jackalride

ride through the night

Apa perbedaan antara Intel dan AMD? [Menjawab pertanyaan pembaca]

15 Comments

Hola folks
Kali ini masjack mau mencoba menjawab pertanyaan pembaca.. Berkaitan dengan artikel komputer yang biasa mas bikin. Pertanyaan tersebut berasal dari pengunjung yang juga rekan sesama blogger yakni Yudakusuma (FYI, dia adalah blogger otomotif spesialis mobil, monggo berkunjung)..

banner pc time

Apakah perbedaan Intel dan AMD?

Oke, jadi Intel dan AMD itu, keduanya sama2 produsen chip yang lebih kita kenal sebagai Processor. Namun AMD mengakuisisi ATI Radeon (Produsen GPU atau Graphics Procesing Unit) pada 2013, sehingga sekarang AMD memproduksi Processor dan Graphic Card sekaligus.

Namun kita bahas dari segi Processor dulu.

Jgk5u2CTicJ1. Teknologi yang dianut AMD sebenarnya tertinggal daripada teknologi Intel.. Dimana saat ini Intel menganut fabrikasi 22 nanometer, sedangkan AMD masih menganut 32 nanometer.. Konsekuensinya, dalam satu chip, Intel dapat meletakkan arsitektur yang lebih mikron dan kompleks.. dan AMD hanya mampu meletakkan arsitektur lama karena fabrikasinya masih besar. Nah, faktor ini adalah inti sebenarnya, dimana perbedaan Intel dan AMD berada.

2. Sebagai konsekuensi teknologi yang tertinggal, Clock core AMD itu biasanya gede-gede, beda sama Intel. Melihat processor yang clock frekuensinya diatas 4.0 Ghz di AMD itu suatu hal yang biasa aja (apalagi produk flagship mereka, FX-9590 yang clocknya 5.0 Ghz), beda dengan Intel, biasanya Clock core mereka di kisaran 3.0 Ghz- 3.5 Ghz (kecuali special series). Hal tersebut dilakukan oleh AMD untuk menyamakan performa produk mereka dengan produk Intel yang notabene lebih maju.

amd-aisaka-taiga-cpu-intel-46642-480x320

3. Karena menyamakan performa processor lawas dengan processor baru yang arsitekturnya lebih maju melalui peningkatan frekuensi / daya yang masuk ke processor.. Konsekuensinya, processor AMD memakan listrik yang lebih besar. Processor AMD 6 core diatas, yang mas jack sebutkan sebelumnya, memakan daya 95 Watt… Sedangkan processor 2 core Intel i3 tersebut hanya memakan daya 54 Watt.. Jauh kan. Padahal performa mirip-mirip.

4. Perbedaan yang paling mencolok antara Intel dan AMD adalah pada harganya.. Karena secara istilah, mereka menjual produk yang teknologinya lebih lawas.. Harga processor 6-core AMD setara dengan processor 2-core Intel. Belum lagi jika barangnya second. Bisa murah meriah.

5. Hampir semua processor AMD dapat di overclock.. Berbeda dengan Intel yang mayoritas processornya nggak bisa diutek-utek alias tanpa unlocking (gak bisa di overclock). Sekalinya Intel mengeluarkan processor yang di unlock, harganya fantastis. Hal ini membuat AMD disukai overclocker yang budgetnya terbatas.

6. AMD lebih jarang berganti socket dibandingkan Intel. Situ tau socket itu apa? Socket itu colokan di motherboard, yang jadi tempat memasang processor.

Masing-masing motherboard itu dibuat based on socket, misalnya motherboard itu socketnya 1150 (Intel).. Maka motherboard itu hanya bisa dipasang processor Intel seri Haswell yang notabene mintanya socket 1150.

Nah, masing-masing motherboard seri 1150 itu ada kastanya, misalkan dua motherboard sama2 socket 1150 tapi harganya dah kayak kolong jembatan sama patung pancoran.. Itu karena beda kasta. Kasta itu dituliskan dengan nomor seri (untuk socket LGA 1150, kastanya ada H81, B85, H87, Z87, H97, dan Z97). Makin tinggi kastanya, harganya makin naudzubillaah…

Sering atau tidaknya berganti socket itu sebetulnya berimbas dari perkembangan teknologi. Intel terkenal sangat sering berganti-ganti socket karena teknologinya cepat berganti (walaupun akhir2 ini peningkatan performanya gak signifikan…).
Nah, positifnya, karena AMD teknologinya tidak berkembang secepat Intel, maka socketnya jarang ganti.. Socket AM3+ yang digunakan oleh AMD saat ini sudah berumur 3-4 tahun.. Sedangkan Socket 1150 yang dipakai Intel baru berusia 1-2 tahun dah mau ganti aja nih

7. Performa per-core AMD lebih lemah dibanding Intel, sehingga mereka main keroyokan dengan memasukkan core lebih banyak (contoh diatas, 6 core AMD vs 2 core Intel) dengan segala konsekuensinya.. Karena nambahin core ke processor lebih murah dibanding memperbaharui fabrikasi dan arsitektur.

IMG_99088. AMD memproduksi dua jenis processor, yakni processor biasa yang tidak memiliki grafik card , berbeda dengan processor Intel yang memiliki graphic card Intel HD… dan satu lagi adalah AMD APU, yakni satu chip yang berisi Processor dan Graphic Card sekaligus (mirip dengan Intel).

Bedanya adalah, APU ini jika dibandingkan dengan processor Intel adalah… APU lemah secara processor namun kartu grafis internalnya kuat.. Sedangkan processor Intel, processornya kuat tapi kartu grafis internalnya lemah.

1355755514483=========================================
Nah itu dia perbedaannya… Kok gak sadar ya, saya bikin sebanyak itu :v

Semoga bermanfaat
Keep gaminghood..!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

15 thoughts on “Apa perbedaan antara Intel dan AMD? [Menjawab pertanyaan pembaca]

  1. amd cocok buat gamers. pantes yak, ternyata oh ternyata 🙂

    intel cocok buat yang ngirit batteray. pantesan, ternyata 🙂

    nice sharing baingitz 🙂

  2. Kalo di notebook kok jarang ya pake amd, atau cuma emang pasaran sini nggak berani stock, padahal harganya lebih terjangkau untuk spek imbang dengan intel.

    • Gak sedikit kok bro yang processornya AMD, tapi mereka pakenya AMD APU. Di laptop-laptop murah misalnya lenovo 4 jutaan itu, pakenya AMD APU lho.

      Kalo gasalah serinya sekitaran E1 atau E2, itu pengembangan dari APU Llano yang dulu serinya E-350, E-450, dan C-50.. Orang biasanya beli itu katanya biar bisa gaming (ternyata ngegamenya cuma PES, owalaaah :lol:)

      Beberapa notebook gaming platform AMD, yang udah top-tier nih, pakenya A6, A8, dan yang paling jarang diliat nih, pake A10. A6 di notebook bahkan udah quad-core, coba aja bro liat pas ada pameran notebook, A6 nya pasti dipromosikan karena kuat main Battlefield 4.

      Intinya, sudah banyak kok yang pake AMD, yakni AMD APU, tinggal pinter2 nyari aja, kadang langka sih

  3. kok kayak tau logonya pc time tapi dimana ya …… bedanya warna biru nya nyambung ga putus gitu ….

  4. bukan broh, itu mau tak bikin jadi logo baru blog ini

    Logo yang bentuknya semacam ini kayaknya ga sedikit broh, tapi tak jamin,, aku bikin logo ini sendiri, nggak nyontek.

  5. kluar juga bahasan kubu merah – biru, persaingan keduanya udah kaya honda – yamaha
    ga bakal ada abisnya dibahas, bahkan diforum2 pc fanboy keduanya sama2 ga mau kalah..
    btw sebenernya ane lebih tertarik sama intel, cuma intel jeleknya ya itu, keseringan ganti socket.. kemaren siap2 beli ivybridge, eh muncul haswell, udah ada dana eh muncul haswell refresh.. akhirnya malah beli amd fishera 😀

  6. nice info gan, lain kali buat dong artikel perbedaan vga N-Vidia dan vga AMD
    Game jaman sekarang procesor no2, Vga no1.
    Sama game bajakan berbasis denuvo baru bisa dimainin di pc berplatform intel

  7. enakan pakai amd :3 aku pakai intel i7 buat gaming kurang sip :3
    nyesel mas bro 😥

  8. Om jack.. Ane da rencan beli lepi seken.. Kira2 dgn spec A10-5757M 2,5GHz n Radeon HD8750M 2GB, skala 1-10 brapa nilainya om??
    Kegunaan untuk kerja 3D design 80%, ngegame 20%..

    • untuk kerja 3D design jangan nanggung2 bos, ambil yang i7 aja. AMD gak berani saya rekomendasikan untuk kerja desain 3D dengan platform mobile. Kalo komputer PC, iya saya berani, kalo mobile enggak deh.

      saran saya, carilah yang seri i7 TAPI yang kode belakangnya M atau QM, karena itu i7 yang murni 4 core 8 thread. Jangan yang kode belakangnya U, karena dia cuman 2 core 4 thread, gak ada bedanya sama i3.

      Tapi kalo budget udah mepet segitu dan gak ada pilihan lain, coba cari alternatif lain yang pakai i3 atau syukur2 i5 (tentunya yang seri M atau QM). Kalo gak dapet juga yasudah ambil aja itu A10-5755M. Skor saya? buat 3D rendering 6/10.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s