jackalride

ride through the night

Peletakan Jeda pada Iklan ini menimbulkan multitafsir, IMHO.

29 Comments

Jadi ceritanya..

Jackalride sama Lovemotobike lagi habis makan soto. Ndilalah ketemu truk beginian. Pas lewat dari dekat.. Sampe ngakak itu si Lovemotobike. Nah saya juga mikir kenapa dia ngakak..

IMG_20140314_114107

wait.. Apa itu?

Waktu itu jackalride foto dengan buru-buru karena lucu. Jujur aja, setelah artikel ini direvisi atas permintaan pengunjung, akibat menimbulkan multitafsir. Multitafsir itu takutnya dimanfaatkan oleh para pembece, dan mungkin ada sarkasme masuk dari yang Jackalride tulis tentang itu, sehingga artikel ini saya revisi.

Kenapa?

Coba, disimak baik-baik desain iklan berikut ini:

zzzzzzzz.....

Peletakan jeda pada iklan ini bisa dua lho: di satu sisi bisa dibaca sebagai ngiklan DOHC nya, di satu sisi bisa ngiklan BC. Gimana tuh maksudnya? Simak dibawah.

Nah, gimana tuh maksudnya multitafsir..? Disini ada dua contoh tafsiran sebagaimana yang saya sebutkan? Di mana bedanya? Yaitu tergantung pada bagaimana anda meletakkan komponen kata (A)”100% MOTOGP” dan (B)”Bermesin DOHC”.

1. Kalau “100% MOTOGP” dan “Bermesin DOHC” itu kita sambungkan menjadi satu deskripsi kalimat utuh (komponen A dan B digabung)  seperti ini: “CB150R, 100% MOTOGP Bermesin DOHC, Ada yang lebih canggih?” maka kesan yang didapat adalah bahwa 100% MOTOGP menggunakan mesin DOHC, dan CB150R pun menggunakannya, jadi CB150R canggih dooooongg…

Itu satu, yang kedua sebaliknya

2. Kalau “100% MOTOGP” dan “Bermesin DOHC” itu KITA PISAH (komponen A dan B dipisah) menjadi dua deskripsi untuk CB150R.. Inilah yang menimbulkan perbedaan tafsir? Gimana bro maksudnya?

Kalo diliat di atas,sebetulnya tulisan komponen A dan B itu tidak seharusnya menggunakan dua format font yang berbeda. Kenapa? Karena bisa menimbulkan perbedaan tafsiran mengenai di bagian mana kalimat ini dipotong. Nah kalo menurut poin kedua ini malah cara bacanya kayak begini:

CB150R itu 100% MOTOGP, dan mesinnya DOHC. Ada yang lebih canggih dari CB150R?

Kesan orang membacanya malah jadi begini kan? => “CB itu darimana 100% MOTOGP? Baru mesin DOHC aja dah belagu bla bla bla, udah gitu nantangin orang lagi, udah kayak motor CB150R paling canggih aja sedunia!”

Coba bandingkan sama yang diatas.

Kok bisa sampe begitu cara bacanya? Jangankan pembaca yang nangkep kesan kayak gitu. Ada juga beberapa blogger lain yang kecele juga sama iklan ini! Ini gimana motong katanya, gitu kan.

Seharusnya sih font 100% MOTOGP dan Bermesin DOHC itu format font nya sama. Ada iklan yang secara format font lebih bagus lho.. Yaaahh walaupun yang satu ini rada nyindir, hehe :mrgreen:

walaupun BC, tapi format font iklan ini jauh lebih jelas dibandingkan iklan CB diatas.

Semoga iklannya ke depan tidak menimbulkan penafsiran ganda, maklum soalnya CB150R itu “barang panas”. Heboh sedikit bisa kena BC bahkan saya sendiri bisa termakan sarkasme penulisan.

___________________________________________
Kalo ada kritik dan saran, boleh lho.

Salam DOHC 6-speed. CB150R adalah motor ternyaman buat saya sampe saat ini.

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

29 thoughts on “Peletakan Jeda pada Iklan ini menimbulkan multitafsir, IMHO.

  1. bhuahahaha, 100% motogp….ono moto gp ga pake fairing 😆

    ——————————-
    Motor paling praktis sedunia

    http://lovemotobike.com/2014/03/15/motor-paling-praktis-sedunia/

  2. motogp sekok biting

  3. motogp kok bannya cacingan

  4. Objektif dan sedikit cerdas dong bro penilaianya, toh itu yang di maksud adalah DOHC nya yang emang dipake hampir semua pabrikan di MotoGp. Juga bukan masalah berapa cc, masalah tangki, Compresion Ratio, ECu, atau what ever..

    • Menurut saya pribadi sich ga ada lucunya sama sekali, itu permainan logika aja. Tinggal dibalik aja, adakah konfigurasi mesin selain DOHC yang lebih canggih dipake di MotoGP ? Konteks nya disini adalah DOHC nya (Doubel Over head chamsaft) nya, bukan gearboxnya, buan inline 4 cilinder atau V, dll..

    • mungkin karena adanya penggunaan kata yang rancu antara mana yang dipisah dan disambung, bisa menimbulkan perbedaan persepsi yang sedemikian jauh. Di satu sisi hanya menjelaskan, di satu sisi bisa dibaca sebagai pelecehan.

      sebetulnya kalau bicara cerdas penilaian atau tidak, itu tergantung persepsi masing-masing, nyatanya saya mendapati di sini ternyata banyak yang persepsinya sama dengan saya. Bukan bermaksud membenarkan dengan jumlah atau menjatuhkan njenengan lho bro. Artinya, memang desain iklan ini rancu sehingga menimbulkan multitafsir.

      Apabila artikel saya belum berkenan buat njenengan ya harap maklum, semua disini belajar. Yang penting jangan kapok main kemari.

    • @ bengs, terlalu naif jika cuman karena DOHC trus bilang 100% motoGP. Asal kamu tau 100% means totally same, alias sama plek ser, gak ada bedanya. Lain cerita kalo “DOHC technology motoGP”. Sekolah dulu yah, paling gak belajar EYD.

  5. wah bangun tidur baca artikel pagi.. gpp deh.ikut nyengir aja mikir yang desain tuh iklan siapa sih? pasti bukan fby… liat fisik cebe trus bayangin moto gp. gimana gitu…..

  6. Kalau dibaca terpisah gak ada yang lebay kok mas.
    CB150R.
    100% MOTOGP, BERMESIN DOHC. ADA YANG LEBIH CANGGIH?
    Menurut saya tidak ada yang salah.

    • Nah itu sama seperti yang dikemukakan bro Bengs diatas. saya sendiri mikir ini seharusnya dipisah atau nggak. Seandainya.. Tulisan 100% motogp itu menggunakan format tulisan yang sama dengan mesin DOHC di bawahnya, saya yakin ga banyak yang mengalami multitafsir disini.

      Tapi kalo masbro ngeliatnya berdasarkan perspektif yang seperti saya, seperti cara saya baca, ya keliatan lucu.. :mrgreen:

  7. saya kr ga ada unsr bc bd kl pny kompetitor yg scr trg2an …mgkn ini hny countet attack aja…imho
    slm satu hati

    • sori karena persepsi saya pas bikin artikel ini rada beda sama kebanyakan membaca.. IMHO juga, ni desain mbacanya rada multitafsir bro.. Jangan kapok main kemari ya 😀

  8. nomer 4,. kok gk 1000 cc,.? wkwk
    tanggapan tictac the blogwalker kira2 bgini,:

    pertama : klw si cibi tu msinnya 1000 cc bsar kmungkinan scara nalar dy gk bkl d ksi nama cb 150 r ndhess,.
    >> okeelah mungkin yg ni subjektif, cz siapapun mau kasi nama apapun sah sah aja,
    misal pabrik kasi nama cb 150 r trs stelah lu akad, ntah cash ntah kredit trus unit di anter k tmpat lu,
    elu yg jago mbuat desain stiker yg wah bnget yg klw lu tempel di body cibi punya lu, orang2 bakal prcya itu motr 1000cc pun jg sah

    nah yg kedua ini nih
    jngnkn ahm, atw honda, gua aja ragu sama lu sbagai pmilik warung klw lu trnyta punya duit yg cukup & sanggup utk nebus
    motr 1000 cc, punya pun lu gw jamin bakal pritungan, mnding di alokasikan utk yg laen daripada duit sgtu bnyak hnya buat bli 1 unit motr, walau itu motr 1000 cc
    itu baru belinya lho yah, blm ngempanin bahan bakar , maintenance dll nya, pasca belinya
    logikanya aja nie klw emng lu mampu, ngpain lu beli barang yg cc nya cmn 150 macem si Cibi.

    dan satu lagi jurdun Mo GP 2013 MM, itu pake mesin honda,
    jadi bnyak mngadopsi hal2 berbau pride & prestige yg ada di moto GP pd motor pabrikan yg beredar di jalan yasah2 aja lah.
    asal jgn ngaku2 tekno Mo, GP utk motr harian tp yg katanya giant killernya malah gak brani turn sirkuit dalm arti yg bner2 di sokong pabrikan, jor joran ngiklan via beli hak siar tp malah yg mnang pabrikan lain, dimana pabrikan lain jg uda kaya promo/ngiklan gratis saking sering di sorot kamera tanpa susah2 mbeli hak siar,
    dan tentu saja mreka jg gk kalah ngaku2 nya memainkan image knceng mo GP di motr harian mereka dan nge black campaign.

    dan satu lagi sanggahan gua trhdp sarkasme di artikel lu yg lu tujukan ke pabrikan mesin
    yg anehnya meski lu ragukan tapi mesinnya malah lu pake shari2 dan wlwpun lu terlihat mencaci kekurangannya.

    • sudah dibahas di atas bro ^
      ternyata peletakan jeda iklan ini menimbulkan multitafsir

      memang betul mungkin kalo dari artikel ini menimbulkan sarkasme berlebih, mungkin karena artikel ini saya tulis ketika tidak konsen alias mengantuk, emosi ga stabil, dll, maklum bro rata-rata artikel disini saya tulis setelah larut malam, maklum bro banyak kesibukan. Kalo ada kesan kayak gitu saya minta maaf ya :mrgreen:. Lebih banyak artikel bermutu lainnya selain ini, di blog ini. Hehe.

      artikel ini saya revisi bro
      nuwun masukannya
      jangan kapok bertamu kemari :mrgreen:

  9. Baru sebiji. Ada temennya lagi yaitu di frame teralisnya dan konsumsi bbm.. paling ngakak sih di konsumsi bbm nanyain “ada yang lebih irit?” Buanyakkkkk… cbsf borosnya setara pulsar 200 ns kok

  10. iklan kawak itu… yg dimaksud “cinta” ada hubungannya sama “heart”?

  11. With havin so much written content do you ever run into any issues of plagorism or copyright
    infringement? My website has a lot of unique content I’ve either created myself
    or outsourced but it appears a lot of it is popping it up all over the
    internet without my authorization. Do you know any techniques to
    help protect against content from being ripped off? I’d really appreciate it.

  12. Pertama baca iklan ini juga gt ngerasa ada yg kurang pas.. ini jauh sblm artikel ini sy baca.. So ini bisa jadi masukan buat pabikan atau brand mana aja yg mau buat iklan.. Tujuan iklan kan utk menarik perhatian dan menjelaskan suatu produk. Bukan begitu gan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s