jackalride.com

ride through the night

Apa perbedaan antara Intel dan AMD? [Menjawab pertanyaan pembaca]

| 15 Comments

Hola folks
Kali ini masjack mau mencoba menjawab pertanyaan pembaca.. Berkaitan dengan artikel komputer yang biasa mas bikin. Pertanyaan tersebut berasal dari pengunjung yang juga rekan sesama blogger yakni Yudakusuma (FYI, dia adalah blogger otomotif spesialis mobil, monggo berkunjung)..

banner pc time

Apakah perbedaan Intel dan AMD?

Oke, jadi Intel dan AMD itu, keduanya sama2 produsen chip yang lebih kita kenal sebagai Processor. Namun AMD mengakuisisi ATI Radeon (Produsen GPU atau Graphics Procesing Unit) pada 2013, sehingga sekarang AMD memproduksi Processor dan Graphic Card sekaligus.

Namun kita bahas dari segi Processor dulu.

Jgk5u2CTicJ1. Teknologi yang dianut AMD sebenarnya tertinggal daripada teknologi Intel.. Dimana saat ini Intel menganut fabrikasi 22 nanometer, sedangkan AMD masih menganut 32 nanometer.. Konsekuensinya, dalam satu chip, Intel dapat meletakkan arsitektur yang lebih mikron dan kompleks.. dan AMD hanya mampu meletakkan arsitektur lama karena fabrikasinya masih besar. Nah, faktor ini adalah inti sebenarnya, dimana perbedaan Intel dan AMD berada.

2. Sebagai konsekuensi teknologi yang tertinggal, Clock core AMD itu biasanya gede-gede, beda sama Intel. Melihat processor yang clock frekuensinya diatas 4.0 Ghz di AMD itu suatu hal yang biasa aja (apalagi produk flagship mereka, FX-9590 yang clocknya 5.0 Ghz), beda dengan Intel, biasanya Clock core mereka di kisaran 3.0 Ghz- 3.5 Ghz (kecuali special series). Hal tersebut dilakukan oleh AMD untuk menyamakan performa produk mereka dengan produk Intel yang notabene lebih maju.

amd-aisaka-taiga-cpu-intel-46642-480x320

3. Karena menyamakan performa processor lawas dengan processor baru yang arsitekturnya lebih maju melalui peningkatan frekuensi / daya yang masuk ke processor.. Konsekuensinya, processor AMD memakan listrik yang lebih besar. Processor AMD 6 core diatas, yang mas jack sebutkan sebelumnya, memakan daya 95 Watt… Sedangkan processor 2 core Intel i3 tersebut hanya memakan daya 54 Watt.. Jauh kan. Padahal performa mirip-mirip.

4. Perbedaan yang paling mencolok antara Intel dan AMD adalah pada harganya.. Karena secara istilah, mereka menjual produk yang teknologinya lebih lawas.. Harga processor 6-core AMD setara dengan processor 2-core Intel. Belum lagi jika barangnya second. Bisa murah meriah.

5. Hampir semua processor AMD dapat di overclock.. Berbeda dengan Intel yang mayoritas processornya nggak bisa diutek-utek alias tanpa unlocking (gak bisa di overclock). Sekalinya Intel mengeluarkan processor yang di unlock, harganya fantastis. Hal ini membuat AMD disukai overclocker yang budgetnya terbatas.

6. AMD lebih jarang berganti socket dibandingkan Intel. Situ tau socket itu apa? Socket itu colokan di motherboard, yang jadi tempat memasang processor.

Masing-masing motherboard itu dibuat based on socket, misalnya motherboard itu socketnya 1150 (Intel).. Maka motherboard itu hanya bisa dipasang processor Intel seri Haswell yang notabene mintanya socket 1150.

Nah, masing-masing motherboard seri 1150 itu ada kastanya, misalkan dua motherboard sama2 socket 1150 tapi harganya dah kayak kolong jembatan sama patung pancoran.. Itu karena beda kasta. Kasta itu dituliskan dengan nomor seri (untuk socket LGA 1150, kastanya ada H81, B85, H87, Z87, H97, dan Z97). Makin tinggi kastanya, harganya makin naudzubillaah…

Sering atau tidaknya berganti socket itu sebetulnya berimbas dari perkembangan teknologi. Intel terkenal sangat sering berganti-ganti socket karena teknologinya cepat berganti (walaupun akhir2 ini peningkatan performanya gak signifikan…).
Nah, positifnya, karena AMD teknologinya tidak berkembang secepat Intel, maka socketnya jarang ganti.. Socket AM3+ yang digunakan oleh AMD saat ini sudah berumur 3-4 tahun.. Sedangkan Socket 1150 yang dipakai Intel baru berusia 1-2 tahun dah mau ganti aja nih

7. Performa per-core AMD lebih lemah dibanding Intel, sehingga mereka main keroyokan dengan memasukkan core lebih banyak (contoh diatas, 6 core AMD vs 2 core Intel) dengan segala konsekuensinya.. Karena nambahin core ke processor lebih murah dibanding memperbaharui fabrikasi dan arsitektur.

IMG_99088. AMD memproduksi dua jenis processor, yakni processor biasa yang tidak memiliki grafik card , berbeda dengan processor Intel yang memiliki graphic card Intel HD… dan satu lagi adalah AMD APU, yakni satu chip yang berisi Processor dan Graphic Card sekaligus (mirip dengan Intel).

Bedanya adalah, APU ini jika dibandingkan dengan processor Intel adalah… APU lemah secara processor namun kartu grafis internalnya kuat.. Sedangkan processor Intel, processornya kuat tapi kartu grafis internalnya lemah.

1355755514483=========================================
Nah itu dia perbedaannya… Kok gak sadar ya, saya bikin sebanyak itu :v

Semoga bermanfaat
Keep gaminghood..!

15 Comments

Leave a Reply

Required fields are marked *.