jackalride.com

ride through the night

Filosofi Produk: Play your cards right

| 0 comments

Hola folks

steamworkshop_webupload_previewfile_129049903_previewMembahas sebuah topik yang abstrak lagi: yakni filosofi. Filosofi memiliki makna harfiah “kebijaksanaan” atau ilmu kebijaksanaan, dengan kata lain, dasar pemikiran.Nah ternyata filosofi itu tidak hanya ada di buku pelajaran ppkn dan sejarah saja, namun ternyata bisa dipakai untuk jualan produk.

Faktanya, filosofi yang mendasari produk sudah banyak dipakai oleh berbagai produsen, berbagai merk, berbagai produk, berbagai keperluan, dan seterusnya. Filosofi, dapat digunakan sebagai grounding, dasar arah pengembangan produk, spesialisasi, dan strategi. Penempatan filosofi pada posisi ground ini, berarti memposisikan filosofi pada keuntungan bersifat teknikal atau fisik/ dapat dilihat.

Filosofi juga dapat menjadi eye-candy.. alias pemanis, atau penyempurna. Macam-macam bentuknya. Bisa kasat mata, dan bisa juga tidak kasat mata. Terkadang, poin terpentingnya bukan pada “apakah konsumen tau filosofi ini seperti apa prakteknya”, namun bahwa “konsumen tau bahwa produk ini tuh seperti bla bla bla.” just like a printing machine. Penempatan filosofi seperti ini, lebih memposisikan filosofi pada belief benefit (keuntungan kepercayaan), alias mindset.

fornoyd-filosofi-thumbs-upNah, mampukah produsen sebagai pengguna filosofi, untuk memainkan kartunya dengan benar?

Ah, apa sih yang saya tau. Saya hanya kuli ketik yang bahkan tidak dibayar dan tak didengar.
Keep riderhood.

Leave a Reply

Required fields are marked *.