jackalride

ride through the night

Artikel Jum’at: Khamr, induk dari segala keburukan

2 Comments

Hola folks

khamrMungkin mulai sekarang mas Jack akan mencoba untuk rajin membuat artikel bertema agama di hari Jum’at. Artikel ini mas Jack persembahkan dalam rangka amal ma’ruf nahi munkar saja. Tidak ada maksud lain. Saya tidak memaksa masbro/mbaksis semua mbaca ini, hanya buat yang berkenan membaca saja. Yang muslim maupun bukan, boleh menyimak.

Khamr, pada dasarnya adalah segala sesuatu yang memabukkan. Memabukkan dalam artian, menghilangkan akal. Khamr sendiri adalah sesuatu yang diharamkan dalam Islam. Dewasa ini, khamr sudah menjelma menjadi banyak bentuk.. Sebut saja miras(minuman keras), narkotika, oplosan, hingga ke bentuk yang paling sederhana misalnya rum/sake untuk memasak.

Khamr haram dan tidak pernah menjadi halal.. Tapi ya tetep aja, banyak yang ngeyel. Padahal khamr adalah dosa besar, dan bahkan disebut-sebut sebagai induk dari segala keburukan, karena minum khamr melahirkan dosa-dosa lain yang kita perbuat setelah mabuk..

Dulu ustadz yang pernah mengajari mas jack selama di madrasah pernah menyebutkan hal begini:
“Mana yang paling buruk?? Minum khamr, membunuh, mencuri, atau berzina? Tentu yang paling buruk adalah minum khamr. Karena peminum khamr itu membunuh, mencuri, dan berzina.”

Omongan pak ustadz waktu itu memang ada benarnya. Banyak tindakan kriminal yang diawali dari menengak khamr. Sebagai saudara diatas satu aspal, kita sudah sama-sama tau lah, banyak sekali perampokan di jalan, percobaan pencurian di kos-kos, pemerkosaan di malam hari oleh orang tak bertanggung-jawab, dan bahkan pembunuhan.. yang modalnya adalah wani (berani) karena sudah menengak khamr alias sudah mabok. Jahatnya lagi, terkadang hasil yang didapat setelah nyolong/nodong/rampok tersebut dibelikan khamr lagi. Sungguh lingkaran setan.

minumankeras

Ajaran tersebut nempel di kepala mas jack sampai sekarang. Mas jack pernah terjebak meminum khamr sekali, alhamdulillah Allah masih memberi jalan taubat bagi mas jack dan sampai sekarang gak pernah lagi menengak minuman bodoh itu.
Menyengaja meminum khamr itu dosanya luar biasa besar lho. Sebagai induk dari segala keburukan, mungkin hadits-hadits berikut bisa memaparkan seberapa besar sih keburukan dari sebuah hal yang namanya khamr itu?

==========

Dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Apabila pecandu khamr meninggal maka akan menemui Allah seperti penyembah berhala,” (dalam kitab ash-Shahihah)

==========

“Setiap yang memabukkan itu khamr dan setiap yang memabukkan itu haram. Barangsiapa minum khamr di dunia kemudian meninggal sementara ia pecandu khamr serta tidak bertaubat maka ia tidak akan meminumnya nanti di akhirat,” (HR Muslim)

==========

“Tiap minuman yang memabukkan adalah haram (baik sedikit maupun banyak)”. (HR. Ahmad)

===========

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a, ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda,
Barangsiapa minum khamr, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama empat puluh hari. Namun jika ia bertaubat maka Allah akan menerima taubatnya. Apabila mengulanginya kembali maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama empat puluh hari. Jika ia kembali bertaubat maka Allah akan menerima taubatnya. Apabila mengulanginya kembali maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama empat puluh hari. Jika ia kembali bertaubat maka Allah akan menerima taubatnya. Apabila untuk yang keempat kalinya ia ulangi lagi maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama empat puluh hari dan jika ia bertaubat Allah tidak akan menerima lagi taubatnya dan akan memberinya minuman dari sungai al-khahal’.” Ditanyakan, “Wahai Abu Abdurrahman apa yang dimaksud dengan sungai al-khahal?” Ia menjawab, “Sungai yang berasal dari nanah penghuni neraka,” (HR at-Tirmidzi).

===========

Abdullah bin Amar meriwayatkan hadits Rasulullah SAW: “Khamr adalah induk keburukan dan salah satu dosa besar”. Barangsiapa yang minum khamr biasanya dia meninggalkan sholat dan bisa jadi menyetubuhi ibu dan bibinya sendiri.”

===========

“Tiada seorang berzina selagi dia mukmin, tiada seorang mencuri selagi dia mukmin, dan tiada seorang minum khamar pada saat minum dia mukmin.” (Mutafaq’alaih), artinya adalah seorang yang berzina, mencuri, dan minum khamr dihukumi KAFIR. Catat itu.

37697188Sungguh sudah jelas nilai keburukan dari khamr. Maka dari itu, rekan jackalride yang muslim, jagalah diri dari khamr, sungguh deh khamr itu nggak ada baiknya sama sekali. Lebih baik duitnya dipakai sedekah, nabung supaya ortu bisa haji, atau buat modif motor kan malah lebih bagus.

minumSemoga dapat diambil hikmahnya. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuhu.
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

2 thoughts on “Artikel Jum’at: Khamr, induk dari segala keburukan

  1. subhanallah..
    artikel jumat lanjutan mana yok?
    piye yo, minum khamr ki koyo wis do dianggep biasa.. padahal ya itu, mereka bisa saja melakukan hal lain tanpa mereka sadar apa yang dilakukan.. kalo minum tok dan diisolasi yo bener nggak merugikan orang.. eh merugikan ding, kudu susah susah mengisolasi..

  2. Baarakallaahu fiikum. Moga Allah memberkahi Mas Jack dan keluarga. Dan menambahkan ilmu dan semangat dalam beramal. Innahu waliyyu dzalika wal qadiru ‘alaih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s