jackalride

ride through the night

Beli Ninja 250RR Mono apa enggak ya? Ini dia plus minusnya!

43 Comments

Hello brosis. Mungkin munculnya Ninja Mono belum lama ini, membuat sebagian orang bingung, sebagian lagi tidak tertarik, dan sebagian lagi mupeng kuadrat alias kesengsem akut ama motor ini.

Mono!

Mono!

So, Jackalride disini mencoba untuk menuliskan, poin plus minus apa aja seeh yang bisa menjadi bahan pertimbangan masbro mbaksis untuk beli/tidak beli si Ninja Mono ini..!

The Like

Desain lebih bagus dari kakaknya!
Nggak bisa dipungkiri bahwa desain si Mono ini bener-bener membuat mata takjub.. Setidaknya, begitu menurut Jackalride (kalo njenengan ngga setuju ya gapapa kali). Kenapa demikian? Secara pribadi.. Rada sulit lho, membuat desain produk yang memiliki streamline yang “harus” sama dengan produk diatasnya… Kesan “lebih murah” harus keliatan, namun ga boleh jelek! Nahhh… Susah kan?

desain lebih bagus dari si dual silinder, imho...

desain lebih bagus dari si dual silinder, imho…

Namun dalam kasusnya si Mono ini, kok malah adiknya yang kedapetan desain yang lebih bagus yah..? Tentu saja dalam masalah selera, orang punya selera sendiri-sendiri. Yang jelas, desain si Mono ini sungguh memenuhi ekspektasi Jackalride secara pribadi.

Torsi lebih nonjok!

 

torsi si Mono lebih nonjok!

Ninja Mono, yang berbasiskan mesin KLX250 ini memang nggak mengherankan kalau torsinya ternyata lebih besar dari si kakak (torsi Mono 20,15@ 7000 rpm, sedangkan kakaknya 17,87@8500 rpm).. Wajar, mengingat basis mesin motor garuk memang jago di torsi. Walaupun dengan kompensasi top speed yang lebih rendah.. Performa harian lebih “dapet” dibanding kakaknya.

Sporty nya dapet!
Pemangkasan bobot si Mono besar-besaran hingga 151 kg, berpengaruh ke wujud fisiknya, dan hasilnya… Sebuah body yang begitu menonjolkan aura sporty. Setang underyoke, riding position yang racy, seat yang mungil khas motor balap, body yang ramping, trellis frame.. Beneran sporty.

2014 ini musimnya sport dan motor premium
Tahun 2014 ini adalah tahun dimana semua pabrikan berlomba-lomba menurunkan jagoannya di segmen terakhir: yaitu sport dan motor premium. Tahu sendiri lah, orang Indonesia itu banyak dipengaruhi oleh trend dan gengsi.. So, ngga heran bila tahun ini banyak orang yang pengen “naik kelas”, entah dari kelas bebek atau skuter… menuju kelas motor “laki”!

Tentunya, munculnya si Mono ini sebuah kejutan bombastis.. Sebelum trend mendarah-daging… Ehhh si Mono dah mbrojhol duluan.. Buat yang punya passion sebagai “trend setter”, si Mono ini adalah sebuah pembuktian yang tepat!

Nama besar Kawasaki!
Nama besar Kawasaki di segmen motor sport memang udah nggak asing lagi. Dari awal hingga akhir telaten di bisnis ini, walau di tengah pernah disambi jualan bebek dan ayago, kini konsistensi mereka berbuah manis..

Hampir semua orang bilang kalau motor sport itu Ninja! Lainnya…?

The Hate

Not recommended buat boncengan!

Backseat cuma segede jengkal nya Jackalride..

Backseat cuma segede jengkal nya Jackalride..

Seat yang super duper kecil… Jok yang tipis dan rada keras baik pengemudi maupun boncenger.. Plus ngga ada behelnya. Not recommended bener buat boncengan, dan sepertinya memang tidak direncanakan untuk dipakai boncengan!

Motor Ninja yang “nggak kenceng”
Ups, bukan mau ribut nih. Tapi top speed menurut klaim Kawasaki sendiri adalah 153 kmph (dan kayaknya on speedo), beda dengan kakaknya si dual silinder yang bisa mencapai 180-an kmph dan di upload di youtube (silahkan cari sendiri). Apakah 153 kmph itu pelan?

Bukan itu yang mau saya bahas.ย  153 itu kencang.. Kalo motornya kastanya dibawah ninja (misalkan CB150R).. Kalau Ninja Mono? 250cc, top speed dipangkas menjadi 153 kmph? Tentunya “gengsi” Ninja nya di jalan menjadi berkurang. Tentunya 4L4Y3RS yang di jalan mencari teman drag untuk mendekatkan diri pada Tuhan.. Bakal mengincar motor anda untuk dibleyer-bleyer di jalan!

Karena tahu top speed nya di kisaran 153 kmph.

Kenyamanan.. Minus!
Riding position se-racy Ninja Mono ini menurut jackalride pribadi tidak cocok untuk harian. Terlalu nunduk dan beban di pergelangan tangan tinggi, apalagi sudut putarnya memaksa punggung untuk lebih turun ketika memutar setir. Belum lagi speedometer yang kecilnya minta ampun.. Duh.. Itu mantaunya mesti susah kalau siang hari.

Speedometernya cilik! Segede korek api dari Alf*mart

Speedometernya cilik! Segede korek api dari Alf*mart

Oiya, joknya. Joknya sepertinya sudah diet busa.. Perlu merogoh dompet nih, buat menggemukkan si jok..

Belum semua pemain di segmen ini mengerahkan pasukannya!
Dengan kondisi saat ini, terlalu dini untuk membeli Ninja Mono ini. Kenapa? Karena CBR250R dual-keen dan R25 belum mengaspal di tanah air. Belum lagi pabrikan lain juga kemungkinan ikut meramaikan pasar yang panas ini.

Lalu kenapa bisa terlalu dini.. Well, bisa jadi, si CBR250R Dual-keen dan R25 lebih inferior dari si Ninja Mono.. Tapi bisa juga mereka lebih bagus dibanding si Mono! Sayangnya, saat ini kita tidak tahu bagaimana perbandingannya. Terkadang bersabar lebih baik, namun kalo sudah kesengsem akut, kenapa nggak sikat aja?

Motor Ninja terkenal sebagai incaran tindakan kriminal
Mungkin ini pertimbangan terakhir yang mempengaruhi rasa aman brosis. Seperti yang kita tahu, nama besar Ninja tidak hanya dikenal oleh kalangan orang-orang yang “lurus”. Di dunia hitam, nama besar Ninja pun tenar di kalangan orang-orang “nggak bener”, misalnya tukang begal, rampok, penodong, maling, dll dll… Ditakutkan, anda menjadi sasaran operasi kriminal orang yang niatannya buruk! Apalagi motor mahal ini belum dilengkapi tutup kunci magnet!

Semua karena ada niat dan kesempatan… waspada, brosis!

Belum lagi “sentimen” orang-orang terhadap motor mahal. Sebetulnya, itu hak anda untuk memiliki motor mahal, dan orang lain nggak boleh sirik terhadap rezeki anda.. Sayangnya tidak semua orang se-dewasa itu. Terkadang anda mendapati kaca spion pecah, motor dibaret, dan lain-lainnya ketika parkir di fasilitas umum, semata ulah orang yang iri atau iseng.

______________________________________________

So, apakah cukup memberikan pertimbangan untuk brosis? Semoga bermanfaat! Kalo ada yang kurang atau merasa kurang sreg dengan isinya.. bisa ditanyakan atau didiskusikan di komentar..

Makasih!
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

43 thoughts on “Beli Ninja 250RR Mono apa enggak ya? Ini dia plus minusnya!

  1. geger awal spyshootnya doang ya kang, giliran harga dimunculin gk kedengeran gaungnya. nabung dikit lagi bisa dapet kakaknya hehe

  2. ra sido tuku *padahal dari dulu ga punya niat beli ๐Ÿ˜€ . eh kira kira tahun 2016 motor sport dah pada bagus belum ya

  3. plusnya tambah ganteng ๐Ÿ˜€

    —————————————————————
    Bahaya Melepas Cover CVT
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/06/bahaya-menggunakan-cvt-trondol/

  4. Jujur saya di bandung belum bisa melihat penampakkannya…dengan adanya artikel ini sudah menjawab secara vortual..joss kang bro

    http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/05/pcx150-mau-dilokalkan-duh/

  5. Ninja Mono beda segmen dengan tiger om bro, walaupun mungkin nanti tiger FI bakal 250cc, tapi segmen yg dituju sudah berbeda. Racy vs touring. Saya rasa akan lebih bijak bila pembahasan artikel ini lebih kepada segmen tujuan si mono, sudut penilaian jangan diarahkan selayaknya motor2 buat touring apalagi buat bonceng emak2 ke pasar, yo beda jauh tho mas ๐Ÿ˜€

    • Yang saya temukan malah si ninja mono ini lebih ke penggunaan harian bro.. Memang bukan maksud mau membandingkan motor beda segmen.. Si macan dengan si mono, sudah jelas beda segmen.

      Akan tetapi, ninja mono ini lebih kepada spek harian bro kalo dari performa mesin. Oleh karena itu saya ambil paradigma nya bahwa ini motor adalah sport tapi harian. Bisa dibaca di sini (http://motor.otomotifnet.com/read/2014/03/05/347803/38/13/Test_Ride_Kawasaki_Ninja_RR_Mono__Motor_Harian_Rasa_Balap) bahwa si Mono ini adalah “Motor Harian”.

      Dari performa mesin yang lebih nonjok di aksel dan torsi… Sudah jelas peruntukannya buat harian. Namun dengan stang underyoke dan backseat sebesar itu.. Rada ngga klop sama peruntukan mesinnya menurut hemat saya bro. Terlalu agresif untuk mesin yang peruntukannya harian.

  6. setangnya mono itu bisa d ganti ga ya? soalnYa kurang panjang dkit

  7. 153 km??
    170 km juga sampai
    Ane udah coba sendiri
    Dan pas mudik kemarin enak bgt buat selap-selip karena body nya ramping
    Malah kakak nya ga bisa apa” klo udh macet karna ke gedean faring

  8. Tentunya 4L4Y3RS yang di jalan mencari teman drag untuk mendekatkan diri pada Tuhan.. Bakal mengincar motor anda untuk dibleyer-bleyer di jalan!

    Ngakak banget liat paragraf ini hahahaha

  9. Saaya nyimak..nunggang si mono jg koq bwt harian..dr masalah torsi..topspeed..sampe alay2 djalan pun saya udh coba brooo.dulu ane pake 250r karbu!! Skrg pake mono..ente semua sebenernya dh pada pnya ninja atauw pake ninja blm?? Sii mono tuu emang agak pegel dikit klo bwt harian..stang yg dbawah segitiga susaah klo bwt macet..klo track lurus okee..sistem rem pun stabil.klo bwt boncengan gk ush ditanya..rasain sendiri aj pegelnya gmn..torsi enak saat masuk rasio bawah gigi 1 dan 2 lumayan panjang ktimbang 250r karbu(standar pabrik)..bwt top speed?? Skrg ane tanya..entee semua lwt jalanan mana bisa sampe top speed sgtu..??recoment alaay dYoutube?ane cma biisa sampe 110kurang lebiih tuu puun adaa mobiil yg kasiih sen kiiri..org nyebrang..inii jalan rayaa brooo..sgtu murah nyawa entee kasiih cma bwt liat top speed..klo emang bnr..kasiih penampakan face ente sampee enteee semua nyalain tuu motor..teruuus rec. Daaaah tuuu berapa top speeeed enteee semua..anee jawaaab enteee titisan deewa!! Skrg dmn jalan kosooong?? Top speed cma bisa dicapai saat jalan kosoong hingga 25KILOMETER…disitu puun gk ad stabil..putaran rodanya..!! Belajar ilmu fisika jg tooh? Lanjut lagii..kata siapa incaran kejahatan..trgantung amal ibadah..klo ilang yaa bukan rejeki.yang bener tuu incaran para malaikat pencabutnyawa!! Apalagi saat ada org yg incar untuk bleyer-bleyet djalan.masaa ada mampu bwt beli motor berikut bensin.gk mampu bwt sewa sirkuit?disitu ketahanan motor diadu..saat buka tutup gas saat manufer..dmn RPm tinggi saat masuk tikungan..bukan liat top speed tunggangan masing2 dijalan raya!! Gk abis pikir aj broooo…

  10. ane juga pake ninja rr mono bro ane test ru nyampe 145 kph gigi 5 di jalan cacing cilincing tuh jg lum nyampe abis gigi 5, dari 0-100 kph cepet bgt naiknya. mantap dah. pernah di jajalin ma si raja pas gi pulang kerja,bisa dijabanin sama si mono

  11. review ente kok beda bro sama yg ini
    http://7leopold7.com/2014/05/10/review-harian-kawasaki-rr-mono-seringan-150cc-sedahsyat-250cc/

    saya lg cari review si mono ini
    banyak positif atau negatifnya
    tujuannya beli ini ya buat harian, maen sm tmn dan nongkrong2
    saya bukan anak motor, tp g salah kan pengen punya motor bagus karena bosan pake motor bebek hehehe…
    berkat blog ente ane jd bingung gara2 ada kalimat Motor Ninja yang โ€œnggak kencengโ€ & Kenyamanan.. Minus!
    tp ada komen di atas yg g setuju sm ente dan link yg saya kasih
    ada rekomendasi buat ane ga sehubungan dengan tujuan ane beli mono ini ??

    • betul bro, review saya memang beda dengan punya om leopold, karena review saya ini sebatas first impression. Adapun performa yang saya maksud nggak kenceng itu adalah sebatas dari “diatas kertas” atau spesifikasi tertulis yang ada di media, dengan pertimbangan sifat alamiah asli mesin KLX250, dan juga beberapa dynotest. Singkat kata, saya belum melakukan actual test. Jika saya bikin bingung, saya mohon maaf nih.

      Tapi yang saya perhatikan segi kenyamanan memang mono itu kurang (FYI saya tinggi 167cm, saya tipe orang yang badannya lebih besar proporsinya daripada kaki karena saya lumayan berisi hahaha :lol:).

      Mulai dari speedo yang kecil itu, stang underyoke yang menurut saya terlalu mundur, dan ditambah lagi jok boncengers yang tampaknya hanya sebagai aksesoris saja. Segitiga berkemudi dari motor ini juga dirasa kurang nyaman, pantaslah bila om leopold bilang kalau motor ini bakal jadi korekan drag. Beberapa media otomotif malah ada yang merasa motor ini cukup nyaman dan jago selap-selip, beda kan sama yang saya katakan?

      Saran saya, jika anda termasuk orang-orang yang tidak terlalu bermasalah soal kenyamanan, dan lebih memilih performa mesin dengan akselerasi melimpah, dan handling yang lincah, ikuti saja keinginan masbro meminang si Mono.. :mrgreen:

      Apalagi masbro jarang berboncengan dan jarang touring..

      Adapun lebih baik lagi, saya sarankan masbro sendiri mencoba rasanya si Mono itu seperti apa jika masih penasaran. Karena menurut pengalaman saya, memang review motor itu relatif sih.. Kadang menurut media enak, menurut kita enggak.. Paling enggak saya disini cuma mbantu ngasi gambaran kayak apa rasanya

      Semoga membantu bro

      • yap karna om leoplold udah ngerasain sndri hehe…
        kl masalah speed saya g terlalu perduli karna namanya tinggal di jakarta yg kota macet, agak susah cari tempat n waktu buat liat top speed atau mau kebut2an.saya punya 2 pilihan si, 150 RR SE atau si mono ini ??
        saya pakai motor itu juga paling buat main, nongkrong, kerja, harian lah intinya
        menurut pribadi om mending yang mana di antara 2 pilihan itu ??
        minta pendapatnya om hehe…

        kl soal kenyamanan saya jelas suka yg nyaman, di reviewnya om leo jg di ksh tau nyaman di gang, jalan yg g bagus dll sampe ada fotonya kan.
        tp menurut om dsni bermasalah soal kenyamanan
        makin bingung kan wkkwkakwak
        saya emg lebih suka naik motor sndri om ๐Ÿ˜€

      • nah itu dia broh, kenyamanan itu relatif. Buat postur saya yang kayak beruang, bahu tegap tapi tinggi kurcaci ini agak kurang oke.. :v

        Lebih baik kalo masbro coba sendiri.. Antara 150rr atau Mono? Bukannya 150rr itu dah discontinue ya?

        Lagipula mesin 4 tak lebih ramah lingkungan broh. Kalo dari segi ini saya lebih pro sama mono. Soal kenyamanan bisa masbro coba sendiri.

        Oiya, coba lihat review media besar kayak otomotif.net dan sebagainya. Mereka menyebut Mono sebagai pengganti yang tepat untuk 150rr 2 tak, begitu yang saya tangkep.

        Semoga membantu ya bro.

      • ok dapet 1 suara buat si mono hehe
        kl saya tinggi 170, agak gemuk tp g bs di bilang gemuk (karna g PD aja x sayanya :v)
        nah itu di blog om leo ada fotonya, mono keliatan jadi kecil banget :v

        RR150 New msh ada bro, td saya dari dealer resminya di jaksel hehe…
        mksh bro jack atas pendapatnya dan reviewnya ๐Ÿ™‚
        sangat membantu ๐Ÿ™‚

      • Itu memang mono dibikin kecil tujuannya biar pemangkasan bobot bro, biar lebih gesit aja.. Bayangkan, mono bisa beda sekitar 15kg lebih dari CBR250R, sama2 satu silinder.

        Selain bodi dibikin kecil, sasis juga pake teralis yang lebih enteng.. Nambah lincah jg sih. Konsekuensinya, yang berbadan beruang makin keliatan kayak marsha and the bear :mrgreen:

        Iya bro RR150 masih ada, tp dah bukan produksi baru..

        Sama-sama bro, jangan kapok main kemari

  12. ya kl besar2 g kuat jg ane :v
    wew masha n the bear :v

    sip, kl ada ilmu2 tentang komputer boleh jg hehehe

  13. di 2016 harga ninja rr mono berapa z

  14. Semua tergantung kebutuhan si buyer?
    Klo mau Comfortable : jgn beli
    (smua type sport yang nungging g ada yang nyaman, kecuali sport touring “CBR150/250”)

    Klo mau kejar torque : patut dibeli
    “Betotan cross tw lah”

    Klo mau naik sm pacar : jgn beli (bakal pegel 2x lipat) smua ninja bakal pegel..
    “Kecuali ninja sport touring N-400″

    Klo masalah visual,banyak kekurangan jgn kwatir indo tuh negri impian..
    Lu bisa modif apa yang lu pengen..
    Asal kuat dompet aja eehehe

    Klo dirasa udah cukup, ya ga ush modif..
    Toh.. diluar sana, km bs nunggang aja lbh bruntung drpd yang blm dpt rejekinya.

    Intinya sesuaikan kebutuhan km aja..
    Saya aja Ninfi 2013 smpe skrg kilometer baru 3000an, jrg dipake.. cuma suka aja,modif” dikit
    Ga pernah buat boncengan

    Klo harian pake matic aja,ato boil
    Lbh bs control emosi

    “Semakin besar power
    Keep control emosi”

    ^^)/ kipbraderhud…

  15. Kira kira ada kondom tangki yang serupa dengan ninja 250 karbu ga? Soalnya yang original ini, aga membungkuk, kalo yang ninja 250 karbu kan aga kotak tuh aga rata.

  16. Kurang srek lampu depannya doank

  17. Kata orang lampu depannya jelek coba kaya kakanya lampunya kerrn banget

  18. mendingan kakaknya..

  19. Iya lampunya kurang gmna gitu gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s