jackalride

ride through the night

5 hal yang harus dijaga pada CBR150 FI selanjutnya

12 Comments

Hola folks
Malaam… Saya jadi bertanya-tanya.. Mengapa ya CBR150 versi lokal tiba-tiba sazza hilang kabarnya dari peredaran? Entah mengapa ya. Saya pun kepikiran mau bikin artikel tentang itu. Hehe. (ora nyambung)

diambil dari iamabiker.com

CBR150 lokal ini otomatis akan membawa nama besar CBR yang lama mengaspal di Indonesia. Berikut ini, hal-hal yang menurut Jackalride pentiiing banget buat diperhatikan oleh AHM sebagai produsen.. Apa saja yang harus dijaga atau di maintain dari CBR150R FI sebelumnya?


1. Build Quality!
Buatan lokal bukan berarti produknya boleh acakadut, ya nggak? Ambillah pelajaran dari cara merilis yang telah lalu, yang dinilai “keburu-buru” atau kesusu (boso jowone). Stay calm, fokus aja buat bikin yang bagus.
Sah-sah saja kalo niatannya ngejar momentum, tapi momentum kalian itu udah telat. Makannya, daripada ngejar momentum yang tak pasti dan memberi harapan palsuuu (halah), kejarlah kualitas produksi. Saya yakin perusahaan gede sekaliber AHM pasti bisa. (Kecuali kalo alasannya efisiensi biaya, itu dah angkat tangan saya)

2. Ergonomi
Menurut Jackalride pribadi.. Ergonomi CBR150R FI perlu dipertahankan. Posisi riding yang nunduk tapi mampu membagi beban otot secara fair ke tiga titik… Menurut Jackalride, ergonomi ini bikinnya ga main-main. Bisa keren, handling terjaga, namun ga pegel.
Harus dijaga, begitu sih Jackalride bilang.

3. Performa (menjaga Racy!)

Performa CBR series yang lebih ke racy memang harus dijaga. Karakter mesin yang kalem dan smooth di bawah namun galak di atas… Membuat CBR series punya ciri khas tersendiri yang selalu dicari oleh pencinta CBR!
Berbeda dengan adiknya si CB150R Streetfire yang walaupun motor kenceng tapi menganut setting mesin harian, dengan rasio gir yang pendek-pendek. Nah itu, yang harus dibedakan dari adiknya (walaupun mesinnya samaaaa). Pembeli CBR150R ini kan orang-orang yang ngejar performa yang lebih racy dibanding adiknya.. Jadi penuhilah ekspektasi mereka, bro!

4. Keep the Design simple!
Gen CBR dikenal dengan desainnya yang simpel dan nggak neko-neko. Bisa jadi, fans setia CBR series menganggap ini sebagai selling point yang mereka butuhkan (dan mungkin di mata fans boy pabrikan sebelah, desain CBR terlihat cemen).
Perlukah membuat desain baru yang totally-out-of-the-box dan fresh alias beda banget bangets dari pendahulunya? Menurut pribadi Jackalride, itu nggak perlu folks!

*terus Mas Jack dilemparin kaleng*

Kok gitu? Lha iya, emang mau seheboh apa toh CBR nya nanti? Kalo lebih heboh dari CBR250, apa nggak jadi makan sodara? Lha terus gimana?

Gimana kalo tambah jualan optional part aja? Seperti yang dilakukan pada R15. Menurut saya itu pilihan yang bijaksana yang patut ditiru. Menambah laris produk, meningkatkan pemasukan dari produk sampingan.

Nah, karena desain ini juga merupakan identitas CBR dan ekspektasi pembeli, mengapa tidak dijaga?

5. Buatlah bebas masalah!
Dua tahun berlalu semenjak AHM mulai memunculkan trio sport injeksinya yakni CBSF, NMP FI, dan Verza.. Sudah banyak keluhan pelanggan yang mereka tuai, terutama dari CB150R, yang notabene bakal jadi basis mesin si CBR150 lokal. Semoga masalah ini nggak berlanjut ke depannya.

Demikian analisis sederhana dari Mas Jack, ada yang mau nambahkan? Boleh kok dibawah, hehe… Siapkan cicilanmu 😀

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

12 thoughts on “5 hal yang harus dijaga pada CBR150 FI selanjutnya

  1. yg penting jgn kesusu kaya sebelumnya

  2. performa racing ga harian hueh hueh hueh

  3. sekarang malah berharap harganya 30 an lebih dikit, asal kualitas ga dikurangi, wkwkwk

    ————————————
    marquez bermain-main dengan Lorenzo di Mugello?? yuk kita cermati lagi gimana sebenarnya kejadiannya

    http://lovemotobike.com/2014/06/03/marquez-bermain-main-saat-balapan-di-mugello-yuk-lebih-respek-sama-lorenzo/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s