jackalride

ride through the night

Menjadi First Mover, apa cuma “eksklusif” buat ATPM gede aja?

10 Comments

Halo halo brosis, apa kabar..

Iko Uwais 😀

Kemarin SupraX125 FI meluncur. Well, sebenarnya menurut Jackalride peluncuran SupraX 125 FI kemarin, kalo boleh dikatakan yaa.. Nothing really new here.

Namun ada fenomena yang menarik saat peluncuran si bebek pemegang gelar juara bertahan ini..

Memang, kalo kita tilik dari segi fisik, dari dulu Supra X 125 FI yang non-Helm In (saya bilangnya sih Supra Batman), itu udah terbilang motor bebek sangat keren.. Dan setelah upgrade visual yang ini, ya tetep ganteng, sedikit naik kegantengannya dari versi sebelumnya.

Yang menarik perhatian Jackalride adalah salah satu fitur teknologi yang ditanamkan pada si SupraX 125 FI itu.. Yak, masbro mbaksis mesti udah tau.

_______
Saya tertarik sama fitur charger HP di bagasi motornya.

_______

Dude, it’s not new! Someone started it first!

Kalau kita bicara tentang charger HP di motor.. Fitur ini sebenarnya nggak baru-baru amat, bukan hal yang sama sekali asing di telinga kita. Dan perlu diingat, bukan Honda/AHM lah pelopornya. Tapi TVS. So, it’s not a “New Power Charger”!

ATPM India yang masih “berusia muda” di tanah air inilah yang pertama kali mengenalkan teknologi “ngecas handphone di motor anda”. Motor yang membawa fitur “ngecas hape” ini bukan varian motor yang mahal pula. TVS Neo dan Dazz.. Dua-duanya adalah motor low-end garapan TVS yang harganya dibawah produk ATPM Jepang namun tetap kompetitif dari performa, built, dan pricing. Tapi entah apa yang terjadi, motor-motor yang membawa fitur ini seolah kandas ketika dilepas ke pasar. Seolah tidak menyisakan jejak kecuali beberapa tapak.

Otomatis, kesempatan TVS untuk menjadi “first mover” dalam memasyarakatkan fitur charger HP di motor, menjadi kabur dan hilang. Kini Supra X 125 FI inilah yang gantian mengusung fitur charger HP. TVS dengan produknya Neo XR dan Dazz, berani apa? Apalagi fitur ini nggak disematkan di motor sembarangan. Supra X 125 adalah salah satu produk yang bisa bertahan terhadap perkembangan zaman. Nggak main-main ini, menurut Jackalride sih gitu, entah apakah munculnya refreshing ini menandakan strategi AHM untuk “menyapu” market dari ATPM non Jepang, well saya juga nggak tahu.

Kalo produk ini menjadi tambah sukses dan makin laku di pasaran, say goodbye to bebek TVS. Yg worthed dan tersisa hanya Apache saja yang diharapkan bisa meramaikan market sport.

Well, is it new?

Secara pribadi, kalo Jackalride simpulkan sih gini.. Memang menjadi first mover itu nggak eksklusif buat ATPM gede aja kok, misalnya sekelas AHM. TVS sebenarnya juga potensial. Potensial banget. Bajaj aja, walau kita tahu Bajaj itu dengan strategi Hit and Run nya lalu meninggalkan market Indonesia.. Bajaj bisa mengenalkan kepada kita teknologi Triple Spark, teknologi tiga busi yang fenomenal itu. Dan kita pun langsung ingat, langsung melekat di ingatan kita bahwa kalo motor Triple Spark itu, ya belilah produk Bajaj.

Sayangnya memang, penampilan perdana tidak digarap dengan apik, walau seiring dengan berjalannya waktu. Seolah-olah, sang perdana ini muncul untuk dilupakan. Akhirnya, celah yang potensial itu dilihat oleh kompetitor yang lebih besar dan dimanfaatkan. Walaupun menjadi “promotor” atau sang perdana, dan diingat bahwa “motor yang ada charger HP nya itu TVS lho”, tetep aja yang laku produk kompetitor.

Saya hanya bisa mendoakan yang terbaik buat TVS.

Sekian analisis sederhana saya, ditambahin aja gapapa lho ya
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

10 thoughts on “Menjadi First Mover, apa cuma “eksklusif” buat ATPM gede aja?

  1. masih cakepan new shogun 125..

    #motor sendiri :mrgreen:

  2. turut mendoakan tvs.

  3. nah, ga mungkin emang ada yg bisa ngelawan brand ini,,, masih inget juga sebenernya fitur helm in, security shutter aslinya juga suzuki duluan keknya

    http://lovemybike.wordpress.com/2014/02/28/musim-2014-ducati-tanpa-factory-class/

  4. Bebek kawasaki ada fitur kyk gini jg kyknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s