jackalride

ride through the night

Kencang di speedo, belum tentu aslinya sekencang itu..

19 Comments

Hello brosis

Lah, ini lagi, ngakunya malah 122 kmph.. Sebenarnya gimana toh, jackalride ampe bingung hahaha

Mau mbahas sesuatu nih, dan dari judulnya aja, pasti pembaca udah tau ini “nyentil” motor apa. Yup, saya mau mbahas mengenai motor yang kebetulan juga saya punyai sendiri: CBSF.

Khalayak pun geger, di press release bilangnya sampai 148 on speedo. Ditambah lagi video dari beberapa bikers yang bisa mencapai 152 kmpj, on speedo lagi tentunya. Sebetulnya itu bukan angka yang fantastis-fantastis amat lho. Memang CB150R kemampuan aslinya segitu.

versi omr

Tapi disini yang kita mau tilik, adalah deviasi atau penyimpangan speedonya. Memang mau gimana juga, ini motor sebenarnya buat harian lho… hanya saja, kenceng larinya :mrgreen: Ada juga beberapa yang berpendapat bahwa motor ini tuh motor balap lhoo yaaaa, bukan hariaaaaannn… Pendapat begitu juga silahkan aja, mungkin karena melihat performa: (1) CB150R versi OMR yang cuma dipoles porting, ama ganti knalpot bisa nyolek 170 kpmj, atau (2) ngeliat iklannya CB150R di TV yang super lebay dan ga safety.

iklannya emang wah banget ini.

Anyway, dari pendapat saya ini tetep motor harian, dan tentunya untuk menunjang “harian” ini, motor kudu tetep safety. Gimana caranya? Speedo nya di buat deviasi. Mengenai ini udah pernah saya bahas di artikel ini, silahkan cek.

Karena keterbatasan alat dan biaya, saya coba mengacu pada duel CB150R dan NVL yang dulu pernah dilakukan. Coba deh, dari Nusantara Ride, top speed CB150R dapet 148, itu ON SPEEDO. Nah, kalo pas test komparasi CB150R lawan NVL, si CB dapet 130 kmpj, ON GPS. Motor sama-sama masih standard, masih dalam tahap inreyen. Well, seharusnya bisa dibandingkan dong..
Nah maka hitung2an nya seperti ini

Deviasi Speedo CB150R: ((148-130)/130)*100 = 13.8% deviasinya.

Nah, ketemu kan, deviasinya ternyata cukup jauh. Fine aja kalo ada yang deviasinya kurang atau bahkan ngga nyampe 5%, baik melalui hitung langsung pake software, maupun gps sendiri2. Ternyata ada juga di tempat lain, yang menemukan kasus serupa ketika test ride, deviasi CB150R mencapai 10% dengan menggunakan gps android. Berarti 13,8% masih itungan wajar kah?

_________________________

Akhir kata.. Gimana kita harus menyikapi ini? 148 kmpj on speedo memang rada ngaco, tapi kecepatan aktual 130 kmpj di aslinya itu bukan sesuatu yang pelan juga, kan. Artinya motor ini memang kencang. Tapi deviasi itu ada supaya kita nggak kencang-kencang naiknya. Pokoknya keep safety lah.

1467571-2480x1753-29548382

Silahkan kritik sarannya brosis, saya membuat artikel ini juga untuk mencari tahu.

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

19 thoughts on “Kencang di speedo, belum tentu aslinya sekencang itu..

  1. wajar.. toh buat motor harian.. πŸ˜€

  2. Jangan lupa bro GPS juga punya error, bahkan gps yang abal2 lebih parah errornya.
    mending berpatokan dengan rpm dan rasio gigi 2nya

  3. emang joz nih CB biar kata di BeCe malah makin laris. nunggu yg versi fairing kayaknya nampol nih :mrgreen:

  4. brti klo topspeed cbr150fi brp ya om rata2?

  5. Hmm is anyone else having problems with the pictures on this blog loading?

    I’m trying to find out if its a problem on my end or if it’s the blog.

    Any responses would be greatly appreciated.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s