jackalride

ride through the night

Peran penting warna monokrom (hitam, abu-abu, putih) dalam sebuah desain produk

11 Comments

Hallo folks.. Lama tak jumpa

monokromik color1

Mau mbahas apa ya? Hmm pagi ini jackalride pengen mbahas tentang desain lagi aja ya, gapapa kan? hehe.. Kali ini Mas Jack pengen bahas masalah peran warna monokromik (putih, hitam, dan abu-abu/silver) dalam sebuah desain motor.


Dalam sebuah spektrum warna, ada warna yang disebut monochrome atau monokrom. Monokrom, maksudnya adalah warna tersebut hanya terdiri dari satu spektrum.. Hanya ada dua warna monokrom, yakni hitam dan putih. Grey atau abu-abu ini ya… memang bukan monokrom sih :p tapi saya bahas sazza kan gapapa, toh masuknya ke warna material.

Biasanya kalo kita mendengar atau melihat produk-produk otomotif yang mengusung kata “special edition” atau edisi khusus.. Yang terpikir oleh kita adalah produk itu warnanya hitam.  Di sisi lain, banyak loyalist klasik yang membalur motornya dengan warna abu-abu. Warna putih pun, tidak absen dalam menyertai produk-produk low cost, iya apa enggak.. iya toh.

Lalu, bagaimanakah efek dari warna monokrom terhadap “kesan” dari motor? berikut saya paparkan.. tapi bentuk gambar ya, biar bagus, kalo kegedean file nya dan makan bandwith, sori nih, hehe :mrgreen:

monokromik color2

Warna hitam adalah warna yang paling menyertai produk-produk yang special edition, walau mungkin belakangan ini warna putih mulai banyak digunakan di produk-produk selain otomotif.  Mengapa? Karena hitam sendiri menambah “kekuatan persepsi” dari produk itu…  Kalo di produk low cost, kelihatan lebih sangar.. Kalo di market high-mid, produk terlihat lebih njepampang atau eksentrik! Selain itu.. untungnya, warna hitam itu biasanya paling murah, hehe 😆

Karakter warna hitam adalah “menguatkan”. Dalam komposisi yang kecil.. Menguatkan kesan psikologis warna, dan dalam komposisi yang besaaaar.. Menjadi ekslusif, dengan warna yang menyertainya dianggap sebagai “kesan tersembunyi” yang misterius..!

 

monokromik color3

Warna abu-abu sendiri artinya kekuatan. Kalo digunakan di material.. Memberikan kesan hakiki dari material itu sendiri! Coba saja tengok sekeliling. Motor lawas alias motuba yang materialnya konon masih didominasi logam, bakal terkesan sangar kan, dengan balutan warna abu-abu? Coba, motor sekarang yang materialnya dominan plastik, saya nggak yakin banyak produsen mau membalut dengan warna abu-abu, kecuali build nya bagus!

Abu-abu itu, dipakai dalam komposisi kecil pun akan dominan.. Apalagi kalo dominan! Hmm.. Kesan warna bisa dimakan semua.

 

monokromik color4

Warna putih yang terakhir. Warna ini memberikan kesan yang lebih “user-friendly” karena warna putih sendiri sebetulnya mengusung tema netralitas.  Selain itu.. Putih juga dipercaya sebagai kesan yang bersih.

Karakter warna putih adalah “melemahkan” dan menetralkan kekuatan warna. Pada komposisi yang tepat, produk akan terlihat lebih friendly dan menarik.. Pada komposisi yang terlalu dominan, yaaa produknya keliatan lemah, itu sih.

=====================================================

Lalu bagaimana ngaruhnya antara warna-warna tersebut dengan strategi korporasi?

Simpel saja!

Coba liat deh, warna “identitas” yang diusung oleh sebuah produk itu apa? Warna identitas yang diusung oleh korporasi tersebut apa?

Seinget Mas Jack tuh begini: Honda (Merah), Yamaha (Biru), Suzuki (Biru Muda), Ducati (Merah-Putih), Kawasaki (Hijau-Hitam), KTM (Orange-Hitam), dan lain-lain. Masing-masing mengusung tema produk yang berbeda-beda, dan mencoba mencari market share yang berbeda-beda dengan menyasar golongan tertentu.

Sekian artikel pagi, lanjutannya di artikel lain ya.

Keep riderhood!

 

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

11 thoughts on “Peran penting warna monokrom (hitam, abu-abu, putih) dalam sebuah desain produk

  1. Jooosss lek nambah pengetahuan

  2. Wah, kalau di pelajaran seni rupa saya HITAM dan PUTIH itu bukan warna..
    __________________________________________________________________________________

    http://digitalkaffah.wordpress.com/2014/06/30/cbr-lokal-bakal-diposisikan-sebagai-apa/

  3. ane designer tepatnya web designer, tapi ane kebetulan juga penderita buta warna partial, jadi semua design ane kebanyakan di dominasi sama warna-warna itu. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s