jackalride

ride through the night

Segmen Sport 150cc memang pasar yang “panas”! Mengapa?

9 Comments

Hello folks

gambar copas dari blognya wak haji taufik.

Gimana kabarnya? Lama tak berjumpa.

Akhir-akhir ini yang jadi artis di dunia persilatan motor memang dua motor sport 150cc fairing yang baru digarap tahun ini: R15 dan CBR150R lokal. Keduanya masih berada di titik didih tinggi, yang satu bikin fansnya galau, yang satu bikin fansnya gundah gulana.

By the way, mengapa sih segmen motor sport 150cc begitu panas dan diminati secara general?

Jackalride mencoba bertapa di depan laptop… Berpikir.. Sesekali nyeruput kopi.. Sesekali nyetel PV Koisuru Fortune Cookie.. Ups ๐Ÿ˜†

ups, ketahuan deh tontonan saya apaan ๐Ÿ˜€

Lupakanlah gambar diatas, kalo mau nonton video klipnya, download sendiri ya, hahaha.

Berikut poin2 yang bisa Jackalride jabarkan.. Mengapa pasar sport 150cc begitu “panas”?

1. Tepat untuk performa harian
Menurut pribadi Jackalride.. 150cc itu pas banget untuk ngejar performa harian? Kok bisa sich…? Sebetulnya motor itu, ketika bicara motor yang “performa harian”, kita akan mendapati di pasaran bahwa motor harian itu ya performanya “segitu”. Ngerti kan maksud saya?

Memang mungkin ada yang lebih kenceng, ada yang akselnya lebih joss, ada yang torsinya gede blablablabla.. Iya iya deh… Tapi kalo kita lihat secara general, memang performanya motor harian itu disetting supaya berada di kisaran “tertentu”.. Mungkin ada penyimpangan sekitar 20% dari performa motor komuter pada umumnya pada setiap produk motor yang berbeda.. Tapi ya yang namanya motor harian, ya memang segitu-segitu aja.

Performa yang segitu-segitu aja itu bisa dikejar jika kubikasi motornya yang sebesar 150cc.. Apabila kubikasi diperkecil malah tenaganya letoy, dan kalau lebih besar lagi misalkan 200cc keatas, takutnya malah kegedean tenaganya, dan penyimpangan dari “performa harian” pada umumnya bisa terlalu besar… 150cc malah pas. Kalo dibawa santai cukup bertenaga.. Kalau dibawa kenceng, kencengnya masih masuk akal untuk ukuran jalan umum!

2. Masih Irit
Pada kisaran 150cc, motor sport masih bisa dikejar keiritannya. Dengan kata lain, motor sport 150cc diharapkan masih seirit motor-motor pada umumnya di jalan. Atau bahkan lebih irit dari umumnya..? Hmmm..!

Kita tahu sendiri mental orang Indonesia ini. Pengennya motor sport yang tampangnya ganteng, bisa dibawa kentjang, tapi kalo dah urusan konsumsi bbm.. Pengennya irit seirit-iritnya kalo bisa 150km per liter! Nah, di 150cc ini, mengacu pada poin pertama tadi… Kencengnya dapet, tenaga ga letoy, tapi ideal dalam keiritan.

3. Harga terjangkau
Pengen motor sport yang kentjang…? Ganteng..? Adaaa.. Beli aja Kawasaki Z1000, Ducati Panigale, CBR Fireblade, dll. Kenapa? Mahal..? ๐Ÿ˜†

skandal baru peluncuran R15…? ๐Ÿ˜†

Karena “kapasitas” mesin yang besar.. Harga jadi mahal. Tapi dengan menanamkan mesin 150cc 1 silinder.. Seperti yang saya bilang tadi, performa dapet, irit dapet, dan harga bisa disetting jadi terjangkau.

4. Banyak produk di segmen ini
Yang terakhir. Adalah karena di segmen ini banyak pemainnya..! Lhooo terus kenapa kalo banyak pemainnya?
Orang Indonesia ini memang punya mental “gengsi”. Punya apapun, pasti dibanding-bandingkan sama orang lain. Mulai dari nilai raport.. Postur tubuh.. Kekayaan.. Bahkan istri pun dibandingkan dengan tetangga.. Jadilah cinta pada pandangan tetangga.. Eits eits ๐Ÿ˜†

Bercanda folks ๐Ÿ˜€

Maksudnya, karena gengsi di segmen 150cc ini tinggi.. Orang akan berlomba-lomba memiliki sport 150cc. Mau fairing atau bukan, yang penting sport. Pacaran pun akan gengsi kalau tidak bermodalkan tangki depan. Mau Thunder 125 atau ZX14R, yang penting sport.. Iya kan? Begitulah.. Segitu pinternya pabrikan membuat “trend sosial” di masyarakat.

Lalu, kalau banyak produk di segmen ini, akan lebih ngena ke perkembangan teknologi. Otomatis, karena di segmen 150cc ini banyak pemain, maka setiap pemain akan mempertimbangkan product scaling mereka secara bijaksana, plusssss mereka akan jor-joran membanjiri produk mereka dengan teknologi tertinggi yang mereka punya, all out! Istilahnya, di perang ini semua fitur dikerahkan.. Dan jadinya perang teknologi..! Masing-masing motor, berkompetisi dalam kecanggihan motor mereka..

Bisa jadi, ini segmen yang paling menguntungkan dari sisi teknologi di mata konsumen..!

=================================================

Tahun ini memang tahunnya motor sport 150cc.. Apakah anda akan tertarik dan terbawa arus ini?

Silahkan kalau mau menambahkan.. Atau berbagi opini atau mengkritik artikel ini, saya ngga masalah selama kita saling jaga hormat sebagai sesama pengguna warung.

Mariko Shinoda AKB48

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

9 thoughts on “Segmen Sport 150cc memang pasar yang “panas”! Mengapa?

  1. Artikel terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s