jackalride

ride through the night

7 prinsip manly para Bushido, biar manly kuadrat

8 Comments

Selamat pagi menuju siang brosis. Hari libur bukan halangan untuk bikin artikel aneh 😆

Brosis tahu bushido? Bushido itu adalah prinsip-prinsip yang dipegang oleh para samurai di zaman dahulu. Ibaratnya, bushido itu prinsip ksatria atau jalan para ksatria. Diambil dari kata “bushi” yang artinya ksatria, dan “do” yang artinya jalan. Bushido berisikan 7 prinsip, dan ternyata prinsip itu mengajarkan nilai-nilai moral, dan bisa diaplikasikan hingga zaman sekarang, terutama pada para lelaki yang notabene adalah ksatria!

Apa aja sih 7 prinsip itu?

1. Integritas / Gi
Seorang satria sejati akan berkomitmen dan konsisten terhadap kepercayaan yang ia pegang. Bermoral, berprinsip, punya pegangan. Orang yang berintegritas akan melakukan hal yang benar pada setiap saat dan setiap waktu. Ia pun tetap akan berbuat hal yang benar walaupun tidak ada orang yang melihatnya.
contoh praktek manly nya:
Tidak berbuat baik hanya ketika diliat orang, karena kebaikan harus dilakukan setiap waktu. Punya prinsip, memegang prinsip, dan mengajarkan prinsip! Terutama, tidak plonga-plongo ketika dilanda masalah hidup.

2. Keberanian / Yu
Seorang lelaki sejati tidak akan mendekam karena rasa takut. Seorang lelaki sejati harus memiliki keberanian para satria. Keberanian yang sejati akan dipenuhi resiko, dan sejatinya keberanian akan mengantarkan kepada hidup yang bermakna, berisi, dan indah.
contoh praktek manly nya:
Mencari tantangan baru dalam hidup, tidak takut untuk mencoba, menempa diri melalui latihan, berani menyuarakan kebenaran, berani menentang hal yang buruk. Pokoknya coba terus, jalan terus!

3. Kebajikan / Jin
Seorang satria umumnya lebih kuat dari orang lain karena ia selalu mengasah dirinya melalui latihan dan pertempuran. Satria sejati tidak memanfaatkan kekuatannya di jalan yang buruk. Sebaliknya, kekuatannya selalu digunakan untuk kebajikan. Di dalam diri mereka ada dorongan untuk berbuat kebajikan. Mereka akan menolong teman atau orang lemah yang meminta kepadanya, setiap ada kesempatan.
contoh praktek manly nya:
Membela yang benar, tidak berkhianat, tidak membiarkan situasi membuat diri berpindah ke jalan yang buruk. Jadilah lebih kuat dari kekuatanmu. Jangan menjadi budak kekuatan, pangkat, jabatan, hingga akhirnya menyengsarakan orang.

4. Respek / Rei
Seorang lelaki yang merupakan ksatria sejati tidak perlu bersikap kasar. Mereka tidak perlu untuk menunjukkan bahwa mereka itu kuat dengan cara pamer, menindas orang, dan sebagainya. Seorang satria sejati akan respek kepada siapapun walaupun itu musuh mereka.
Seorang satria sejati tidak hanya dihormati dari kemampuannya dalam bertarung, namun juga bagaimana ia hidup dalam lingkungan sosialnya.
contoh praktek manly nya:
Bergaul lah dengan baik, aktif dalam lingkungan sosial, aktif dalam organisasi, ikut kegiatan warga, menghormati para guru dan senior, menghormati yang lebih tua, menjaga silaturahmi, dll.

5. Kejujuran / Makoto
Ketika seorang satria mengatakan suatu hal, sudah pasti hal tersebut akan selesai dan terlaksana. Ia tidak munafik. Mereka tidak berjanji, tapi mereka menyelesaikan apa yang seharusnya dijanjikan.
contoh praktek manly nya:
Tidak berbohong, tidak berbohong, dan tidak berbohong. Lakukan apa yang kamu katakan. Jangan banyak berjanji dan jangan banyak bicara, karena melakukan itu lebih baik daripada membicarakannya.

6. Kemuliaan / Meiyo
Kemuliaan seorang satria dilihat dari dirinya. Bagaimana ia membuat keputusan dan bagaimana cara yang ia pilih untuk melaksanakan keputusan adalah cerminan seberapa mulianya mereka.
contoh praktek manly nya:
Menggunakan cara-cara yang baik dalam menyelesaikan masalah, tidak menyengsarakan orang, mampu memikirkan keputusan yang terbaik untuk semua pihak, kemanusiaan nya tinggi. Memikirkan yang terbaik untuk semua orang, siapapun itu.

7. Kesetiaan / Chu
Seorang satria bertanggung jawab terhadap apapun yang mereka katakan dan lakukan, berikut dengan konsekuensinya. Mereka setia dengan orang yang mereka layani.
contoh praktek manly nya:
Bertanggung jawab, tidak asal lari, tidak berbuat menuruti hawa nafsu, setia dengan orang-orang yang menyerahkan diri kepada anda (saudara, orangtua, pasangan hidup) dan kepada orang yang anda serahkan diri anda kepadanya.

Fiuuuh panjang ya?
Oke, dapat maknanya? Semoga 7 prinsip ini bisa diamalkan dalam hidup karena memang bagus sekali, menurut Jackalride secara pribadi. Saya sudah sertakan contoh, semoga bisa dipahami lebih dalam

artikel ini nggak ada hubungannya dengan Satria FU ya :mrgreen:

bonus: Ghaida JTK48! (tomboy girl is the best)

tumblr_n2252luTuB1rifqpuo1_400

 

waow lidahnya...

waow lidahnya…

tumblr_n1qq5w4sYs1rifqpuo1_1280

Thank you udah membaca!

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

8 thoughts on “7 prinsip manly para Bushido, biar manly kuadrat

  1. bonusnya yang kerennn~ :v
    ————————————————————-
    Kumpulan Misteri & Fakta Unik http://detikdunia.blogspot.com/

  2. kalau fbh oon alayers punya prinsip ini nggak ya ?
    hihihihihihihihihi…..

  3. keren artikelnya on jack. selain jiwa satria tentu kita harus kreatif, salam
    http://www.bordiranku.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s