jackalride

ride through the night

Bagaimana aturan main melakukan jama’ dan qashar shalat wajib, terutama pas mudik? Check it out folks.

10 Comments

Hola folks.. Err karena artikelnya mengenai fiqih, jadinya Assalamu’alaikum aja deh folks, hehe.

muslim-bikers

karena apapun motormu, shalat mempersatukan kita.

Akhirnya kita tiba di penghujung ramadhan, bulan yang penuh berkah. Disaat rapor kita akan bulan suci ini akan dinilai, kebanyakan dari kita mulai melaksanakan tanggungan tahunan kita, yakni menjalin silaturahmi dengan sanak family, di tempat nun jauh disana..

But, it’s okay, you know.. Menjalin silaturahmi kan bagian dari syariah Islam juga 🙂

Fenomena pulkam alias mudik ini tidak jarang menyita waktu di jalan, entah karena macet atau yang lain-lainnya. Yang jelas, seringkali (atau selalu?) perjalanan kita menyita waktu sholat. Akhirnya, sholat pun ketinggalan. Alhamdulillah, Allah memberi keringanan buat kita semua.. Yakni dengan adanya jama’ (ndobel solat) dan qashar (diskon sholat).

Lalu? Begimana tuh Mas Jack, tatacaranya? Saya yakin dah banyak yang tahu, cuman saya hanya memberi outline nya aja, siapa tahu ada yang belum ngerti, itung2 nambah pundi-pundi amalan Mas Jack (bukan pundi-pundi PEYPOL!)…

Prasyarat Jama’ dan Qashar:
1. Safar (Bepergian jauh, kurang lebih 81 km menurut jumhur ulama, namun ada yang berpendapat 115 atau 77.. Yang jelas kalo Jakarta-Jateng dah musafir lah, folks :lol:)
2. Tujuan bepergian bukan untuk maksiat!!!
3. Hanya berlaku hingga anda mencapai tempat yang diniatkan bermukim.

superb bikers

Jama’
Jama’ sholat adalah menggabungkan dua sholat dalam satu waktu, misalnya folks sholat zhuhur dan ashar jam 1 siang di tengah perjalanan mudik. Sholat yang boleh di jama’ hanya Zhuhur-Ashar dan Maghrib-Isya. Subuhnya nggak boleh 😆

Menurut mazhab Syafi’iyah, Hambali, dan mayoritas ulama,  menjama’ shalat ketika bermusafir (pergi jarak jauh) adalah sunnah, sedangkan menurut mazhab Hanafiyah, bisa dikatakan bahwa jama’ ketika bermusafir adalah wajib.. So, ngapain kita nggak menjama’ shalat ketika bermusafir? Syariatnya minimal sunnah brosis!

Jama’ ada dua, yakni taqdim dan takhir. Jama’ taqdim adalah mendobel sholat di waktu sholat yang lebih awal (misalnya Zhuhur-Ashar di waktu Zhuhur), dan Jama’ takhir adalah mendobel sholat di waktu sholat yang lebih akhir (misalnya Maghrib-Isya di waktu Isya).

Qashar
Qashar, adalah mendiskon sholat. Qashar hanya berlaku untuk sholat yang rakaatnya ada empat, jadi singkatnya yang boleh di qashar hanyalah sholat Zhuhur, Ashar, dan Isya. Selebihnya itu nggak boleh. Berikut dalilnya:

”Sesungguhnya Allah telah mewajibkan sholat melalui lisan Nabi kalian s.a.w. bahwa untuk orang bepergian dua rakaat, untuk orang yang menetap empat rakaat dan dalam keadaan ketakutan satu rakaat.“(H.R. Muslim).

Jadi, ketika jama’ itu sendiri sunnah menurut jumhur ulama, qashar ini sendiri adalah WAJIB. So, diskonlah selalu sholat empat rakaat anda ketika bermusafir, kay?

anaknya GG banget

ajegile, GG banget nih bocah

Tatacaranya?
Tatacara men-jama’ dan meng-qashar shalat itu sederhana mawon. Misalnya anda jam 1 siang mau melaksanakan jama’ sholat zhuhur dan ashar, plus diqashar. Anda posisi berdiri, dah punya wudhu.
Tidak usah melafalkan macem-macem. Misalkan brosis kepikiran begini di hatinya:

“Ah, gue pengen sholat zhuhur ashar nih! Gue jama’ ama qashar, capek gile tadi di jalan….”

Itu sudah cukup! Tinggal baca bismillah, terus Allahu Akbar! Sebetulnya niatnya itu ya nggak ada bacaan khususnya. Karena niat sholat itu tempatnya di hati, bukan di lisan (Mas Jack dapet dari guru ngaji, thanks ustadz).

Sholat jama’ dilaksanakan dengan melaksanakan sholat yang waktunya lebih awal duluan.. jadi kalo jama’ Maghrib Isya, yaa sholat Maghribnya dulu yang dilaksanain keless.. Ngoahahah

======================================

Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat.. Semoga sahabat JR selamat sampai tujuan..
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

10 thoughts on “Bagaimana aturan main melakukan jama’ dan qashar shalat wajib, terutama pas mudik? Check it out folks.

  1. gini nih artikel yang mantep, tapi kalo artikel sholat jangan dikasih gambar cewek bukak aurat dong, cukup gambar orang sholat 😀

  2. nice masjack! btw itu jarak harus ya? soalnya kadang kalo di jakarta macet di dalam tol bisa habis waktu maghrib sendiri. meski sebenernya kalo di angkutan umum sholatnya sambil duduk sih. o ya, kalo sholat sambil duduk tetep 4 rakaat atau termasuk yg boleh diskon?
    maturnuwun. semoga amal dan paypal nya bertambah!

    • kalau jarak tempuh perjalannya masuk batas minimal qashar, bisa diqashar alias cuma 2 rakaat.

      kurang dari itu tetep 4 rakaat.Tetep sah dilaksanakan dengan kondisi duduk karena masuknya rukshah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s