jackalride

ride through the night

Introvert

11 Comments

Hola folks
Lama tak membuat artikel mengenai psikologi dan kesehatan.. Sekali-sekali lah boleh kan haha.  Kali ini mas Jack akan membahas mengenai Introvert.

houtarou_oreki_2_by_espada357-d6av4nbIstilah ini bukan istilah yang asing di telinga kita. Banyak yang sudah menggunakannya, namun seringkali disalahgunakan. Seperti apakah sebetulnya, saudara kita yang introvert itu?

Saudara-saudari kita yang introvert, sering kali disalah-artikan sebagai sekelompok orang yang nggak punya teman, egois, dan nggak asik. Kurang mengikuti tren masa kini, kita akan dicap introvert. Nggak nge-geng, maka akan dicap introvert. Nggak datang ke acara tertentu, kita dengan mudahnya akan dicap introvert lagi. Yap, seperti itulah stigma negatif mengenai introvert di masyarakat kita.

Apakah sebenarnya introvert/introversion itu? Jadi begini.. ada konsep yang namanya self. Self itu artinya diri, dengan kata lain, diri kita. Orang yang extrovert, akan lebih tertarik kepada hal-hal diluar self.. Sebaliknya, bagi orang yang introvert, hal-hal didalam self-lah yang lebih menarik. Konsep ini diciptakan oleh Carl Gustav Jung (1921).

introextroorientation6Ekstrovert akan mendapatkan energi melalui interaksi dengan orang lain, dan ketika ia sendiri, lama-kelamaan energi itu akan habis.. Nah, buat Introvert, malah sebaliknya.. Energi akan didapatkan ketika ia sendirian, dan berinteraksi dengan orang lain lama-kelamaan akan menghabiskan energinya. Hal tersebut menjelaskan mengapa extrovert lebih baik dalam menjalin komunikasi dengan kelompok yang besar, lebih mudah menjalin networking, ikut ke pesta dan acara semacamnya, namun tidak untuk introvert.

introvertUjung-ujungnya, biasanya introvert akan disebut cupu, kurang gaul, dan cemen. Well, sayangnya mereka juga berpikir demikian kepada ekstrovert, bahwa ekstrovert itu orang yang dangkal, suka membuang waktu, dan narsis karena tidak mampu menikmati seni, berpikir konsep yang dalam, dan sebagainya.

Berikut ini adalah pemahaman yang salah mengenai introvert, dan biasanya malah kita anut!

1. Introvert itu nggak punya teman!
> Salah! Mereka punya scope pergaulan yang lebih sempit saja kalau dibandingkan dengan extrovert… Karena bagi mereka, 1 sahabat lebih baik daripada 100 orang teman yang asal kenal doang..

kami hanya berhati-hati... supaya teman kami itu sejati..

kami hanya berhati-hati… supaya teman kami itu sejati..

2. Introvert susah dapet pacar!
> Lha, situ belum tau kalo lebih banyak cewek yang lebih terpikat ke introvert, dan sebagian besar cowok ekstrovert terpikat pada cewek introvert? :mrgreen:hyouka3-640x3603. Introvert itu kuper!
> Dan bagi introvert, extrovert itu kuda.. alias kurang pendalaman.. Sama saja, dunia ini diciptakan dengan berbagai komponen yang saling mendukung satu sama lainnya. Ada orang yang harus mensosialisasi, dan ada yang harus menginternalisasi..

hal paling menyakitkan yang bisa diucapkan introvert ke ekstrovert...

hal paling menyakitkan yang bisa diucapkan introvert ke ekstrovert…

4. Introvert gak bisa berorganisasi!
> Lah, situ belum tau kalo sebagian besar leader, mulai dari presiden, pemimpin politik, pemilik perusahaan, itu introvert?

o-FAMOUS-INTROVERTS-facebook5. Introvert nggak bisa berkomunikasi sama orang lain!
> Mereka dapat berkomunikasi ke banyak orang sekaligus. Hanya saja, waktunya terbatas dan tidak bisa 7×24 jam menjadi manusia gaul. Mereka butuh waktu untuk dirinya sendiri, dan tentunya mereka akan jauh lebih produktif ketika sendiri atau bekerja pada grup yang kecil.

6. Introvert itu minoritas!
> Yakin? Think again… 😆

7. Introvert itu lebay!
> Introvert seringkali terlihat lebay karena memang pemahaman terhadap dirinya sendiri dan pribadi orang lain adalah secara mendalam, namun tidak ada tujuan buruk kok, ketika para introvert begitu.

maaf, banyak hal yang berputar-putar di dalam kepala kami...

maaf, banyak hal yang berputar-putar di dalam kepala kami…

8. Introvert itu gak bisa seneng-seneng, makannya sering depresi..!
> Seneng-senengnya introvert itu bukanlah di tempat keramaian dimana ekstrovert menyengangkan diri tentunya.. Di tempat yang lebih privasi biasanya, dan introvert juga tidak depresi ataupun gila. Mereka baik-baik saja, walaupun tidak seaktif anda.

introverted-personalities-networking

well, we’re not doing anything wrong?

9. Introvert adalah sebuah kelainan, dan seharusnya mereka menjadi Ekstrovert
> Nah, ini dia yang salah dari yang paling salah. Kalo ketemu orang yang ngomong kayak beginian, pengen saya gebuk mukanya :v
Kenapa sih tidak belajar untuk menghormati orang lain? Apakah anda pikir bahwa dunia akan berjalan hanya dengan orang extrovert saja? Apakah dunia sudah tidak butuh dosen, peneliti, sastrawan, seniman, pemimpin, perancang, dan sebagainya? Think again.

10. Introvert gak bisa naik motor!
Lah, ente pikir yang punya warung bukan introvert? :v

Mas Jack sebagai pemilik warung, juga seorang introvert. Lebih tepatnya tipe INFJ, yang populasinya hanya <1% di dunia. (Apa itu INFJ? Kita bahas lain kali saja.) Saya memang rada alergi sama party-party apalagi kalo isinya asing dengan saya, hadeehh.. Saya ngga suka hura-hura nggak jelas, turing yang asal ikut aja pun juga saya males. Jujur aja, membaca buku filsafat tebel sebagai bahan artikel lebih saya sukai daripada begituan 😀

Sekali lagi, introvert adalah manusia yang sama dengan kita. Mereka harus dihormati, dan juga sodara kita apalagi sesama riders kan? Mungkin tulisan saya terkesan bias karena saya juga introvert, namun saya terbuka untuk masukan, dalam rangka mensosialisasikan ilmu saya.

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

11 thoughts on “Introvert

  1. aku cuman mirip introvert , kalo banyak orang itu rasanya ga enak suka yang sepi

  2. wah ini…
    termasuk intovert nih saya 😀

  3. bedakne introvert sing luwih spesifik piye?

    ketoe kui aku deh 😐

  4. Ente pny golongan darah B ya..?

  5. Artikel yg kereeeeenn……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s