-K (seri overclocker) pada Q3 2015. Broadwell series masih menggunakan DDR3 RAM, dan kemungkinan besar Broadwell dapat dipasangkan pada Motherboard yang mendukung seri Haswell Refresh.

Broadwell sudah menganut fabrikasi 14 nanometer.. sebuah lompatan jauh dari Haswell yang menggunakan teknologi 22 nanometer.

Tak hanya itu, Skylake pun akan menyusul setelah Broadwell selesai rilis. Skylake menggunakan socket yang 100% baru, yakni socket 1151 dan sudah support DDR4 RAM (yang sekarang harganya masih selangit :lol:). Skylake meluncur pada 2015 akhir, yakni pada Q4 2015.

AMD nampaknya hanya fokus ke APU tahun 2015 nanti. Seperti prediksi pada artikel saya yang ini (klik disini), APU baru AMD yang diberi nama Carrizo dan Carrizo-L akan bersamaan dirilis untuk platform Desktop dan Mobile.. yakni pada Q2 2015. Carrizo dikabarkan masih menggunakan socket FM2+.. So, bagi yang mengikuti build APU saya hingga saat ini, anda patut senang karena motherboard yang saya sarankan selalu FM2+ alias tinggal colok jika ingin upgrade..!

AMD lebih memilih untuk menyimpan “big gun” mereka belakangan.. Yakni AMD Zen, penerus AMD Vishera (FX Series). Zen akan meluncur di tahun 2016 awal, namun spesifikasinya masih rahasia.

Skylake dan Zen akan bertarung penuh di Q2 2016.. Masih lama bukan. Sementara itu, hingga akhir 2015, AMD tetap akan mengandalkan Vishera untuk menghadapi Broadwell.

So, apakah anda akan menunggu untuk membeli part PC?
Semoga bermanfaat
Keep gaminghood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

5 thoughts on “Confirmed! Intel menggunakan socket 1150 untuk Broadwell dan 1151 untuk Skylake, sedangkan AMD tetap menggunakan socket FM2+ untuk Carrizo..!

  1. bisa ngasi tau gak… kenapa pc gaming kebanyakan makai cpu AMD daripada Intel…?

    • waduh, pc gaming kebanyakan pake amd? Saya gak yakin malah, kalo sekarang masih banyakan pengguna AMD CPU daripada Intel CPU.. Tapi so far , pengguna AMD Cpu masih banyak banget sih.

      Nah, biasanya pengguna AMD CPU buat gaming itu orang-orang yang low budget alias duitnya mepet, dan banyaknya market disini tuh suka yang murah-murah. Ibaratnya kayak AMD itu bisa dapet performa mirip Intel dengan harga lebih murah, walaupun secara performance-wise ya dibawahnya.

      Selain itu AMD jarang ganti socket, dan awet tahan lama. Selain itu AMD disukai karena mayoritas bisa di Overclock walaupun harganya murah.. Gtu sih.

      Kalo mau lengkap liat artikel saya yang ini aja mas
      https://jackalride.wordpress.com/2014/12/09/apa-perbedaan-antara-intel-dan-amd-menjawab-pertanyaan-pembaca/

  2. Kalo mobo yg suport broadwell cuma chipset 97 saja ya? Gk ada yg lain ya?
    Soalnya harganya itu lho yg gk enak 1jt lebih.

  3. Ok makasi ya gan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s