jackalride

ride through the night

Ketika lautan biru Kawasaki diusik kompetitor.. Kawasaki tidak lantas diam!(Opini Jackalride)

13 Comments

Siang brosis..

ini baru permulaan?

Baru-baru ini Ninja 250 Mono dirilis. Motor yang menjadi gacoan baru, dan masuk ke dalam lini sport Kawasaki ini, menjadi primadona baru di kancah sport tanah air. Bagaimana tidak? Segala fitur premium dibenamkan, cukup mengesankan dari sisi fisik maupun performa! Tentu Jackalride belum mampu mengulas lengkap si Mono ini karena keterbatasan sumber dan biaya. Namun akan Jackalride coba untuk membahas dari sisi Marketing.

mempertahankan Single Cylinder, namun jadi terkesan overprice.

Ninja 250 Mono ini sebenarnya sangat-sangat pas momennya. Bahkan, kali ini Kawasaki “nyolong” momentum nya CBR250R. Disaat AHM gegap gempita hore hore dengan keberhasilan mereka merebut market Sport dari kompetitor utama mereka, Yamaha, melalui duet ciamik Honda Verza dan CB150R.. Kawasaki makes the move. Kawasaki pun masuk dan memporak-porandakan momen bahagia tersebut.

Dari pengamatan pribadi Jackalride di blogsphere.. Didapatkan bahwa para pengunjung warung amat menantikan si Ninja 250 Mono ini.. Lalu sodaranya yang merupakan Naked sport (Ninja naked?), Estrella 250, dll. Lini sport premium penuh dengan penantian akan produk Kawasaki. Sementara CBR250 lokal? Kalah pamor. Bahkan kalah pamor dibawah R15. Selama ini AHM mencoba merebut market “premium” dari Kawasaki, dan masih belum kesampaian.. Ninja 250 Injeksi dan kawan-kawan masih tetap jadi primadona market premium. Dan sekarang malahan Yamaha menjadi kompetitor potensial untuk ikut melahap market premium, lewat R15 dan R25 plus lini produk CBU (V-Max, T-Max, R6, R1), market yang selama ini masih belum didominasi Honda?

Dari sisi konsumen, 2014 ini pola pikir konsumen berubah bro, dari pengamatan saya.

Kalo di tahun-tahun sebelumnya, hirarki pembelian jenis motor itu seperti ini:
1. Matic
2. Sport
3. Bebek

Sekarang, hirarki konsumen bakal berubah jadi begini di tahun 2014:
1. Sport
2. Matic
3. Bebek

Di tahun 2014 ini, yang lagi hot adalah market sport. Karena market matic telah “rampung” persaingannya, mengeluarkan AHM sebagai pemenang mutlak, begitupun juga dengan market bebek.. Yang tersisa hanya market sport dan sport premium. Untuk mendapatkan market sport premium ini.. Honda dan Yamaha harus menghadapi kompetitor yang nggak mudah, yaitu Kawasaki, yang selama ini “nyari ngadem” lewat strategi blue ocean (fokus pada produk yang persaingannya rendah, dalam hal ini adalah market sport premium) yang ditelateni nya! Dan sekarang, kedamaian Kawasaki sebagai raja sport premium di tanah air, “diusik” oleh dua ATPM besar yang selama ini adikuasa di tanah air!

Apakah Kawasaki akan diam?

IMHO (dalam opini saya), Kawasaki tidak akan diam, tidak diam, dan menyulut api lebih awal dibandingkan kompetitornya. Seolah cepat tanggap, lini sport langsung ditambah, mendahului rilisnya motor premium kompetitor! Dan peluncuran Ninja 250 Mono ini.. Jackalride rasa, ini baru permulaan, Kawasaki akan lebih dari ini. Dengan banderol yang jauhhh lebih murah dibanding CBR250 (lebih murah 10 juta!) plus fitur premium, ini menjadi tantangan yang sulit bagi dua ATPM besar yang mencoba mengusik Kawasaki, yakni Honda dan Yamaha.

Tapi apakah Honda dan Yamaha akan habis sampai disini saja? Tentu tidak..

Market sport dan premium akan makin menggila tahun ini.. Super panas antara 3 Pabrikan besar..!
Semoga jalanan nggak tambah macet, ya 😀

Monggo kalo ada kritik, saran, dll atau koreksi, bahkan opini lain gapapa.

Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

13 thoughts on “Ketika lautan biru Kawasaki diusik kompetitor.. Kawasaki tidak lantas diam!(Opini Jackalride)

  1. mantab opininya bro
    jossss

  2. Dua pabrikan maruk, satu pabrikan ngadem dan satu pabrikan EGP, wkwkwkwkwkwk…..

    • Bukan maruk, bro.. Kalo bahasa “sopan” nya itu mendominasi.. Tapi makna sama ajaaaaa.. :mrgreen:

      Oiya, satu pabrikan yg menurut bro itu EGP aliyas emang gue pikirin.. Itu sijuki ya? Kasian emang sijuki itu. Terlalu terkekang chain of command.. Barang yg dijual disini harus nurut sama market global, jadi wajar banget kalo terkesan “masa bodo” dan ga responsif.. 😀
      (dari artikel yg pernah saya baca)

  3. Menurut analisa dari mygoldmachine.wordpress.com, bahwa tidak ada dendam antara Honda dan Kawasaki, pertempuran dan dendam hanya antara Honda dan Yamaha. Tapi dengan meluncurkan Ninja Mono ini, sepertinya sangat provokatif terhadap Honda dan juga AHM. Apa jadinya kalau Honda ngamuk tenanan mas?

    • ini bukan mau provokatif bro, tapi ini strategi first mover.. Kenapa first mover?
      Karena perang panas sport premium ini sebetulnya kan mengambil tempat di “lahan” yang selama ini dimiliki Kawasaki.
      Untuk memutus nafas H dan Y, ya dikeluarkanlah si Ninja250SL alias si mono ini. Tujuannya apa? Supaya market Kawasaki aman.

      Coba liat. Dengan keluarnya si Mono ini, dua pabrikan gede kocar-kacir. CBR250R yang sekarang 50 juta lebih, terkesan overprice. Sedangkan R15 dan R25 yang entah keluar kapan, jadi skakmat di faktor pricing.

      Menjadi first move itu penting bro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s