jackalride

ride through the night

Bagi yang masih bisa menunda beli PC.. Tundalah dulu.. Berikut alasannya!

32 Comments

Hola folks

https://i2.wp.com/www.kspi.or.id/wp-content/uploads/2014/08/1402653578_2015horoscope.jpgBagi yang suka mantengin blog ini untuk melihat info-info komputer, mungkin beberapa diantaranya sudah terlanjur pengen alias kebeleth pengen beli komputer baru. Namun setelah mas melihat-lihat dan meraba-raba info komputer.. Masjack rasa akan lebih bijak untuk menundanya dahulu (paling tidak sampai Q2 2015!)..

Mengapa demikian?


1. GTX 960 akan dirilis

NVIDIA-Maxwell-GM2042Pertama, GTX 960 akan muncul. Lho memangnya kenapa masjack?

GTX 960 adalah graphic card gaming yang performanya setara GTX 770, dan akan dijual sekitaran 200$ USD saja.. Berbeda dengan GTX 770 yang harganya mencapai 3.5-4 jutaan.. Fantastis.

gtx-960-reference-shroudGTX 960 saya yakini akan tampil sebagai “batas bawah” dari performa gaming.. Dengan kata lain, nanti Radeon series pun akan mengacu untuk membuat grafik card dengan standar minimal setara dengan produk tersebut..!

Selain itu, dengan munculnya GTX 960, harga gpu (graphic card unit) akan makin murah dan performanya makin powerful.. Guna menjabani game-game PC yang kian hari kian meminta spek yang makin tidak masuk akal.

=========================================

2. AMD akan merilis new R9 series graphic card flagship berkode “Captain Jack”

6aacbde6ecec0b18a9466ce52dda7096_XLFans Radeon Graphics, tahun depan AMD akan merilis jajaran GPU series baru, dengan kode R9-3xx.. Terutama flagship mereka, yang diyakini merupakan R9-390X dan berkode “Captain Jack” (ini nggak ada hubungannya dengan Jackalride :lol:).

LEGENDOFCAPTAINJACKSPARROWHasil benchmark dari Captain Jack membuat geger forum forum PC karena performanya diatas GTX 980, dan konsumsi listriknya hanya sedikit diatas GTX 980. Mungkin juga Captain Jack yang telah mendorong NVidia untuk merilis GTX 980 Ti. Kok performa Captain Jack bisa segitunya?

Well, salah satu penjelasan intinya adalah karena AMD Radeon menganut teknologi baru untuk 3xx series ini. Seperti yang kita tahu (atau ada yang tidak tahu), bahwa Radeon 2xx series saat ini hanyalah sekedar rebranding atau ganti tampang saja dari Radeon 7000 series. Nah, dengan arsitektur 3xx yang baru ini, silahkan berekspektasi lebih..!

=========================================

3. APU Carrizo dan Carrizo-L akan muncul!

AMD-Carrizo-APU1

APU Carrizo

Nah, bagi pencinta AMD APU series.. Lebih baik menunggu, dan mas sangat sarankan untuk menunggu! Sebab APU Carrizo dan Carrizo L diyakini akan memiliki perkembangan performa yang jauhh dibandingkan APU Kaveri, atau Richland saat ini. APU Carrizo sendiri mengintegrasikan chip x86 dan ARM sekaligus, dan mencoba untuk mengintegrasikan graphic card R9 series (dibandingkan dengan Kaveri yang hanya R7 series). Carrizo akan menggunakan listrik hanay sebesar 65 watt.

Saya yakin performanya akan meningkat pesat, selain itu, karena Carrizo masih menggunakan DDR3 RAM, tidak akan melubangi dompet pencinta APU.

APU Carrizo pun, kabarnya akan merambah ke market smartphone dan tablet.. Jadi jangan heran jika pas anda jalan-jalan ke mall atau semacamnya, ada smartphone yang pakai nama AMD!

4. Intel next 5th gen core.. dan Skylake

Agenda intel tahun depan cukup padat, IMHO. Yakni meluncurkan Braswell (Penerus Haswell, Intel 4th gen core), yang merupakan Intel 5th gen core dan memiliki kode ix-5xxx, meluncurkan Celeron dan Pentium baru, serta klimaksnya, merilis Skylake. Braswell diperkirakan rilis di Q1 2015.. dan akan menggantikan Haswell (semoga ga ganti socket lagi broh).
Nah, apa itu Skylake?

atas: broadwell, bawah: haswell

Skylake adalah seri procesor termutakhir Intel yang akan meluncur tahun depan.. Skylake dibuat dengan fabrikasi 14 nanometer, L4 cache, integrasi gpu yang lebih powerful, suhu yang lebih adem, dan support DDR4 ram. Skylake diperkirakan dirilis setelah Juni 2015.

5. DDR4

Teknologi RAM DDR4 akan makin dikenal dan mulai banyak digunakan.. Otomatis, imbasnya adalah makin banyaknya produsen yang membuatnya, dan harganya tentu akan menjadi murah dan terjangkau.

dan khusus untuk fans processor AMD, anda harus menunggu sedikit lebih lama, yakni awal 2016 untuk mendapatkan performa processor AMD terbaru.. yakni AMD Zen.

Mengapa Zen layak ditunggu? Kita bahas di artikel lain… :mrgreen:

==============================================================
Semoga bermanfaat. Bagi yang sudah terlanjur beli… Jangan menyesal.. Masjack doakan rejekinya berlebih untuk upgrade part komputer.. Lagipula PC yang anda bikin sekarang, saya rasa masih akan tahan hingga 2016.

Keep technohood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

32 thoughts on “Bagi yang masih bisa menunda beli PC.. Tundalah dulu.. Berikut alasannya!

  1. wah nice info,
    tapi alhamdulillah laptop masih bisa dipake meskipun rada ngos2an buat multitasking :mrgreen:

  2. ra mikir rumit2 yen aku..

  3. duh gamer kabar gembira
    banget yak. ddr4. processor baru, mesti mahal. atau murah nih 🙂

    kartu grafis murah, bagus, value bangets.

  4. wahhh upgradenya nunggu tahun depan aka sekalian ngumpulin lagi hhaaha 😀

  5. poin ke 3 kayanya menarik tu, daya listriknya itu lho kecil banget… asal harganya ga beda jauh sama kaveri, kayanya bakal worth to buy.. ada perkiraan kapan kluarnya? soalnya ini ponakan ane yang mau beli pc udah ngebet mau beli i3, padahal udah ane saranin pake kaveri biar jauh lebih murah..
    trus untuk poin ke 5, apa intel bakal pake socket baru lagi buat braswell? klo iya, berarti lifecycle haswell bener2 singkat ya..

    • rumornya keluar di mid-2015, berarti sekitaran pertengahan tahun 2015 lah ya.. Semoga ga nunda lebih lama lagi..

      Soal pricing belum tau, dan dia akan pake socket baru (entah FM3 atau FM3+) dan pake teknologi core nya Excavator (Bulldozer/Vishera)..

      Sebetulnya pake Kaveri, dari sisi performance lebih rendah dari i3+ discrete graphic card, tapi yang jelas listrik bisa dibikin hemat.. Gitu sih.

      Kemungkinan besar Intel akan pake soket baru lagi, tapi Braswell akan tetap kompatibel dengan Z97 setau saya.

  6. hmm.. berarti mending beli skalian i3 ya, cuma ya mobonya kudu ngalah pake yang murah…

    rada bingung soket baru tapi kompatibel sama z97? bukannya z97 pake soket 1150?

  7. Pingback: Confirmed! Intel menggunakan socket 1150 untuk Broadwell dan 1151 untuk Skylake, sedangkan AMD tetap menggunakan socket FM2+ untuk Carrizo..! | jackalride

  8. Gan mobo buat broadwell di bawa 1jt gk ada ya?

  9. Lama ane gk komen. Gan ane masi bingung tentang generasi intel dan amd. Beda broadwell dan braswell apa? Lalu ada juga skylake dan skywell? Kalo amd yg belum tau itu davari gan kalo gk salah penerus kaveri? Kalo boleh kasi bocoran socket2 generasi masa depan. broadwell sudah keluar untuk laptop memang hemat listrik. gan untuk masa depan pc lebih bagus ambil socket1150 chipset 97 ya? Kompatibel sama procie generasi apa?
    tolong kasi info untuk mobo yg support ddr4?

    • broadwell untuk pc braswell untuk mobile
      skywell ga ada
      godavari penerus kaveri
      iya lebih bagus z97 kompatibel sama processor broadwell nanti
      mobo yang support ddr4 saat ini hanya chipset x99

      • Gan share dong tata cara OC kalo bisa pake procie G3258 Pake mobo msi z97 g43? Memang banyak sih yg kasi guide tapi forum luar negeri jadi bhs inggris. Kalo gk bisa beritau aja setting biosnya untuk Oc.

  10. Ini gan program dari intel. ane cuma kasi link aja.
    http://www.intel.co.id/content/www/id/id/gaming/overclocking-intel-processors.html
    Yg ane tanyain itu cara menggunakannya dan setting bios aja.

    • wah kalo intel saya belum pernah praktekkan langsung, cuman step by stepnya begini:
      1. Pastikan komputer sehat walafiat
      2. Update semua driver
      3. Masuk ke bios
      4. Backup biosnya

      Nah dari situ ada 3 pilihan cara overclock tergantung keahlian:
      1. Pake fitur overclock dari vendor (EZ Tuning, OC Genie, dll)

      2. Masuk windows dan aktifkan software overclocking dari vendor processor (Intel Extreme Tuning, AMD Catalyst Control Center)

      3. Setting manual di BIOS. Untuk setting manual ini, sampeyan perlu mengganti multiplier dan core voltagenya. Cara ini yang paling riskan dan kalau baru memiliki processor ini sehari-dua hari, saya sarankan belajar dulu yang banyak, baca forum2, lakukan software testing dulu, jangan langsung main OC aja.

      BTW kok belinya MSI Z97-G43 gan? Gak sekalian Z97S Krait Edition aja? Nanggung beda dikit fitur OC nambah bagus

      • Ane malah pilih mobo asrock yg z97 extreme4 di budget segitu (uda sli dan uda crossfirex kalo gk salah bisa quad) tapi gk ada yg jual di daerah ane. Spek ane gini gan:
        G3258 unlocked
        Msi z97 g43
        Apacer black panther 4gb
        Hdd 1tb
        Dvd rw
        Gtx 750 non ti
        Fsp hexa 500w
        Total+case 6.750.000
        Ane pake hsf bawaan gan untuk OC. di forum jagatreview bisa dioc sampe 1ghz pake hsf bawaan. Malahan Sama yg jual ane dikatain gini: Mobonya highend sangar ngalahin proci dan vga. Padahal menurut ane untuk masa depan pilih mobo itu. Apalagi kalo ane rakit i3 haswell+mobo standard kira2 -+2jt. Tapi gk bisa upgrade. Kalo ane pilih g3258+z97 sekitar 3jt karena bisa diOC bahkan mungkin bisa melebihi i3 haswell jika di OC. Bisa juga di oc dengan mobo chipset non Z. Tapi kalo misal buat cpu bound g3258 jelas kalah tapi itu invest untuk upgrade ke broadwell. Karena kalo pake i3 dan mobo stadard udah pasti keluar banyak duit buat upgrade ke broadwell. Itulah yg membuat ane ngebuat spek kayak gitu walau pernah diketawaain tapi dia yg ketawaain gk mikir kalo ntar upgrade bisa2 bikin kantong jebol.
        Kembali lagi ke tentang OC.
        kalo masuk bios ane bisa. Tapi kalo backup bios ane gk paham maksudnya.
        Jadi dari 3 cara OC itu mending yg gk pake bios ya?
        Yg kesatu itu apa gan? Maksudnya overclock dari vendor apa ya?
        kalo yg kedua ane ngerti harus donlod sofware dulu kan, entar diOC lewat software benar begitu. banyak orang itu OC lewat bios karena katanya bisa lebih “unggul”? Benar begitu. Terus kalo amd athlon 860k itu bisa gk di oc dengan mobo termurah sekalipun?

  11. wah sayang tuh padahal pilihan bagus untuk asrock z97 extreme 4, sayang barangnya ga ada.. keputusan bagus untuk mempertimbangkan upgrade ke depannya, dan betul memang, G3258 kalo di overclock bisa setara i5 sekalipun, untuk single thread performance… Wait, sampeyan pake Z97-G43 Gaming? Yang ada gambar naga nya itu?

    wah sepertiya salah, bukan backup bios tapi backup data.. kalo sewaktu2 OC fail. sebelum melakukan OC, persiapkan diri dulu buat kemungkinan skenario terburuk.

    kalo untuk yang masih belajar, dicoba pake overclock vendor motherboard atau vendor processor. Yang sampeyan tanyakan itu, overclock bios dengan fitur vendor.. Jadi coba sampeyan masuk bios, itu ada tulisan OC Genie kan (untuk mobo MSI namanya OC Genie, ASRock A-Tune, ASUS Ezy Tuning kalo gasalah), nah itu adalah fitur bios untuk OC bawaan dari vendor mobo. Kalo yang kedua, itu software OC dari vendor processor, yakni Intel Extreme Tuning.

    OC manual dari Bios dengan utak atik bios langsung, memang hasilnya paling tinggi dan secara rekor memang lebih bagus, tapi resikonya juga besar, dan harus belajar banyak sebelum coba2 main utak atik bios manual. Salah2, komponen bios sampeyan bisa meledug

    860K seharusnya bisa di OC dengan mobo murah, tapi jangan harap peningkatan yang signifikan, bahkan beberapa malah ga bisa di OC sama sekali. Dimana2, hardware untuk OC itu kudu mumpuni.. Ga bisa sembarang OC pake hardware murah.. Mungkin dalam special case bisa, tapi secara general itu sulit.

    Satu contoh aja ya, di motherboard itu ada yang namanya VRM alias Voltage Regulator Module. Tugasnya adalah memasok daya ke komponen motherboard dan menjaga voltage di dalamnya. Kalo komponen itu jelek, katakanlah kualitas materialnya tidak mumpuni, dan jumlah modul VRM nya sedikit (misal cuma 3+1), apalagi yang di OC adalah processor2 yang makan banyak daya, bisa dipastikan kalo di OC procesornya, mobonya bakal jebol… MSI Z97-G43 Gaming pilihan yang bagus.

  12. Iya gan yg ada naganya, Jadi recomendasi untuk athlon x4 860k mobo chipset apa untuk OC?
    Kalo diantara itu yg “gampang” untuk belajar pilih vendor processor/vendor mobo gan? Kalo pake cara 2 itu misal:
    Ane pake vendor processor, ghznya ane naikkan berarti kayak voltase dll Otomatis ikut naik juga ya? Maaf gan kalo salah. Ane belum donlot juga.
    Kemarin sih ingin beli asrock fatal1ty z97 anniversary kalo pas booting bisa ditekan P otomatis ghznya bisa 4,2ghz tapi fitur yg lain ane gk suka. Seperti gk suport crosffirex kayaknya. Lebih baik sampeyan buat artikel aja gan tentang OC. Kalo bisa sama SSnya. Biar ane tambah paham. Makasi gan telah bantu dan jawab.

    • kalo X4 860K saya recommend ASUS A88X-PRO (atau CROSSBLADE RANGER A88X tapi harganya 2.6 juta, ajegile masbro), GIGABYTE G1-Sniper, dan MSI A88X-G45 GAMING.

      Iya semacam itu, pake fitur dari vendor mobo ataupun procie, kedua2nya defaultnya dia disetting akan menyesuaikan settingan sampeyan, contoh core multiplier G3258 dinaikkan ke 40, terus nanti core voltage dll nya bakal dinaikin otomatis sama sistem, manut sama pengennya sampeyan.

      Saya faham prosesnya secara garis besar gimana, namun sayangnya mobo yang saya beli ini core voltagenya di locked, jadi gabisa overclock 860K ini, yang saya baru paham malah OC genie nya mobo saya ini (MSI A88X-E35) cuma untuk APU Kaveri yang punya configurable TDP (A10-7800, A8-7600), nyesek lah pokoke.

      Kalo sampeyan mau jelas pol pol pol sampe ke semua poinnya tentang OC G3258, bisa dibuka link youtube ini. Sekalian belajar bahasa inggris bro.

      • Berarti gk ada ya mobo athlon x4 860k dibawah 1,5jt buat OC?
        Yau dah gan makasi banyak mungkin ane oc lewat vendor aja katanya lebih aman. Waduh gan ampun kalo lewat bhs inggris bisa2 salah denger/arti mledug entar. Kebanyakan sih ane liat dari jagatreview. Cuma gk tau settingnya

  13. Satu lagi kelupaan kalo cell menu ane buka keluar gini:
    Auto detect pci clk : enabled
    Spread spectrum : -+0,20%
    Cpu clock : 133mhz
    Special overclock 5% clock: disable
    Ini beda pc gan ini ane liat pake pentium4 pas mau booting. Kalo Ini pake OC lewat vendor mobo ya?

  14. Spek pc ane sih cuma
    i5 3330 ivy bridge
    Hsf raijintek pallas
    Kingston HyperX fury 4gbX2 ddr3
    Biostar Th61itx (mobonya kasian bgt hehe)
    MSI TF GTX 760ti 2gb
    Fsp hexa 500w
    Hdd hgst 1TB + wdc blue 500gb
    CM 130 ELITE ADVANCED

    Spek kyk gitu bahkan ps4 pun kalah apalagi Xbox one. Haha

  15. mau tanya ni spek ane
    i5 760
    mobo MSI P55
    ram Corsair xms 8gb kit ddr3
    vga MSI TF II GTX580 1,5gb
    PSU seasonic 650watt modular
    SSD corsair GS 128gb + hdd WD blue 1tb
    Case armageddon T3x
    LCD Phillips 22″ fullhd

    Untuk game 3th mendatang masih sanggup ngg ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s