jackalride

ride through the night

DIY: Ngilangin karat pada baut

18 Comments

Good morning, masbro and mbaksis

karatan tuh di baut raisernya...

karatan tuh di baut raisernya…

Minggu pagi nggak ada salahnya mbahas artikel DIY.. Biasanya minggu pagi duitnya pada empot-empotan nih, habis pacaran tadi malem soalnya πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ Walau pacar meminta traktiran, sang motor tercinta tak boleh terlupakan.. Betul gak

Nah ini Jackalride mau mbahas cara ngilangin karat pada baut.. Sebetulnya bisa di baut apa aja sih, universal. Tapi kebetulan aja di Cibi150R milik Jackalride, si Kobato, ada karat di baut raise.. Waladalah.. Asem tenan, raiser mahal kok bautnya karatan :shock:, btw raiser saya merknya Wilwood.

Bekerjasama dengan blogger ora ceto bernama RezaHolic.. Jackalride pun mbongkar baut.. Walah, karatan ampe dalem, jangkrik..

IMG_20140210_141700

tau kan motor “jejadian” di belakang itu punya siapa?

Kali ini bautnya aja deh yang dioperasi πŸ™„

Ada banyak cara untuk ngilangin karat pada baut. Misalnya, metode yang jackalride pakai adalah, bautnya dicuci dulu, dibasahin. Setelah itu, ambillah kertas amplas. Nggak usah gede-gede, selembar amplas kecil bisa buat beberapa baut kok.

kertas amplas

Setelah bautnya steril bersih dari karat.. (Bisa dengan metode bautnya dijepit pake tang, baru digosok-gosok sampe puas.. Eh maksudnya sampe karatnya ilang), lalu keringkan dengan lap atau baju anda :lol:. Kalo sudah kering, kita lumasi dulu dengan sisa oli mesin di gudang anda. Palingan punya kan, oli sisa? Mau SPX atau Mesran terserah lah. Basahin baut yang udah kita keringkan tadi dengan oli tersebut. Biar apa? Biar ngga karatan!

peralatan yang dipakai

peralatan yang dipakai

Kalo udah, pasang baut ke posisi semula. Selesai deh!

_________________________

Ada satu lagi sebenernya metode alternatif yang ampuh, tapi rada aneh emang. Yaitu, kumpulin baut karatannya semua.. Lalu masukin panci dan direbus dalam air panas! Setelah direbus 5-10 menitan, karatnya ntar pada ngambang deh, simpel kan. Tapi ati2 ya, pancinya dibersihin yang bener dulu sebelum dibuat ngerebus indomi πŸ˜† Jackalride ngga mau pengunjung ada yang kena tetanus.. 😳

Setelah baut bersih, keringkan dan beri pelumas, seperti metode sebelumnya, dan pasang baut ke posisi semula.

__________________________

Rawatlah motor selalu,

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

18 thoughts on “DIY: Ngilangin karat pada baut

  1. wakaka, masih nraktir pacar ya mas??? #Untungnya aku yang selalu ditraktir,xixixi…**Kaboorrrr πŸ˜†

    http://potretbikers.com/2014/03/02/axis-rp-1500-hari-unlimited-kenceng-juga-ya/

  2. kalo dikasih minyak jaitun niscaya tidak ada gejala efek samping depan belakang maupun atas bawah πŸ˜€

  3. Ada cara lebih cantik bro,ala saya sih… pake kuteks atawa cat kuku cewe,diolesi tipis didaerah baut yg sering karatan,tunggu kering pasang lagi.bisa juga untuk ulir/drat.
    Nb:saya gak bertanggung jawab jika dikejar sama cewe lantaran menguras stok kuteksnya :mrgreen:

  4. ngebayangin indomi bumbu karat πŸ˜†

  5. Pingback: Artikel Review Pemakaian Berbagai Oli pada CB150R StreetFire. Oli apa yang cocok? | jackalride

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s