jackalride

ride through the night

Seberapa lama kita melalui masa “4L4Y” kita?

15 Comments

Hai hai brosis. Hari petang.. Waktunya berfilosofi.. :mrgreen: Selingan ah biar ga review komparasi motor doang 😀

gimana cara baca nama FB nya tuh?

gimana cara baca nama FB nya tuh?

Brosis udah pernah jadi 4L4Y? Sudah tobat? Atau malah sedang menjalani kisah di sekolah dengan ke-alay-an yang menghiasi hari-hari..?

Terlepas dari itu, memang secara hakikatnya.. Setiap manusia itu melewati salah-satu komponen dalam tahap remaja yang namanya ALAY atau 4L4Y. Kecuali manusia itu hidup di hutan, dibesarkan macan, nah itu saya nggak tahu jadi 4L4Y apa nggak. :mrgreen:
Kenapa sih jadi 4L4Y? Nggak ada kerjaan lain? Bukan begitu brosis, dia memang sedang tahapannya mencari jati diri, itu istilah dalam ilmu psikologi nya. Biasanya memang anak yang ngalay itu, nggak ada yang keliatan normal, semua-muanya mau dilakukan, gaya yang aneh-aneh dijalani, semata untuk mencari identitas. Identitas inilah yang nanti akan membuat si anak 4L4Y ini menjadi manusia dewasa yang tegar, sehat lahir batin, dan mampu menjalani hidup.

ini yang perlu kita bimbing...

ini yang perlu kita bimbing…

4L4Y itu tidak perlu diberangus.. Yang perlu kita lakukan adalah, mengarahkan kemana eksplorasi ke-alay-an mereka. Kalo meng-alay-nya itu misalnya ke arah hobi (misalnya motor :D), akademis, organisasi, agama, dll, wah jempolan banget itu.. Tapi kalo udah ngarah ke seks bebas, mabok-mabokan, tiap malem nyari cabe tambah balap-balapan di jalan mengganggu ketertiban,.. Itu yang bikin Jackalride khawatir.
Kenapa mereka kayak gitu toh? Simple aja. Alay itu ada panutannya. Panutannya siapa dulu?! Sinetron? Artis luar? Gaya hidup hedonis? Acara televisi yang berisi joget hingga tengah malam? Orangtuanya? Kekerasan dalam lingkungan sosial? Persaingan akademis yang ekstrim? Kalo mau nerka ga ada habisnya..
Bahaya kalo manusia yang sedang ikhtiar menjalani 4L4Y nya lalu kita biarkan begitu saja. Istilahnya, mereka itu sedang mencari identitas, tapi mereka belum cukup dewasa untuk menyeleksi identitas mana yang bagus untuk mereka.
Adalah tanggung jawab kita.. Sebagai orang dewasa, sebagai teman, sebagai sahabat, sebagai orang yang peduli, untuk mengarahkan mereka. Kalo sebagai biker, kita arahkan aja para 4L4Y yang terbawa nilai-nilai yang salah. Kalo kita bisa mengganti identitas 4L4Y nakal mereka yang suka kebut-kebutan dengan safety yang hampir nihil, menjadi promotor safety di jalan.. Itu bukan hal mustahil untuk mengubah mereka menjadi generasi yang lebih baik lagi..

Yuk, bersama kita bimbing mereka..
Jadi keingetan nggak? Berapa lama brosis menjalani masa 4L4Y nya dulu atau sekarang? Hehe.. Jackalride aja nggak inget udah alay berapa lama..

…Kayaknya dua tahun 😀 😀
Keep riderhood!

Advertisements

Author: jackalride

Jackalride, your source for automotive and tech informations. Seorang mahasiswa merangkap desainer lepas, yang lama lulusnya ini, mencoba untuk menuangkan isi pikirannya dan keterbatasan intelektualnya untuk di share bersama, dibahas, dan bahkan untuk dikritik semata supaya kita bisa menambah wawasan dan saling memperkaya pengetahuan. Jangan ragu untuk berbagi, brosis! Semua rider itu satu aspal. Salah atau benar itu selalu ada dalam hidup, nggak tertutup buat Jackalride sendiri! Keep riderhood!

15 thoughts on “Seberapa lama kita melalui masa “4L4Y” kita?

  1. biasanya 20-21 tahun ilang sendiri, kecuali gaulnya sama alayers terus hehehe

    http://kobayogas.com/2014/02/12/night-riding-with-mv-agusta-brutale-1090/

  2. Kira2 ane juga 2tahunan dah..awal2 masuk sma tuh, 😀

  3. Anak laki laki ngga akan pernah dewasa, hanya mainanya saja yang bertambah besar :mrgreen:

    Vario 110, lebih baik bermesin beat!
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/02/12/vario-bermesin-beat-lebih-baik-tanpa-radiator/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s