jackalride

ride through the night

Verza Overheat (Sebuah artikel revisi)

94 Comments

Sore brosis

Artikel ini dibuat sebagai revisi, atas kesalahan info yang Jackalride sajikan kepada pembaca sekalian, terutama atas pertanyaan dari bro kenthoet (kenthoetboreup.wordpress.com), mengenai Verza merah yang mati mendadak waktu launching NMP FI pada artikel ini, silahkan cek=> Verza mati akibat lean sensor  . Mengenai matinya Verza secara mendadak bisa diklarifikasikan melalui Jackalride sendiri, RezaHolic, maupun sesepuh Pertamax7.

Yang ini cornering, terus mesinnya mati.. Ada apa gerangan..

Yang ini cornering, terus mesinnya mati.. Ada apa gerangan..

Ketika launching NMP FI seminggu silam, disediakan unit test ride berupa Verza, NMP FI, dan CB150R. Nah, beberapa blogger yogya yang mencoba Verza sempat menemui kendala.

Apa itu?

Mesin Verza mati ketika cornering!

Matinya mesin Verza tersebut dialami oleh bro Reza (Rezaholic) dan bro Irfan (pertamax7). Gimana bisa?

Ditengah sesi test-ride ketika si sport value ini dibawa cornering.. Tiba-tiba setang bergetar, tarikan throttle tiba-tiba tidak merespon pengemudi. Mesin pun batuk-batuk, kayak motor mati tiba-tiba, dan motor pun berhenti. Lampu sensor di speedometer yang warnanya kuning dan gambarnya oli, kelip-kelip. Bro Reza mengaku di bagian kaki, mesin terasa panas.

Orang dealer yang matanya cukup awas, pun datang menyamperin kami. Dia menuturkan kalo Verza ini bakal mati ketika miring nya 60 derajat. Biar safety, katanya.

panas merambat sampai kaki? Apa memang verza perlu dibekali cairan pendingin ya?

Jujur, hal yang pertama ditangkap oleh Jackalride WAKTU ITU, sebelum bro Reza memberitahu bahwa kakinya terasa panas… Adalah, motor ini mati karena Lean Angle Sensor yang mati ketika motor miring 60 derajat, seperti halnya yang dikemukakan oleh mas-mas dealernya.

Tapi ada hal yang janggal sebetulnya, yang baru Jackalride sadari:

1. Kalo motor itu mati karena lean sensor, akibat motor miring pada 60 derajat lebih, mungkin itu berlaku bagi ipan karena dia cornering sampai footstep nggasruk, tapi rezaholic ngga cornering, dan motornya tetep mati.

2. Kalo mati karena lean sensor, lampu warna kuning di speedo harusnya nggak menyala.

3. Kalo mati karena lean sensor, harusnya kaki rezaholic ngga merasakan panas berlebih dari mesin

4. Apakah dengan footstep dan ban standar, kemiringan motor sebanyak 60 derajat bisa dicapai ketika cornering?

Nah itu dia. Jadi Jackalride simpulkan bahwa Verza tersebut mati karena overheat alias panas berlebih.

Kok bisa, unit test dari pabrikan sendiri, memiliki “cacat” yang sampai ke tangan tester? Bagaimana quality controlnya? Bagaimana buildnya? Bagaimana blablabla prettt kretepettt dll nya?

Jackalride rasa.. Test-unit ini bukan test-unit yang “baru”. Artinya, sudah dipakai berkali-kali sebagai test-unit di tempat lain, coba deh, kenapa launching motor Megapro FI seolah “bergiliran” dari sabang sampai merauke? Mungkingkah karena menunggu test-unit yang disediakan pabrikan? Last, jikalau memang begitu, berarti besar kemungkinan bahwa si test-unit ini mendapat perlakuan kasar selama diangkut, bisa jadi kekasaran tersebutlah yang menjadikan mesin bermasalah. Atau bisa jadi masalah panas matahari yang menyengat ketika test-ride dan motor dibiarkan di luarlah yang menyebabkannya? Who knows…

Akhir kata, artikel ini tidak bisa menggeneralisir bahwa semua Verza itu cacat. Artikel ini hanya ditujukan sebagai revisi terhadap bro kenthoet, bahwa Verza yang kemarin di test ride mati akibat overheat, bukan karena lean angle sensornya. Tapi jika masalah Verza Overheat ini memang banyak terjadi.. Hmmm, bisa jadi bolong besar di penjualan Honda, sekaligus PR bagi AHM.

Maaf atas kesalahan penuturan atau gimana, brosis jangan bosan ya main ke blog ini. Kritik saran silahkan.


Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

94 thoughts on “Verza Overheat (Sebuah artikel revisi)

  1. Mangap.
    Klo lean angle sensor bkrja maka lampu mil berkedip, itu bnr kok, cuma kalo bllm 60″ sdh mati brarti bkn krn lean eangle sensor

    • nah itu dia mas.. Setelah saya liat lagi, cornering dengan nggasruk pun belum nyentuh 60 derajat ternyata, dan mesin malah mati. Orang lain riding biasa ga cornering, kok mati juga…?

  2. kalo liat kaki sampai ngerasa panas mah eamng bisa aja sih over heat jangan jangan lupa diisi oli, gak diliat ya dah km brapa tuh di spedo?

    • km nya dah direset apa ya, kmaren pas kami nyoba. Sejujurnya saya belum tau perlakuan dealer ke unit test nya sendiri gimana… Tapi, berdasarkan pengalaman pribadi lho mas.. Oli bawaannya AHM itu bikin mesin cepet panas. Tarikan ga enak, gampang mati, dll dll… Begitulah.

  3. sip masbro.. pencerahan buat kita semua 😀

  4. saya juga sangsi orang-orang QC ini gimana kok bisa lolos ya..

    http://paperiders.wordpress.com/2014/03/13/sekilat-info-replace-swing-arm-cb-150-sf/

  5. Ah bohong besar, honda tuh semakin panas semakin kenceng tau…!!!!!

    • Kalo overheat mesinnya mati, mas…

    • bner bgt .. ramah lingkungan .. produsi 1 unit ke unit yg lain gk mesti 100% sempurna.. sya pakai verza dri kluaran pertma smpai skrng tdk ada kndala.. badahal pulng pergi jakarta jawa sekitar 515km ..alhamdulilah aman .. cmn perwatan dari gir rantai dan oli.

  6. jare sopo makin panas makin kenceng,yang ada malah tambah lelet.berlaku untuk semua motor

  7. Motor murahan rongsok mah emang gitu, jangan harap lebiiiihhhhhh

  8. pas gue pake lagi jalan lurus…. pas mau masuk tikungan (posisi motor masih tegak), posisi gas di gantung, langsung bet bet bet bet bet… kelip kelip sensor injeksinya..

    Share: Kumpulan Aplikasi Penghitung Performa Motor
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/03/13/share-berbagai-software-pengehitung-performa/

  9. Assalamualaikum wr. wb.
    Salam kenal bro jackalride. Ane silent reader dari berbagai warung pengen kasih testimoni sama beberapa informasi yang mungkin membantu hehe.

    Sebelumnya saya cuma pelajar sma di sebuah sma di ibukota yang mungkin pengetahuannya masih sangat terbatas.

    Dan satu lagi catatan, saya bukan anak sma yang alay yang punya 10 spare nyawa hehe. Dan yang utamanya saya adalah verza rider! Hihihi

    Lansung ke inti, pengalaman saya dengan si eneng selama +/- 9 bulan atau sekitar 7000 km, dengan rincian kurang lebih tiap hari sekolah PP +/- 35 km + 2 bulan 1x naik puncak/pergi jauh.

    Review saya sangat puas tidak ada masalah yang menggerogoti dan mudah2an jangan sampai, cuma ada 1 masalah yakni rante cepet kendor harus sering kencengin.

    Balik ke topik artikel, masalah datang karena kurangnya tidakan preventif atau mungkin istilahnya “merawat” si kendaraan oleh si empunya tadi. Sebagai referensi saya selalu berusaha menggukan BBM shell super 92 + oli shell ax7 1L (kecuali uang jajan+duit usaha kecil2an habis)

    Sebagai referensi lain saya pernah coba oli ahm MPX1 pas masa gratisan dan federal supreme xx yang viskositasnya sama seperti mpx dan shell ax7.

    Dari pengalaman saya terhadap oli2 tsb, feel atau rasa dari tiap oli itu kentara sekali bedanya walaupun pake motor yang katanya orang2 murah tapi bagi saya MAHAL GK PAKE AJA hehe maklum pelajar.

    Shell ax7: tarikan mantap, top speed 121 on ulysse android.
    Federal supreme: tarikan di atas mpx di bawah ax7, top speed 110 on speedo (gk setel hp coz cuma pake 1x nih oli)
    mpx: the worst oil ever! Baru service padahal, tarikan kayak spin nyokap ane, naik ke 100 beratnya luar biasa, ganti gigi berisik tenan.

    Sebenernya faktor bensin lebih mempengaruhi lagi ke overheat karena oktan tinggi butuh suhu dan tekanan lebih tinggi lagi utk terbakar, dan pas di test ride kata mas ipan pake pertamax+ tho? CMIIW

    Kesimpulan ane, klop banget AHM oil disandingkan dgn pertamax+ ditambah lagi iding style yang majemuk sekali apalagi kalo asal bejek gas, mesin kerja keras, udara yang mengalir sedikit karena lapangan test ride bajyak belokan? Kemungkinan overheat memang sngt munkin menurut ane. Coz waktu touring bocengan sama bokap ke puncak bogor, duo beruang yang kalo ditotal 160 kg + bagasi full load + ketinggian yang menyebabkan berat bertambah akibat aya gravitasi (W=m*g). Dan saya tidak mengalami overheat, mungkin karena aliran udara semriwing.

    Demikian testimoni seorang pelajar yang Isya Allah gk alay dan gk akan menjadi alay amiin. Jika ada kesalahan arap dimaklumi karena kesempurnaan dstang dsri yang Maha Kuasa. Wassalamualaikum wr wb 😀

    • ‘Alaikumussalaam ya akh erllut

      Ya syukurlah Verzanya no trouble at all, menurut saya juga ini motor worth it banget dengan harga segitu. Memang sih masalah rantai kendor itu kayaknya banyak yang mengalami termasuk di unit yang pernah saya review, tapi selama tidak mempengaruhi performa sih oke-oke aja, hehehe apalagi ganti rantai kan pake duit :mgreen:

      Nah, sama tuh gan pengalaman saya selama pake olinya bengkel resmi alias oli nya ahaem. Tarikan ngempos, buat ngebonceng orang motor mati melulu, plus ga enak kalo kecepatan tinggi, padahal saya setia dengan pertamax.. Udah pernah nyobain AX7, Castrol Power 1 Racing, sama MPX, paling enak emang ax7 sih..

      wualah kalo ternyata pake pertamax7.. Eh maksudnya pertamax plus, haha.. Masa motor kompresi 9,5 dikasi pertamax plus.. Jelas sih performa meningkat, tapi ya overheat. Mungkin itu penyebabnya disamping Oli standar AHM yang terlalu encer, coba deh bro main ke bengkel modif atau bengkel amatir, tanyain oli AHM tuh kayak apa. Saya yakin testimoni mereka kurang memuaskan. Terima kasih lho infonya. Oiya, jelas banget lah tergantung sama suhu lingkungan sekitarnya, puncak kan dingin, masalahnya Verza itu ngga pake pendingin cairan je. Hehehe.

      Oye, santai bro. Jangan kapok main kemari. 😀

      Wa’alaikumussalaam WR.WB.

      • Haha iya memang suhu lingkunan sangat mempengaruhi. Tapi tiap hari bocengan sama adek yang lumayan berat dijumlah beban tas sekolah kita sangat lumayan sekali ditambah kemacetan jakarta ditambah kerja keras buat usaha ojek kecil2an, overheat harusnya pernah tapi saya gk pernah merasakan brebet untungnya.

        Btw masalah Pertamax+, saya pernah coba nyampur shell super ditangki sama beberapa shell v power dan apa efeknya? Mesin hampir tidak ada getaran padahal pake boncengan, dan saya simpulkan memang kompresi sedang dikasih oktan tinggi sangat2 tidak worth karena meski minim getaran (tdk ngelitik) tapi pembakaran gk habis sempurna karena kompresi gk sampai membakar seluruh bensin, jadi overheat MUNGKIN terjadi karna minim bensin yang terbakar.

        Iya mas Insya Allah warung2 sering saya kurnjungi kalo lagi senggang atau istirahat sekolah hehehe

      • jgn di ributkan .. kalau memang produk gagal mungkin tingkat penjualanya menurun. nah ini smakin banyak .. jd terima knyataanya .. mas mau puji2motor lain pun ttp ada kekuranganya… hehe .. Rego nggowo rupo.

  10. mantep wah harus e tes e berakhir sempurna malah ada trobel…bikin calon pembeli mikir ulang neh pasti

    • itu karena pertamax+ saya denger, lucu aja, masa motor kompresi 9,5:1 kok dikasi pertamax+

      • kaya mio j ane dulu tak kasih pertamax plus lha selisih 400 rupiah ma pertamax trus skrg di oplos ma premium…

        coba yg punya verza juga suruh miring” apakah kaya bgtu juga?

        kalo jarang brati y kya cb150r yg klotok” brarti kasus e cuman segelintir

        btw cb150r sampeyan aman” aja gan dari gejala” bgtuan?

      • suruh miring2 gimana bro? Udah dipake miring2 cornering tuh

        CB150R saya klotok2 dan menurut testimoni beberapa orang yang udah klaim, tarikan yang klotok-klotok lebih enak, jadi ngga saya ganti.. Yang penting tarikan enak..

      • manteeep bosss jadi enteng….it efek jangka panjangnya apa om klothok” e?

        sodara ane juga gt dibiarin aja

        tantang nyalimu bener dah ni mongtor fenomenal

      • Jangka panjang bro.. Selama belum diganti cam.. Tp itu terjadinya kalo pas mesin dingin aja. Dipake buat jalan jg ilang, hehe

        Yang fenomenal memang biasanya malah laris..

  11. Oh iya bro jackalride, kalo ada waktu bikinin dong stripping buat verza yang aduhai, boleh simple but cool, yang show off, atau macho bahkan masculine boleh banget deh. Ane pengen anti mainstream tapi modal kantong anak sekolah aja hehe. Kalo sempet dan bisa kirimin ke erlanggalutfi@gmail.com ya mas wkwk

  12. Hmm liat desainnya dulu bro, kasih beberapa pilihan. Kalo ane sreg dgn salah satu, mungkin bisa aja deal hehe. Tapi perkiraan price nya piye? Kantong sekarat iki wkwk

  13. Salam.sy pengguna cbr600rr, mau berbagi info tentang lean angle sensor, lean angle sensor (LAS) itu berfungsi sebagai cut off pengapian dan cut off bahan bakar yg di supply oleh fuel pump.

    Fungsinya, jika motor terjatuh maka LAS langsung memerintahkan ECU utk menghentikan mesin dgn cara diatas

    Nah ketika kita cornering, LAS ini tdk akan memerintahkan EcU utk mematikan mesin. Karena terkena efek gaya sentrifugal, jd LAS berpikir bahwa motor tidak jatuh.sekian ttg LAS.

    Tentang BBM pertamax lbh panas dr premium, sy rasa tidak ada efek lebih panas atau lebih dingin dimotor saya, krn motor sy dilengkapi oleh digital temperatur seNsor.

    Sebaiknya menggunakan oktan booster + premium, supaya membersihkan kerak karbon pada intake valve. Nah mengenai merk oktan booster nya, mending via PM.tidak enak menyebut sesuatu merk.

    Sekian penjelasan saya

  14. Ijin nimbrung om, maaf telat..hehe. gak sengaja nemu blog ini.. saya bookmark deh, lumayan buat bacaan yg sehat.. 😀
    Verza saya kemarin juga sempat tiba2 mati pas nyampe di kaliurang, awalnya memang susah di starter, tp klo di kick start (di slah engkol), nyala lagi.. mungkin cara ngatasi ketika tiba2 mati karna overheat dengan kick starter, tp blm tau juga sih.. tp saya sdh bbrpa kali ngalami hal seperti ini.. solusinya kick starter.. ini hanya menurut pengalaman motor verza saya lho.. Matur suwun

    • gapapa bro.. tidak ada kata terlambat untuk pengunjung.. Mas jack juga senang ada yang suka main kemari

      wah, rupanya solusi alternatifnya itu pake engkol ya? Pas waktu hari tes ride itu memang setelah motornya trouble, orang dealer langsung nyamperin itu motor dan dibawa.. jadi kami ga mencoba solusi itu. Lumayan, kalo nanti tiba2 ada masalah serupa jadi tahu penanganannya…

      Tapi bro ade udah memastikan belum itu motor matinya karena overheat? bisa jadi karena hal lain soalnya.. saran saya coba dibawa ke ahass yang terpercaya kalo kejadian ini udah sering.. Siapa tahu bisa diatasi dengan cepat. 😀

  15. intake udara, atau filter udara ad yg ksumbet
    barangkali?

  16. Cheers !!! masbro2 skalian…,
    saya mau numpang tanya sama agan2 smua
    boleh minta info nya ga? ane mau beli verza niih, kira2 worth it ga ya dengan uang yang seadanya? maklum kantong pas2an. hehehehhe…, untuk masalah bensin, sya tinggal di batam jadi shell itu ga ada, apakah kl pake premium bisa overheat juga mesin nya? thank you

  17. kalo tiba-tiba restart sendiri kira-kira kenapa ya?

  18. ane rider verza juga gan alhamdulilah selama 7 bulan ini ga ada masalah walu menembuh jarak kurang lebil 300 km seminggu bolak balik kuningan-bandung kecuali di rantai aja walau ada yang bilang kalo rantainya berisik tandanya verza nya asli. pengalaman ane pake si eneng lumayan enak dan sebanding lah dengan harga yang 17 jt ++ .enak di bawa perjalanan jauh dan ga pege. akselarasinya lumayan cepat untuk salip-salip bus primajasa,budiman,dll di jalaur yang ane lewatin,alhamdulilah kalu masalah overheat ane gak pernah ngalamin dan jangan sampe.bener kata agan @erllut kalo oli gratisan honda cepet panas ane pernah rasain pas pertama kali service motor baru di pake 1 minggu sejak servic ko di kaki berasa panas,over gigi keras dan bunyi ctrak-cetrak kaya kekurangan oli apalagi pas turun gigi keras banget,mesin jd aga kasar akhirnya ane putusin ganti oli pake castrol dan menurut ane enak .mesin berasa halus (ngebasnya berasa) tarikan ngisi,dan over gigi gak keras. akhirnya setiap kali servis yang sudah pasti pake oli mpx pasti setelah keluar bengkel ane langsung ganti pake castrol (ane pake mpk di servic resmi buat ngehargaain bengkelnya aja) juga bensin yang ane pake selalu pertamax. ya mudah-mudahan walaupun kata orang ni motor murah bisa bertahan lama sampe ane kebeli pesawat.kalo untuk lean sensor ane pernah ngalamin itu berfungsi sesuai peruntukannya dimana pas ane terlalu miring sampe 0 derajat alias ndlosor ntu si neng veve mati,mesin cut off sendiri.cara nyalainnya bangunin neng veve matikan kontak hidupin lagi nyala lagi seperti biasa akibat kecelakaan ntu shurouund sebelah kiri neng veve patah dan minta di ganti. saran aja gan jika punya motor/mobil atau apapun yang penting perawatan harus berkala dan gunakan motor sesuai peruntukannya top sped ane pake neng veve paling kenceng 80-90 km /jam gak pernah lebih,kecuali terpaksa.

  19. Ane udah 11 bulan pake verza, ane pernah ngalamin motor verza overheat tiba tiba mati di tengah jalan. Tunggu beberapa menit baru bisa hidup lg.
    Saat motor kerasa overheat suara motor terasa kasar, di kaki mulai terasa panas. Untuk lean sensor selama ane cornerring gapernah mati. Top speed yg pernah ane capai +- 120 km di jalan aga menurun. Untuk di jalan layang pasopati (bandung) +-115km itupun menunduk. (Menurut speedometer ane)
    Adu balap sama jupiter mx verza ane kalah. Untuk shockbreaker lebih enak kalo boncengan lebih kerasa empuk.
    Ane paling suka sama pijakan kaki di verza soalnya tidak menutup semua tp tertahan. Jd kalo kecelakaan ato jatuh body garusak dan tidak menindih ke kaki

  20. ah kta sypa…?munkin ada beberapa yang cacat…saya pnya itu motor tikungan miring oke”saja…1 produk cacat bukan brarti penyakit nya sma semua..d ralat saja…

  21. Assalamualaikum…

    Nice Blog… Alhamdulillah bisa ketemu blog ini..
    Mau share aja sih…
    Saya pake verza pada km 8000 an akhirnya noken as wafat dan alhamdulillah garansi berlaku walau kudu nunggu 1 MINGGU!!!! wtf
    BBM Pertamax dan Shell Super bergantian saja, kadang juga Premium kalo lagi cekak. Pertamax plus kayaknya over buat Verza deh berkaitan dengan compression rationya.

    Kalo yang saya baca diatas sepertinya kasus overheat (walaupun belum pernah terjadi dengan Munaroh – My Verza Name) tapi ada masalah dengan mutu pelumas karena saya masih pakai AH* Oil. Saya pikir rekomen untuk menggunakan pelumas lain yang lebih bermutu jika penggunaan motor anda diatas rata2 kali ya bro? Memang Munaroh suka saya ajak teriak di rpm tinggi waktu itu karena kegiatan saya hampir tiap hari pp 120 km pwk-cikarang.

    Just a tought, Munaroh bentar lagi ganti oli, rekomen kayaknya pake yang lain karena masih saya batasi geberan motornya karena masih pake AH* Oil. Tapi oli standar itu ok saja kalo memang penggunaan kita standar normal saja.

    Gitu deh semoga bisa terus bertukar fikiran dan berguna buat kita semua… Aamiin

    • Wa’alaikumussalaam brohh…
      Makasih dah main kemari
      jadi sparepartnya dah dateng? Wajar sih saya juga dulu mesen sparepart CS1 juga segitu lama
      Honda produknya banyak sih
      Setau saya emang olinya AH* itu dikasihnya yang mengurangi performa, dengan pertimbangan supaya mesin motornya lebih awet, tapi ya itu performanya jadi letoy tak bertenaga.. Contohnya, CB150R tuh harusnya dikasih yang 10W-40 tapi oli AHM malah cuman 10W-30. Cuman bagi yang masih garansi, itu mesti pikir2 lagi 😆 Untuk masbro, saya rasa gabakal ada masalah mesin karena pake oli standar, tapi ya memang drawback nya di performance.

      Saya mah santai, garansi saya dah angus, buku service aja ketlingsut entah dimana pas beli. Sekali nyoba MPX atau SPX saya rasa ga enak, langsung saya ganti,.

      Semoga blog saya bisa bermanfaat buat sampeyan

  22. met mlm mas bro semuanya,sy pake verza sdh 5bln/6000km,wkt awal dtg sy cb mtor nya pas belok k kanan setang agak berat,rantai sering kendor,tanki diisi pertamax,tp stiap sdh pindh gigi,tenaga mesun terasa spti tertahan,pernah dr 3 ke 4 dgn kecepatan 60km/jam tenaga mesin melemah dan kecepatan turun smpai 45km/jam , stelah bbrp detik tenaga mesin kencang lgi
    smpai saat ini sy blm prna melebihi kec 90km/jam,oli msi pkai asli ahm mpx
    prna sy bw servis dgn keluhan tsb,kata montir mtor sy ditinggal bbrp utk ditest dibwa plg agar sang montir tau apa gejala pastinya,tp sy ga stuju,krn klo ditinggal sy krja jdi susah hrs turun naik angkutan umum
    kira2 dimana ya letak masalah dr mtor sy ini

    • selamat pagi bro :mrgreen:
      rantai verza sering kendor atau gocrek biasa saya temukan bro, wah itu coba diperiksakan ke bengkel resmi bro, setau saya hari sabtu juga melayani servis.
      Mungkin bisa diperiksa kopling atau kabel gasnya bro. Oli MPX wajar kecepatan pelan dan tenaga loyo, setelah habis garansi bisa ganti oli yang lebih baik. Semoga masalahnya cepet selesai bro, oiya makasih dah main kemari, jangan kapok ya.

  23. Assalamualaikum,,, mas bro, maav ya saya ikut”an,,, saya pake verza udh 1 thn 3 bln,,, alhamdulillah motor saya gak ada keluhan, qlo rante kendor mah, emang kelemahan honda, tpi utk performa, mungkin perlu dikroscek lgi, pernah saya gak sengaja liat tiger sama new vixion, lngsung sya ikut”an adu gas dijalan gatot subroto smpe semanggi atas yg jalannya lurus mulus itu, saat itu, pas smpe dpn kantor pajak, posisi akhir tiger menang, saya runner up, vixion kalah, saya pikir cm kebetulan az, tpi pernah jga saat saya pulang kerja, kebetulan lewat senayan, ada vixion lama geber” dgn knalpot racingnya, berhubung saya gak suka geber”, lngsung saya ajakin tancep, tpi anehnya saya menang lgi, dan terakhir ketemu anak komunitas apa gtu pke satria, 2 motor dgn jaket sama, kejadian sama dilampu merah geber”, tpi bedanya jalan gak lurus,,, awalnya pas lampu ijo saya kalah start, tpi saya gak mau ngalah saya kejar terus, pas tikungan saya lansung salib mereka, entah karna mereka takut jatoh karna tikungan, makanya mereka mengurangi kecepatan, atau emng dia berfikir qlo saya udh ketinggalan jauh karna emang motor saya gak ada suaranya, knalpot standar,,, apapun komentar anda, tpi saya puas bgt pake verza bsa bikin malu vixion and satria,,,,

  24. Wa’alaikumussalaam broohh.. monggo, gapapa..
    Semoga puas dengan Verzanya.. Makasih testimoninya bro

  25. apapun motornya gmn orng yang merawatnya mau motor yg mahal jg klo d ga d rawat pasti bnyak masalah, jd klo ga mau bnyak keluhan beli motor metic aja, ga ada istilah motor gagal klo ada motor gagal pasti udah d stop produksinya tahun yg lalu tp masih adda sampai sekarang dan d produksi trus.

    • betul bro, yang terjadi ini agaknya terbatas pada motor test yang minim perawatan dan seharusnya masih masa reyen. Semoga aja masalahnya ga menjalar ke massprod

  26. salam kenal mas bro…..saya punya masalah dengan verza saya.saya punya verza dari bln oktober 2014.dan mtr jrng pake.sampe skrng baru 1400 km.kmrn sore saya pake dari depok ke kemang.pas plng dari kmng mtr saya tiba2 ngempos,brebet dan kaya bensin ga turun.trus akhir saya k bengkel ahass.di cek sbntr katanya kopling terlalu dlm. pas sudah selesai saya bw plng,dan ternyata mtr nya ngadat lg.akhirnya saya taro bengkel lg di tmpt saya beli mtr.mtr saya tinggal selama seminggu.pas sudah seminggu saya di kbrin mtr saya sudah selesai.lalu pas sampe di bengkel saya tanya ama mekanik mtr tidak apa2 di cek pake komputer.lalu saya bw plng.pas baru berjarak 300 m, mtr saya ngadat lg.tlng mas bro apa yg bermasalah pada mtr saya.? Tlng jwbn nya. Thanks

    • salam kenal juga masbro.. saya ada saran nih, saya akui saya belum expert masalah teknis, tapi saya rasa yang menimpa bro fari bukanlah masalah yang ke detect di komputer. Mungkin memang sekitaran kopling atau busi/kelistrikan. Atau tidak, mintalah pendapat dari blogger yang ahli teknis seperti warungdohc.com.

      Semoga membantu masbro

    • motor sy verza bln 8 2014,keluhan slm ini cm rantai sring kendor dan berisik,klo utk hal ini sy stel sendiri tnp k bgkel
      utk mesin mulai terasa krg bertenaga,mgkn jg krn sy pakai breket+box blkg,jd ckup berat,
      dlu pernah kira2 1000km,mesin kec nya 60km/jam tiba2 turun sndiri smpai skitar 45km/jam slm bbrp detik stlh itu kencang lgi
      sy klaim k bgkel,katanya mtor ditinggal aja dlu bbrp hari biar dibwa plg oleh mekaniknya utk dites,
      krn mtor sy pakai krja,sy ga mw,sy cb tny k bgkl ahass lain,dicek bagian mana ny sy krg tau tp gejala tsb sdh ga muncul lgi

  27. Ane hanya mau nambahin z sekedar tukar pengalaman motor ane versa bulan 11 -2013 kelemahannya di ban licin, rante cepat kendor, kalo soal panas mesin tergantung olinya ane pake enduro racing bagus kok buat mudik aja mantap gak over head,bbm premium campur pertamax 95, 02 sensor ane tambahin sensor cetah power biar setelan basar,setang terlalu lebar sehingga susah jika jalanan macet kanan kiri mobil, operan gigi tidak bisa sehalus nvl tapi untuk kampas kopling honda mmg awet dibanding ymh ,kembali dari perawatan si pemilik aja sebenarnya motor segala merek pasti punya kekurangan dan kelebihan , mau motor enak ya perawatan harus rutin bengkel jalanan malah lebih tau dibanding bengkel resmi yang kadang motor kita buat di jadikan praktek mekanik baru solusinya ya cari bengkel yang apesialis ahli motor.

    • makasih masbro sharingnya.. semoga bermanfaat buat kita semua… Memang semua motor itu ada plus minusnya, motor2 heavy duty touring kayak Verza gtu bakal bikin emosi kalo dah kena macet, tapi kalo jalanan sepi bisa tancap maknyuss

      Saya juga merasa gtu, terkadang saya malah lebih percaya bengkel jalanan dibanding bengkel resmi.. Kadang suka dipaksa ganti sparepart plus dimahalin.

  28. Pengaruh aki gak kalo brebet n justru mati gk bs d sela,tp lampu spedo hidup,info dong..?

    • belum tau kondisi aktualnya bro… coba dibawa ke bengkel yang lebih ahli (tidak harus selalu bengkel resmi lho), daripada saya salah diagnosa dan merugikan sampeyan…

  29. ngak juga deh klo mati.saya sering touring madiun – bali motor tetep ok aja.
    mungkin motornya gk pas setelannya.
    secara smua gak ada yg sempurna mas bro.
    hampir tiap bulan sekali aku touring.motor gk ada masalah.justru vixion temen” saya sering mati klo terlalu panas.
    honda selama ini punya temen”ku sehat” aja.
    _ tengkyu mase

  30. ak baru ngambil verza cara inreyen yg bagus gmana y? apa dah boleh bwt boncengan?

  31. Pas lg d pansin si ok aj… tp kl dah mulai pas bru kdengeran….. kl j jln d kaki brasa pans si… mang kl verza jln 1jm lbh pa hrs brinti dlu n matiin mesin agar dingin mesinya

  32. Permisi mas bro… Ikut nimbrung..
    Saya juga rider verza dari purwokerto… Verza saya baru umur 9 bulan tp kilometer udah 25ribu…
    Alhamdulilah..mesin tidak ada masalah tp cuma satu yg saya keluhkan… Yaitu masalah koplingnya mas bro.. Kayaknya buat tarikan kurang banget..
    Itu solusinya gmn ya mas bro
    Trimakasih

  33. Mas bro saya juga punya verza kluaran 2014,pengalaman saya nich waktu baru2nya saya pakai oli asli honda mesin cepet panas,sering slip kopling trus saya ganti pakai she’ll Ax 7 mang mantap mas bro tarikan tapi mesin jg cepet panas dan klo mesin panas mesin suaranya berisik banget dan itu pun saya tanya keteman2 saya mang begitu katanya klo mesin panas mesin berisik,trus temen saya nyaranin suruh pakai motul oil dan saya pakai itu oli tapi apa saya dapat puas banget mesin alus minim getar tarikan enteng banget dan tu si eneng verza saya ajak touring jakarta puncak pp ga ada masalah mas bro lancar jaya aja

  34. pake verza sejak oktober 2013. bulan kemarin agustus 2015 akhirnya ngerasain verza mati mendadak ketika lagi jalan setelah 1 jam jalan.. di starter nggak bisa, pake kick starter juga ngeloss, . mesin terasa panas banget. akhirnya didiemin kuranglebih 20 menitan baru bisa nyala lagi. 2 hari kemudian di service plus ganti oli… sampai sekarang nggak ada masalah. sebelumnya memang agak telat ganti oli sampai 4000 km.. terus ganti oli dan service tapi akhirnya timbul masalah overheating tsb. jadi buat temen2 jangan sampai terlambat ganti oli… usahain jangan sampai lebih dr 2000 km. kalau bincang 2 dengan temen mantan mekanik ahass sepertinya kualitas material kurang bagus sehingga ga tahan panas… kejadian overheating kata temen sih banyak terjadi pada motor 2 entry level..

  35. Spertinya ane ngalamin nih skrang, awalnya brebet mati2 mesin,kode mil 12(injector),klo lgsg starter ga bisa hrus matiin nyalain kontak bru lgsung bisa starter kode mil hilang tidak kedip lagi. Begitu dan sterusnya,tiap nyala langsung mati lagi. Mesin terasa panas d kaki. Klo langsam saja tdk di gas ga mati,bgtu di panteng gas lgsung brebet mati. Bwa ke ahaas 1x service bersih2 injeksi,tetap saja masalah tdk hilang. Disuruh ganti injector inden 1 minggu,bgtu ready dpasang masalah tdk hilang juga. Sampai cek urut kabel,tes ganti pompa bensin,cek kelistrikan masih belum ketemu juga masalah. Terakhir kepala mekanik rada menyerah,dengan alibi sudah sms temen nya di ahass lain katanya pernah service verza kasus seperti ini dan ternyata ECM / ECU yg harus dganti. Harga nya luarr binasa 550rb. Sampe detik ini ane masih bingung sebenernya apa yg rusak,kode kedipan mil 12 (injector) bukan 33 (ecm/ecu). Kira2 ada yg tahu mengenai ini? Pliss tolong motor ane…….

  36. Kalau ECU rusak kenapa motor masih bisa nyala (meskipun mati2) ? Bingung ane… ini injector juga yg lama ternyata masih menyala dgn baik, jadi sekarang ane total punya 2 injector (satu dipasang dmotor,satu lagi ane simpen di laci,,,hedehh mubazir). Kalo sampe ganti ECU juga masih masalah begini terus gimana… mubazir lagi lagi…

  37. Memang Beul saya sudah dua kali verza overheat sangat menyusahkan apalagi pas overheat terjadi jauh kemana-mana jauh ke bengkel. pertanyaanya:
    Apa benar honda verza mesin terbuat dari bahan kurang bagus?

    sekian n trim’s

  38. Bro motor saya klo dingin lancar aja..tapi klo panas tiba tiba jadi brebet dan motornya matian itu kenapa bro klo tau infokan ke saya ya bro.

  39. pengalaman saya punya honda verza 2016 baru 6 bulan ,tapi setiap kali dipakai kekantor pulang pergi 30 kilo mesin cepat panas .bbm petramax oli rekomendasi ahass. barangkali ada yang bisa berikan saran.agar mesin tidak cepat panas .terima kasih sebelumnya

  40. Saya punya Verza 2014 seken, sudah pakai dari kilometer 11 rb sampai sekarang 18 rb. Route Bekasi-Sumedang PP via Subang dan dan Bandung sudah 5 kali, 1 kali boncengan dan alhamdulillah tidak ada masalah. Yang pertama pakai premium lau pertalite dan sekarang selalu pertamax.

  41. Wahh mas bro… saya pake verza saat cornering gak mati.. betul kata mas bro.. mungkin karena panas berlebih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s