jackalride

ride through the night

Test-Ride New Megapro FI: Yang dijual bukan Power dan Tampilan

28 Comments

Siang brosis

Lanjutkan dari yang tadi malem ya, kali ini Jackalride mau bahas Performa NMP FI yang baru Jackalride test kemarin. Biasanya kan bagian impresi fisik dan performa saya pisah, nah kali ini disatukan saja soalnya memang yang bisa digali dari perubahan NMP ke sistem injeksi ini tidak sulit dipaparkan.

NMP FI ini friendly buat orang yang ngga terlalu tinggi.

NMP FI ini friendly buat orang yang ngga terlalu tinggi.

Langsung aja, kita ke reviewnya! 😀

Review Fisik
NMP FI ini memang nggak jauh-jauh beda amat sama si pendahulunya. Perubahan shroud menurut hemat Jackalride sendiri, nggak terlalu mempercantik fisik, namun tampilan dari dek pengemudi memperlihatkan NMP FI tambah kekar setelah ganti shroud. Mempertahankan headlamp super gede yang biasa disebut blogsphere sebagai Reog Ponorogo.. Well, masih dipertahankan, entah dengan alasan apa. Plus tutup tangki ya. Masih versi njendol.

Tangki setipis ini, opo ra mumet brosis..

Tangki setipis ini, opo ra mumet brosis..

Oiya kalo brosis cermati, sektor tail lamp rada berubah, dari versi lawas yang rada meruncing, kini agak dibenamkan dan ditumpulkan. Footstep boncenger pun berbeda, ada spakbor kolong juga, tapi entah kenapa ngga ada satupun fitur ini membuat peningkatan visual yang berarti di mata Jackalride. Why?

Jok TEBEL!

Jok TEBEL!

Dalam merevisi fisik ini, AHM memang terlihat konservatif alias tidak mau mengganti desain gen Dazzler terlalu banyak. Lha gimana bro? Jadi injeksi tapi harga masih relatif sama, framenya ganti dan tambah fitur, kalo mau ganti body nanti kan naiknya banyak, bisa-bisa harga NMP FI naik dan nyenggol CBSF. Bahaya tuh.

Review Performa
Seperti yang dilansir di artikel sebelumnya, sudah saya perlihatkan kan, situasi test ride kayak apa.. Mari kita coba.
Performa mesin, ada peningkatan sedikit di sektor Akselerasi, walau belum menyamai Akselerasi CBSF menurut saya pribadi. Cepet naik rpm nya, dan cepet kena limiter di sekitar rpm 10.000. Dari tampilan speedo yang masih mirip model sebelumnya, kenaikan RPM mudah dipantau. Tombol-tombol di saklar pun relatif empuk, baik sein, klakson, electric start, dll, Oh iya, terutama Pass beam model barunya si NMP FI. Unik sih, dan empuk, walau perlu pembiasaan soalnya paling beda sama motor lainnya :mrgreen:

Nyaman!

Gear-shifting pun lebih ringan dibanding versi karbu, namun terkadang masih nyangkut, padahal kopling sudah disetel jauh oleh panitia. Enaknya itu, nah terus.. Throttle gas kini makin responsif, dengan pengaplikasian push-and-pull system. Mantap.
Lalu, bagian yang memiliki peningkatan signifikan, adalah balance alias keseimbangan sasis baru. Pergantian sasis ini merubah feel riding menjadi beda! Motor jadi lebih friendly, gampang ditekuk, enak buat cornering, stabil. Memang tidak dipungkiri bahwa getaran masih sampai ke tangan ketika menghantam objek keras atau melewati jalan yang rusak, tapi motor tetap stabil dan tidak menunjukkan gejala oleng. Riding position yang nyantai, warisan versi karbunya, membuat perubahan sasis atau frame ini makin enjoyable.

Jackalride pun nggak lupa mengetes Rem. Maklum, keselamatan orang banyak pun ditentukan rem ini. Dan rem nya ternyata, pakem banget brosis! Dikasari dengan gigit cakram depan dan belakang secara bersamaan.. Motor spontan berhenti, ga pake ngesot ngga pake ba-bi-bu. Ada sumbangsih dari frame baru disini, dan kombinasi antara frame + braking yang oke, membuat motor makin nyaman…! APalagi tambah jok tebel dan empuk versi FI ini.. Waw.

Ambles, dinaiki lek Dipo dan Reka Sesmoy

Ambles, dinaiki lek Dipo dan Reka Sesmoy

Terakhir, shocknya empuk banget ya si NMP FI ini? Beberapa orang yang mengetes untuk cornering  bilang kalo motor ini suka geyal-geyol pas dimiringkan. Wow. Dan saya juga merasa sih ketika ngetes, kok pantulannya seksi bener ini motor laki? Usut punya usut, Lek Ipan Pertamax7 bilang ke saya, kalo unit NMP hitam yang saya tes itu settingan shock nya paling empuk, sedangkan NMP merah yang dipegangnya itu settingan paling keras. Ooohh begitu ya. Dan ternyata terbukti beda settingan. Lha wong bro ipan cornering pake NMP FI sampe footstepnya nggasruk dan baret-baret! Berarti enak dong…

Akhir kata?
Peningkatan nilai dari transisi New MegaPro ke versi injeksi ini, tidak memfokuskan di aspek power maupun fisik, namun kenyamanan. Kenyamanan memang adalah “bumbu rahasia” motor touring, dan memang Honda terlihat mendedikasikan NMP FI sebagai motor yang bermain di segmen touring Mid-Low. Sayangnya penurunan power dan fisik yang masih tak jauh berbeda dengan versi lawas, membuat peningkatan kenyamanan seolah “tenggelam”.

_______________________________________________
(+) The Fun
# Peningkatan kestabilan
# Lebih nyaman, Jok empuk
# Rem sangat pakem
# Akselerasi meningkat
# Sangat-sangat-sangat reccomended untuk touring

( – ) The Nuf
# Secara value, masih lebih menang Verza. Sorry, AHM.
# Tidak ada peningkatan yang berarti di sektor fisik
# Power turun dibanding versi Karbu
# Potensial ambles season 2
Silahkan kritik dan sarannya, brosis!
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

28 thoughts on “Test-Ride New Megapro FI: Yang dijual bukan Power dan Tampilan

  1. ora tertarik, biyen wes tau due megatro, di tumpai ngenceng teros ora iso menggok, tengkine.. sudahlah

  2. kalau mau motor dengan power gede ya minimal pakek 2 tak gan atau motor 250 cc atau moge sekalian kalau duitnye kuat. kalau motor 150 cc 4 tak itu motor harian bukan motor yg full power atau pas2 an. mtor 150 cc 4 tak ntu dapet speed 125 kpj di gps aja udh bgus gan, itu pun kalau mau dapet segitu harus maen oprek sana sini. makanya kalau ada video top speed fu, cb, new vixi, ato cbr150 ato yg lainnya yang bisa ampek 120 lbh d speedo it speedony udh ngalai tingkat dewa. pling d gps nggk lbih dari 125 kpj. pokoknya jangan berharap power lebih lah untuk motor 150cc 4 tak yang tenaganya < 20 hp… karena mtor mtor tersebut memang di rancang cma untuk mtor harian. bukan untuk racing

  3. Nah, maksudnya saya juga nggak ekspektasi si NMP FI ini punya power yang gedee banget, jadi kenceng.. Nggak, itu bukan ekspektasi saya. Karena itu nggak cocok buat identitas si NMP FI ini yang sebenarnya adalah motor touring.

    Yang mau dibahas disini adalah bahwa perubahan sistem pengabut bahan bakar ini, ke teknologi injeksi, tidak lantas meningkatkan power si reog ini, yang ada malah menurun sedikit. Lalu yang dicari dari upgrade ke injeksi ini apa? Tentu saja di sektor kenyamanan dan handling, seperti yang ada di artikel ini.

    Memang betul bro, sensasi speed 2 tak itu nggak terkalahkan, kecepatan dewa, speedfreak di masanya biasanya memang pilih 2 tak. Dan 4 tak 150cc kebawah itu buat harian, saya lebih setuju lagi. 4 tak 150cc kebawah apapun tipenya, digeber-geber, dipaksa biar mendapat top speed sekencang-kencangnya. Aneh memang, kalo semua motor itu dihitung bagus apa enggaknya dari kecepatan, itu sungguh paradoks yang dipelihara entah oleh siapa. Lagian dengan jalan kayak di Indonesia ini, ada baiknya nggak menganggap kecepatan itu segalanya, lebih baik kita mikir keselamatan bersama.

    Seperti slogan blog ini: Keep riderhood.

  4. Soal power ma akselerasi dibandingkan CB ypo bro??

  5. nek nggo cornering mbuh ngopo kok isih enak verza kae mas..aku njajal ping pindo-pindo wingi..sik nmp bedo unit.. 😆

    • wah udah biasa dobel sok berarti mas.. Preferensi sih, ada yang suka cornering dengan shock empuk, ada yg dengan shock keras. Dari testimoni anak2 kemarin sih sepakat lebih enak monoshock buat cornering, tapi mas ngga harus sepakat ama kami kan? 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s