jackalride

ride through the night

Filosofi Produk: Play your cards right

Leave a comment

Hola folks

steamworkshop_webupload_previewfile_129049903_previewMembahas sebuah topik yang abstrak lagi: yakni filosofi. Filosofi memiliki makna harfiah “kebijaksanaan” atau ilmu kebijaksanaan, dengan kata lain, dasar pemikiran.Nah ternyata filosofi itu tidak hanya ada di buku pelajaran ppkn dan sejarah saja, namun ternyata bisa dipakai untuk jualan produk.

Faktanya, filosofi yang mendasari produk sudah banyak dipakai oleh berbagai produsen, berbagai merk, berbagai produk, berbagai keperluan, dan seterusnya. Filosofi, dapat digunakan sebagai grounding, dasar arah pengembangan produk, spesialisasi, dan strategi. Penempatan filosofi pada posisi ground ini, berarti memposisikan filosofi pada keuntungan bersifat teknikal atau fisik/ dapat dilihat.

Filosofi juga dapat menjadi eye-candy.. alias pemanis, atau penyempurna. Macam-macam bentuknya. Bisa kasat mata, dan bisa juga tidak kasat mata. Terkadang, poin terpentingnya bukan pada “apakah konsumen tau filosofi ini seperti apa prakteknya”, namun bahwa “konsumen tau bahwa produk ini tuh seperti bla bla bla.” just like a printing machine. Penempatan filosofi seperti ini, lebih memposisikan filosofi pada belief benefit (keuntungan kepercayaan), alias mindset.

fornoyd-filosofi-thumbs-upNah, mampukah produsen sebagai pengguna filosofi, untuk memainkan kartunya dengan benar?

Ah, apa sih yang saya tau. Saya hanya kuli ketik yang bahkan tidak dibayar dan tak didengar.
Keep riderhood.

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s